Apakah Anda Merasa Stress & Lelah Karena Terlalu Banyak Pekerjaan? Berikut 5 Cara Untuk Dapat Kembali Fokus!

0
196

Apakah Anda Merasa Stress & Lelah Karena Terlalu Banyak Pekerjaan? Berikut 5 Cara Untuk Dapat Kembali Fokus!

Pengusaha selalu bekerja keras. Mereka giat bekerja berjam-jam, dan otak mereka selalu berpikir. Apakah hal-hal seperti ini terdengar akrab bagi anda? Semua ini adalah hal yang luar biasa. Sampai anda mulai kehilangan energi dan merasakan efek dari burnout (stress).

Anda lihat, anda hanya dapat terus membakar kedua ujung lilin begitu lama sampai tangan anda ikut “terbakar”. Saat itulah anda mulai menderita efek seperti kelelahan kronis, ledakan amarah, insomnia, kecemasan, apatis, produktivitas yang buruk, dan masih banyak lagi.

Setelah anda merasakan burnout, anda perlu membalikkan keadaan dengan cepat. Jika tidak, anda akan semakin merasa tidak nyaman dengan pekerjaan anda. Dan hal ini akan berujung membuat anda tidak fokus pada pekerjaan anda. Jadi, bagaimana cara anda membalik efek dari burnout agar anda bisa re-energize dan fokus kembali?

Berikut adalah 5 cara untuk mengembalikan energi dan kembali fokus ketika anda merasakan efek burnout :

1. Pelajari Kekuatan dari Mengatakan “Tidak”

tree-trunk-1159013_960_720Mengatakan “Ya” terhadap peluang terlalu sering dapat menjadi hal yang buruk. Mengatakan ‘”YA” setiap orang lain membutuhkan bantuan anda justru dapat memberatkan anda. Jauh lebih baik jika anda mampu mengatakan “Tidak” apabila anda memang tidak bisa.

Anda tidak perlu pergi makan siang dengan setiap orang yang ingin “mengambil alih otak anda”. Anda tidak perlu mengambil kesempatan yang akan memberikan anda uang tunai lebih cepat tetapi menyebabkan anda menyimpang dari visi jangka panjang anda.

Ketika dihadapkan dengan peluang baru, tanyakan pada diri anda sendiri, “Apakah ini akan menguras energi saya? Akankah kesempatan ini mendukung saya pada visi saya?” Jika jawabannya adalah “tidak”, maka anda harus menjawab ” tidak! “

“Katakan tidak untuk semua hal, sehingga anda bisa mengatakan ya untuk satu hal.” – Richie Norton

2. Buat Kebiasaan Makan Sehat

Ada sebuah pepatah mengatakan : “Anda adalah apa yang anda makan.” Jika anda terus-menerus menempatkan sampah ke dalam tubuh anda, maka anda akan merasa seperti sampah. Anda akan menguras energi anda, mengembangkan kabut di dalam otak, dan mengalami kesulitan tidur di malam hari.

color-1869132_960_720Tindakan sederhana seperti makan makanan yang sehat dapat membuat anda merasa lebih bersemangat dan mengembalikan energi anda. Berikut adalah beberapa tips makan sehat yang dapat anda praktekkan :

  • Lebih baik masak dan makan di rumah. Kurangi makan di restoran, dibatasi hanya dua kali seminggu(restoran memasak dengan minyak dan daging yang tidak sehat. Namun restoran menyebutnya “makanan sehat”)
  • Rajinlah makan makanan sehat seperti sayuran dan daging hewani yang memakan rumput.
  • Hindari sering makan makanan ringan junk food seperti keripik kentang, cookies, dll
  • Hindari makan dalam waktu 3-4 jam sebelum tidur

 3. Pergi ke Gym

Apakah anda pernah berolahraga di gym? Beberapa sesi gym per minggu dapat membantu anda melepaskan stress, kembali fokus, dan kembali ke jalur anda. Ketika di gym, pastikan untuk benar-benar melakukan latihan beban, dan bukan hanya cardio.

Carilah tempat gym yang murah secara online dan temukan rutinitas yang baik. Anda dapat pergi ke gym setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Latihan ini akan melepaskan endorfin dan dapat mengembalikan energi anda.

4. Menilai Kembali Diri Anda

Terkadang kelelahan disebabkan oleh kegagalan untuk hidup sesuai dengan diri anda. Masalahnya adalah, kebanyakan orang tidak meluangkan waktu untuk benar-benar menilai diri mereka. Diri anda adalah apa yang paling penting bagi anda. Dan ketika anda sadar telah menyimpang jauh dari mereka, anda akan merasa kelelahan serta mengalami ketidakbahagiaan dan ketidakpuasan.

Jadi, mungkin sudah saatnya untuk menilai kembali diri anda. Bagaimana anda bisa melakukan itu? Mulailah dengan memeriksa ‘daftar’ tentang diri anda. Dari sana, tuliskan 20 nilai-nilai potensial yang anda miliki. Kemudian, persempit daftar itu menjadi 5-10 nilai-nilai anda yang paling penting. Visualisasikan akan seperti apa kehidupan anda sepenuhnya apabila anda menggunakan nilai-nilai potensial anda. Dan tanyakan pada diri anda jika gaya hidup anda saat ini sejajar dengan nilai-nilai potensial anda. Jika tidak, mungkin anda butuh waktu untuk membuat beberapa perubahan.

“Seseorang yang menghargai hak-hak istimewanya atas prinsip-prinsip akan segera kehilangan keduanya.” – Dwight D. Eisenhower

5. Anda perlu “Libur Dari Gadget”

Apakah anda ingat kapan terakhir kali anda menghabiskan hari tanpa memeriksa ponsel atau menggunakan laptop anda? Bagi mayoritas dari kita, jawabannya adalah “Tidak!” Dan disitulah masalahnya.

Menurut sebuah studi dari Fast Company, ini adalah beberapa manfaat yang pengusaha dapatkan dari melakukan “detoks digital”:

  • Peningkatan memori otak
  • Postur tubuh yang lebih baik
  • Tidur lebih efisien
  • Perspektif baru

smartphone-1894723_960_720Apakah beberapa hal diatas bisa bermanfaat untuk hidup anda? Untuk satu hal, berbagai manfaat tersebut pasti dapat membantu anda pulih dari stress dan kelelahan! Jadi, cobalah mengambil waktu “libur gadget” selama 2-3 hari dan lihat apa yang akan anda rasakan. Itu berarti tidak ada telepon, tidak ada laptop, dan tidak ada TV!

Burnout atau rasa stress telah menjangkit setiap pengusaha dan pekerja pada satu titik atau yang lainnya. Tapi burnout tidak boleh sampai membuat anda semakin merasa tidak nyaman dengan pekerjaan anda. Dengan strategi ini, anda bisa mengalahkan kelelahan dan stress, tetap produktif dan positif, dan terus menciptakan karya yang mengagumkan.

Apakah anda memiliki strategi lain untuk mengalahkan kelelahan? Bagikan pada kolom komentar di bawah!

Leave a Reply