Apakah Uang adalah Sumber dari Kejahatan ?

0
448

Apakah Uang adalah Sumber dari Kejahatan ?

Hari ini saya akan membahas satu topik yang menjadi kontroversi bagi sebagian masyarakat kita, “apakah uang itu adalah sumber dari kejahatan?”

Sebelum saya menjawab apakah uang itu sumber segala kejahatan atau tidak, saya harus tahu dahulu, anda yang menanyakan pertanyaan ini adalah,”apakah anda tahu definisi uang itu apa?”

Kalau anda sendiri belum tahu definisi uang itu apa, anda tidak bisa mengkonotasikan bahwa uang itu adalah sumber dari segala kejahatan. Karena uang itu sifatnya netral. Dan harus anda ketahui, uang itu adalah alat pembayaran.

Dahulu kala sebelum adanya uang, manusia itu bertukar dagang dengan cara “barter”. Barter itu adalah, kalau misalkan saya membeli seekor ayam. Maka saya akan barter contohnya dengan 5 butir telur. Maka saya berhak membeli seekor ayam. Kalau saya membeli seekor kambing, saya barter dengan 5 ekor ayam, contohnya seperti itu. Karena zaman dulu tidak ada mata uang.

Tetapi karena perkembangan zaman, sehingga manusia mulai menciptakan nilai tukar yang standard dan bisa dipakai untuk apapun, dan itu bisa dipakai di seluruh dunia. Jadi uang itu sebetulnya sifatnya netral. Senetral seperti saya mau tanya, apa fungsi pisau?

Pisau itu fungsinya adalah untuk memotong. Tetapi ada orang menggunakan pisau untuk membunuh orang lain. Apakah pisau itu salah? Tidak. Pisau itu cuma alat yang netral. Tergantung anda bisa menggunakannya dari sudut pandang mana. Kalau pisau menurut fungsinya itu untuk memotong. tapi kalau pisau untuk membunuh orang lain, maka pisau itu disalahgunakan.

Sahabat entrepreneur, sama juga hari ini kalau saya berbicara soal uang. tidak ada yang salah dengan uang. Uang itu bisa digunakan, saya mau menjawabnya dengan demikian, “apakah uang itu sumber dari segala kejahatan?”

Saya kembalikan kepada siapa yang menggunakan uang tersebut. Kalau uang itu berada di tangan orang yang baik, orang yang suka dermawan, orang yang suka beramal, saya percaya hari ini uang itu akan sangat berguna sekali. Karena uang tersebut bisa digunakan untuk membangun tempat ibadah, membangun rumah yatim piatu, menolong fakir miskin, bahkan hari ini di tangan Bill Gates, ia mendirikan yayasan. Uang itu digunakan untuk menolong orang seluruh dunia. korban malaria contohnya. Karena Bill Gates dasarnya orang baik.

Tetapi hari ini kalau sekarang kembali lagi kepada uang, kalau diberikan kepada orang yang dasarnya memang sudah buruk, dasarnya memang orangnya sudah tidak benar, uang itu bisa menjadi sesuatu yang berbahaya. Dia bisa menyuruh pembunuh bayaran untuk membunuh orang lain, contohnya. Dia juga bisa menggunakan kekuasaan, membeli kekuasaan untuk menyiksa orang lain. Dan dia juga bisa menggunakan uang untuk menjerumuskan orang lain.

Jadi uang itu sebetulnya tidak salah. Seringkali yang salah adalah seseorang yang belum siap menerima uang dalam jumlah yang besar, dan dia punya salah satu karakter yang buruk. Sehingga hari ini saya yakin uang itu bisa disalahgunakan.

Jadi sekali lagi sahabat entrepreneur,

“Money doesn’t wrong. Money is a natural thing.”

Uang itu adalah sifat yang sangat netral. Jadi hari ini saya tidak bisa berkata bahwa uang adalah akar dari segala kejahatan. Tetapi kembali lagi kepada orangnya. Kalau memang dasar orangnya terlalu cinta akan uang berlebihan sehingga melupakan segala-galanya. Sekali lagi yang salah bukan uangnya, tetapi yang salah adalah orangnya.

Anda tipe orang yang seperti apa? Anda yang berhak memilih sendiri.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply