Apakah Profesi Sales Menjijikan?

0
1937

Apakah Profesi Sales Menjijikan?

Klik disini untuk melihat di YouTube

Topik saya kali ini adalah : “Apakah Profesi Sales itu Menjijikan?”

Baik, sebetulnya saya sendiri ada di bidang sales ini hampir 20 tahun.

Sahabat entrepreneur, anda harus tahu bahwa konotasi kata sales di Indonesia, terutama di Indonesia bahkan di seluruh dunia itu memang kata-kata yang kurang disukai. Apalagi kalau di Indonesia dengar kata sales, itu berkonotasi adalah orang yang pintar bicara, tukang memaksa orang untuk beli barang, kemudian profesi yang tidak punya masa depan, Dan intinya lebih banyak kata-kata negatif apabila berhubungan dengan sales. Saya sangat prihatin dengan kata-kata ini.

Kenapa? Karena perlu anda ketahui satu fakta, saya mau bongkar satu fakta disini. 10 orang terkaya di dunia, itu semuanya dari bidang sales. 10 orang terkaya di dunia, tokoh konglomerat di dunia, yang termasuk di dalam Forbes itu semua di bidang sales. Tidak ada orang kaya di dunia ini, tidak ada Milyarder di dunia ini yang tidak menjadi sales. Mereka awalnya harus menjual sesuatu, mereka menjual barang industri yang mereka pasarkan. Entah itu dari Real Estate, entah itu dari retail, entah itu dari bidang informasi, dari bidang jasa, semua dari sales atau bidang penjualan.

Kalau anda hari ini berkata bahwa profesi sales itu sangat menjijikan, anda mungkin hari ini salah besar. Karena saya yakin sales itu adalah profesi yang sangat terhormat. Bahkan hari ini, karena sangat terhormatnya profesi sales, saya yakin banyak orang yang salah persepsi tentang profesi sales itu sendiri. Bahkan saya berani berkata kalau anda hutang uang orang dan tidak membayar, itu baru menjijikan. Kemudian anda berbisnis, lalu ujung-ujungnya “money game” atau perputaran uang dan anda mengaku kalau itu bisnis, dan akhirnya menelan uang orang dan tidak dikembalikan, itu baru menjijikan.

Jadi hari ini kalau anda menipu orang, lalu anda seolah-olah menceritakan anda memiliki bisnis yang bagus, itu menjijikan. Sales itu profesi yang terhormat. Saya lebih kagum pada orang yang menjual kaki lima di pinggir jalan tapi dia bisa menghidupi beberapa orang anak, daripada anda hari ini makan di restoran mewah tapi hutang pakai kartu kredit. Untuk apa? Saya sangat mengagumi orang-orang dari dunia penjualan, mereka gigih, anda harus tahu, bahwa semua orang sukses di muka bumi ini hampir 90% semua dari bidang sales.

Yang seringkali negatif tentang bidang sales ini adalah cara pendekatan orangnya. Saya sudah pernah bahas ini di video sebelumnya, yaitu “Bagaimana Cara Menjual Apapun, Kapanpun, Dimanapun”. Bahwa sebetulnya 83% penjualan atau sales itu terjadi karena dari bagaimana cara membangun hubungan yang baik dengan manusia. Seringkali kalau kita tidak bisa membangun hubungan yang baik, itu akan menjadikan orang akan memiliki persepsi yang negatif. Mungkin yang harus anda pelajari adalah bagaimana cara anda berhubungan dengan manusia. Karena sebetulnya profesi sales adalah suatu seni. Bagaimana orang merasa senang tanpa harus merasa dijuali. Tanpa mereka merasa dipaksa. Tetapi seperti seolah-olah anda membangun hubungan dengan mereka.

Sahabat entrepreneur, sebetulnya sales itu adalah profesi yang sangat terhormat. Bahkan hari ini banyak orang -orang besar, itu awalnya dulu adalah penjual yang hebat, Mereka piawai dalam membangun hubungan dengan orang lain.

Jadi sahabat entrepreneur, sales tidak menjijkan. Itu adalah profesi yang sangat terhormat. Dan saya hari ini sangat kagum dengan orang-orang yang berprofesi di bidang penjualan. Saya percaya orang-orang yang di bidang penjualan itu adalah orang-orang yang sangat Karena mereka adalah orang yang mandiri, mereka adalah orang yang berdikari, dan mereka adalah orang-orang yang sangat piawai dalam membangun hubungan. Sehingga mereka dapat menjadi penjual yang sangat hebat.

Selamat bagi anda yang hari ini bergerak di bidang sales. Dan bagi anda yang hari ini belum bergerak di bidang sales,  anda jangan berpikir negatif terhadap oang yang bergerak di bidang sales. Karena mereka adalah orang-orang yang sangat luar biasa. Bahkan sebuah perusahaan bisa ambruk kalau gak ada sales dalam perusahaan. Sebuah organisasi juga bisa ambruk kalau tidak ada sales dalam perusahaan itu. Apapun profesi itu, pasti ada unsur sales di balik itu semua. Dan sales itu merupakan roda dan motor pada sebuah perusahaan.

Dan sekian tips saya untuk hari ini, semoga tips ini bermanfaat.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply