Apa sih Sebetulnya Pemborosan Terbesar Manusia?

0
1019

Apa sih Sebetulnya Pemborosan Terbesar Manusia?


Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Jumpa lagi pada episode kali ini yang sangat luar biasa. Yaitu saya berbicara tentang sebuah topik yang berhubungan dengan pemborosan. Mengapa saya berbicara tentang pemborosan? Kali ini saya membahas topik tentang : “Apa sih Sebetulnya Pemborosan Terbesar Manusia?”

Bicara tentang pemborosan, apa persepsi anda? “Apakah pemborosan terbesar saya? Apakah saya boros dalam hal uang?” SALAH. Coba anda berpikir lagi, kira-kira pemborosan apa? Apakah waktu adalah pemborosan terbesar manusia? Salah, bukan itu. Lalu pemborosan apa lagi? Apakah bensin atau minyak bahan bakar? Salah. Bukan masalah membuang-buang bahan bakar. Jadi, pemborosan apa? Anda pasti berpikir keras. Saya ingin mengajak anda interaktif sebelum saya lanjutkan.

Saya tidak mau video saya ini sekedar anda terima. Melainkan saya ingin mengajak anda untuk berpikir. Karena tugas saya sebagai seorang coach adalah BERTANYA. Mengggali pikiran anda. Apa sih sebetulnya pemborosan terbesar anda? Saya sengaja ingin anda berpikir. Nanti akan saya berikan jawabannya di belakang. Pemborosan apa sih sebenarnya? Coba kita berpikir kira-kira pemborosan apalagi.

Anda pasti berpikir, “Oh, rupanya saya ini boros dalam hal waktu. Tidak ada waktu untuk keluarga karena sekarang keluarga saya sudah tidak ada. Dan sewaktu saya punya waktu bersama keluarga, saya justru menyia-nyiakan waktu”. Apakah itu jawabannya? Bukan. Menurut saya itu memang betul sebuah pemborosan. Tetapi bukan itu pemborosan terbesar anda.

Anda pasti berpikir, kira-kira apa ya? Pemborosan makanan? Makanan dibuang-buang, padahal bisa disumbangkan ke fakir miskin. Itu juga pemborosan, tetapi bukan itu yang dimaksud. Pemborosan air? Mungkin air saya sia-siakan karena air melimpah ruah. Kalau di desa, anda tinggal menerima air dari pegunungan. Coba sesekali anda merasakan hidup di kota, dimana air itu harus membayar. Apalagi jika anda tinggal di Afrika. Contohnya di Afrika Tengah, tidak ada air. Di afrika air itu sangat sulit didapatkan.

Anda pasti berpikir, kira-kira pemborosan apa?

Anda mau tahu jawabannya? Pemborosan terbesar manusia itu bukan uang, bukan waktu, bukan Sumber Daya Alam, makanan, minuman dan sebagainya. Semua itu masih nomor ke sekian. Pemborosan terbesar manusia adalah “POTENSI” (Sumber Daya Manusia). Bukan potensi alam, tetapi SDM.

Anda pasti berpikir, “Kok bisa potensi Sumber Daya Manusia?” Saya akan berikan contoh. Jika anda mengenal seorang artis yang juga pernah saya bahas di buku Badai Pasti Berlalu, yaitu Tukul Arwana. Tukul Arwana terkenal karena apa? Kekocakannya dan kelucuannya. Tetapi ada satu yang harus anda ketahui. Tidak semua orang mau melakukannya. Dia terkenal karena suka menjelek-jelekkan dirinya sendiri.

Sekarang saya ingin bertanya. Kalau anda menjelek-jelekkan diri sendiri, anda suka atau tidak? Kalau anda merasa tidak suka, it’s OK. Mungkin bukan itu potensi anda. Tetapi seorang ‘Tukul’, dia justru menjadikan dirinya sebuah potensi untuk membuat orang tertawa. Potensinya adalah dia bisa menghibur orang. Dia tidak peduli orang lain mengatakan dirinya seperti apa, karena itu tujuan beliau. Yaitu : ‘Jelekkan saja diri saya, sehingga orang bisa tertawa dan orang bisa happy. Tetapi itulah potensi terbesar saya’. Dan karena itulah, beliau dibayar mahal.

Sekarang kita lihat artis Korea. Bagaimana persepsi anda kalau melihat artis Korea? Ganteng, keren, putih, tinggi, hidungnya mancung, matanya indah dan sebagainya. Orangnya langsing, berbadan bagus. Tetapi bagaimana dengan artis PSY? Yang terkenal dengan Gangnam Style. Anda lihat? Dia justru kebalikan dari artis Korea lainnya. Dia tidak ganteng, tidak keren, justru orangnya ‘bulat’, lucu dan gemuk. Tetapi justru itulah kelebihannya.

Itulah potensinya.

Dia tidak sama dengan artis pada umumnya. Dan dia adalah salah satu artis yang sangat terkenal saat ini. Bahkan videonya sangat terkenal sampai detik ini. Videonya di channel YouTube tidak ada yang mengalahkan. Luar biasa. Menurut saya PSY ini adalah artis yang paling konsisten. Dia terkenal karena apa? Karena potensinya. Dia justru menceritakan tidak mau menjadi kurus. Dia tidak mau bersaing dengan artis Korea yang sixpack. Dan dia justru senang dengan dirinya apa adanya.

Sahabat entrepreneur, hari ini juga banyak di Indonesia para YouTuber yang sukses. Thank you for YouTube. Karena YouTube, orang yang memiliki potensi terpendam tetapi tidak terkenal bisa mengeluarkan potensinya. Jadi YouTube ini sangat luar biasa. Terima kasih untuk YouTube.

Saya berbicara seperti ini karena saya sudah mendapatkan Silver Play Button dari YouTube. Anda bisa lihat fotonya yang sudah saya upload di Instagram saya. Jadi, saya menyadari apa potensi saya. Potensi saya dulu adalah seorang guru. Potensi saya adalah saya bisa berbagi ilmu. Dan karena Youtube dan potensi ini, saya bisa berbagi bukan cuma kepada satu atau dua orang. Tetapi saya bisa berbagi pada jutaan, ratusan juta, bahkan miliaran orang. Tidak terbatas.

Jadi sahabat entrepreneur, jangan anda sepelekan potensi anda. Karena setiap orang punya potensi terpendam. Apa potensi terpendam anda? Saya sering bicara tentang passion. Dengan anda menggali potensi terpendam anda, niscaya suatu hari anda akan menjadi diri anda sendiri. Dan hal itu sangat luar biasa.

Jadi, jangan memboroskan potensi anda. Karena itulah pemborosan terbesar. Banyak orang yang bahkan sampai meninggal, dia masih belum bisa mengeluarkan potensi terbaiknya.

Jadilah diri anda sendiri.

Niscaya anda pasti akan menemukan potensi diri anda.

Video ini lain daripada yang lain. Saya yakin jika anda terus menonton video ini, anda bisa menggali potensi terbaik anda. Kalau anda jago menyanyi, rekam suara anda, masukkan di YouTube. Kalau anda jago humor, jago melawak, masukkan di YouTube. Siapa tahu anda bisa menjadi seseorang yang sangat terkenal karena lawakan dan humor anda. Jika anda jago membuat sesuatu, buat demo di YouTube. Keluarkan potensi anda. Siapa tahu orang menyukai karya anda.

Jadi intinya, apapun potensi yang anda miliki, semoga anda bisa mengeluarkan potensi anda karena video ini. Jangan boros, tetapi tampilkan. Apresiasikan di YouTube. Tunjukkan..!

Sekarang sudah zaman internet, ada YouTube. Manfaatkan media YouTube ini untuk menunjukkan potensi diri anda. Saya tunggu videonya, semoga anda bisa menunjukkan potensi terpendam anda.

Bila anda menyukai video seperti ini silahkan klik like, berikan comment yang positif dan jangan lupa subscribe. Serta di sebelah kanan bawah ada icon lonceng, silahkan anda klik. Maka anda orang pertama yang mendapatkan notifikasi setiap ada video terbaru. Dan disini ada 2 video terkait, silahkan anda tonton supaya anda bisa mengggali potensi terpendam anda, dan jangan boros dengan potensi anda. Baik sahabat entrepreneur, sekian untuk episode kali ini, semoga menginspirasi anda. Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa..!!

Baca juga artikel terkait. Silahkan anda klik disini :

Kali ini saya membahas topik tentang : "Apa sih Sebetulnya Pemborosan Terbesar Manusia?"

Kali ini saya membahas topik tentang : "Apa sih Sebetulnya Pemborosan Terbesar Manusia?"

Kali ini saya membahas topik tentang : "Apa sih Sebetulnya Pemborosan Terbesar Manusia?" Pemborosan terbesar manusia adalah "POTENSI" (Sumber Daya Manusia). Simak pembahasan lebih lanjut pada artikel berikut ini.

Leave a Reply