Apakah Hidup Anda Sudah Benar-Benar Merdeka?

0
374

Apakah Hidup Anda Sudah Benar-Benar Merdeka?

Klik disini untuk melihat di YouTube

Indonesia sudah merdeka lebih dari 70 tahun. Dan hari ini, betul kita sudah merdeka dari penjajahan lebih dari 70 tahun. Para pejuang kemerdekaan, mereka memperjuangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia, supaya bisa berdikari dan menjadi tuan di negara sendiri. Sudah lebih dari 70 tahun.

Tetapi, 70 tahun yang lalu arti kemerdekaan adalah bagaimana mengusir penjajah keluar dari bumi nusantara. Tetapi 70 tahun kemudian, arti merdeka ini bukan lagi mengusir penjajah. Karena sebetulnya hidup kita ini masih terjajah.

Terjajah oleh apa?

Terjajah oleh mungkin atasan kita, sehingga kita tidak bebas waktu. Terjajah oleh hutang. Sehingga kita tidak pernah benar-benar bebas dari hutang. Terjajah oleh masalah finansial. Masalah kredit yang tak kunjung lunas. Atau juga kita terjajah dengan tidak bisa punya banyak waktu dengan keluarga. Singkat kata, lebih dari 70 tahun ketika kita hidup di alam kemerdekaan, adalah :

Apakah anda benar-benar hidup merdeka?

Merdeka di alam kemerdekaan ialah artinya cuma satu. Yaitu bebas finansial, dan yang kedua adalah bebas waktu. Kedua kebebasan ini, baru artinya anda benar-benar merdeka. Memang banyak bebas yang lain. Bebas dari sakit, bebas dari penderitaan, bebas dari rasa galau. Tapi intinya bebas dua kalimat ini. Ini sangat penting.

Karena saya percaya kalau hari ini anda bebas finansial dan bebas waktu, hidup anda itu sebenarnya boleh dikatakan lebih dari 80 sampai 90% sudah benar-benar merdeka. 10% itu mungkin bebas dari perasaan negatif, bebas dari perasaan menderita, itu anda asumsikan sendiri. Serta bebas dari rasa sakit sehingga anda memiliki kesehatan yang prima.

Tetapi banyak orang tidak bisa memelihara kesehatannya, itu karena mereka benar-benar masih terikat dengan pekerjaannya, terbelenggu oleh masalahnya.

Oleh sebab itu, anda harus benar-benar bebas finansial. Bebas finansial itu bisa saya artikan pada video saya sebelumnya yaitu “Uang VS Waktu”. Disitu saya membahas ada tipe/jenis manusia berdasarkan pekerjaannya. Disitu anda bisa lihat orang yang bebas finansial dan bebas waktu itu sangat enak sekali. Entrepreneur, yang sudah saya bahas di video sebelumnya, 4 kuadran yaitu E,S,B dan I di video saya “mindset dan Mental Orang Sukses”, disitu sudah kita bahas, orang yang benar-benar bebas finansial berada di kuadran kanan, yaitu di kuadran B dan I.

Orang yang berada di kuadran B itu artinya orang-orang yang sudah benar-benar freedom, orang yang sudah benar-benar merdeka. Dia bebas melakukan apapun. Mau bangun jam berapa, mau kerja jam berapa, mau berpakaian seperti apa, itu benar-benar bebas. Hidup mereka sangat-sangat enjoy.

Anda bisa perhatikan banyak orang sukses, mereka terkadang mengisi harinya bukan lagi mengurus perusahaan mereka. Tapi mereka malah berlari. Sekarang anda lihat banyak pelari marathon itu justru banyak pengusaha sukses. Karena hidupnya sudah freedom.

Hari ini saya tantang anda semua, apakah anda benar-benar mau hidup merdeka? Kalau sampai hari ini usia anda sudah 30, 40, 50 tahun, anda masih harus berputar dengan masalah finansial, lalu saya mau tanya, masa muda ngapain aja?

Jangan-jangan di usia muda hidup anda terlalu santai? Sehingga sampai anda di usia lanjut, mohon maaf, di Pondok Indah Mertua terus. Anda tidak pernah hidup di rumah anda sendiri.

Atau jangan-jangan hari ini anda hidupnya masih bergantung pada orang lain?

Mungkin anda masih bergantung hidupnya dengan pemerintah. Anda tidak benar-benar merdeka di atas tanah anda sendiri. Di dalam kondisi finansial anda sendiri. Dan yang kedua adalah “kebebasan” dalam arti waktu.

Kalau hari ini anda benar-benar merdeka, anda mau pergi kemanapun anda bisa. Anda hari ini mau kemanapun, anda bisa. Anda tidak usah minta izin. Anda tidak usah minta cuti.

Itu benar-benar hidup dengan dikatakan : MERDEKA.

Semoga hidup anda setelah menonton video ini, anda terfikir untuk bagaimana anda bisa hidup merdeka. Saya percaya, itulah merdeka dari arti sesungguhnya setelah kita bebas hidup di alam kemerdekaan. Salam hebat luar biasa, dan kita merdeka.

Dirgahayu RI Indonesia, Semoga para pejuang kemerdekaan bangga melihat generasi penerus bangsa. Mereka benar-benar bisa hidup yang berkualitas, dan Indonesia bisa menjadi lebih sehat, kaya, bahagia. Indonesia lebih berdaya. Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat dan bangsa yang luar biasa, karena setiap individunya berpola pikir sebagai seorang “entrepreneur”.

Bila anda menyukai video ini, silahkan klik Like & Subscribe. Bisa berbagi, share pada teman-teman supaya bisa memberikan inspirasi dan semangat bagi mereka semua.

Salam hebat luar biasa !!

 

Leave a Reply