Bagaimana Berhenti Khawatir & Memulai Hidupmu

0
682


Sahabat Entrepreneur salam hebat luar biasa

Di edisi kali ini saya akan kembali membahas tentang book review yaitu membahas sebuah buku yang menjadi fenomenal di tahun 1948 yaitu lagi lagi Dale Carnegie.

Dale Carnegie saya sudah bahas di video sebelumnya bagaimana mencari kawan dan mempengaruhi orang lain. Kali kita juga membahas salah satu bukunya yang sangat fenomenal 70 tahun yang lalu yaitu How to Stop Worrying and Start Living

How to Stop Worrying and Start Living kalau dalam bahasa indonesia adalah cara berhenti khawatir dan memulai menjalani kehidupan yang normal. Buku ini sebetulnya anda bisa lihat disini yaitu salah satu buku yang cukup menginspirasi karena beliau itu adalah pakar hubungan antara manusia dan selain pakar hubungan antar manusia si Dale Carnegie juga cukup mahir bahwa manusia punya satu problem yang cukup lik yang dimiliki oleh orang dewasa ini yaitu sering khawatir. Kalau kita ketahui bahwa sebetulnya 3 poin yang di bahas beliau di 3 buku ini yang perdana yaitu kebanyakan dari kita terjebak dalam kekhawatiran. Kekhawatiran itu disini secara garis besar ada 3.

  1. Mungkin karena lebih mudah khawatir daripada memikirkan sesuatu yang baru untuk membantu kita
  2. Mungkin karena otak kita terbiasa untuk khawatir. Sehingga kalau tidak khawatir tidak enak, sehingga mengubahnya butuh energi lebih. Jadi otomatis banyak orang yang suka khawatir dia lupa kalau dirinya ini sering khawatir
  3. Mungkin khawatir memberi makan ego kita. Membuat kita mendapatkan lebih banyak simpati, jadi akhirnya mengapa kok manusia sulit meninggalkan rasa khawatir?

 

Sekurang kurangnya ada 10 rangkuman yang saya bahas dari buku ini. 10 poin ini yang bisa menjadi wacana bagi kita untuk kedepannya lebih baik bagimana stop berhenti khawatir dan kita mulai menjalani kehidupan yang normal.

  • Yang pertama adalah anda bisa lihat disini efek dari khawatir. Saya disini ada kertas cerpekan saya ya, saya disini juga rangkum anda tinggal menontonnya enak banget jadi ini poin poin yang bisa saya pelajari. Efek dari khawatir yang pertama adalah
  1. 70% orang orang yang pergi ke dokter bisa menyembuhkan penyakitnya sendiri, ketika mereka mampu menghilangkan semua rasa takut dan khawatir. Ini satu poin yang sangat penting bahkan banyak orang tidak sadar kalau khawatir berlebihan itu justru menimbulkan sakit. Khawatir berlebihan justru yang tidak sakit menjadi sakit, karena itu yang dinamakan dengan penyakit Psikotomatis. Penyakit yang di timbulkan oleh rasa cemas berlebihan, rasa khawatir berlebihan dan lebih pada kondisi mental dan kejiwaan seseorang. Itulah namanya penyakit psikotomatis. Penyakit yang tidak jadi ada, kenapa demikian ? beliau sebut dari 3 ahli
  • Kata dokter Montag, anda tidak mendapat stomag dari apa yang kamu makan tapi dari apa yang memakan kamu, jadi anda tidak mendapat masalah pencernaan dari apa yang kamu makan tapi dari apa yang menjadi kekhawatiran kamu. Karena stress berlebihan itu pasti mengganggu pencernaan dan pencernaan bisa lemah karena rasa khawatir yang berlebihan. Itu penyakit psikotomatis
  • Dokter alexis carrell beliau berkata apa ? mereka tidak tahu bagaimana mengalahkan kekhawatiran akan jadi mati muda. Jadi orang yang cemas berlebihan umurnya jadi pendek. Menakutkan sekali kan ? tapi ini kata seorang pakar, benar. Makanya anda yang suka nonton film atau sinetron atau suka khawatir dan cemas berlebihan sebetulnya anda sedang dalam masalah. Oleh sebab itu itu menguras energi, keringat dingin, stress berlebihan, cemas, berlebihan, khawatir berlebihan, itu sangat menguras energi. Akhirnya jantungnya sangat berdetak kencang. Akhirnya yang tidak jantung koroner jadi jantung koroner.
  • Kata plato, plato itu adalah seorang filosofi yang terkenal, kesalahan terbesar dari dokter adalah mereka mencoba menyembuhkan badan tanpa mencoba menyembuhkan mind atau cara berfikirnya.

Karena MIND dan BODY itu adalah satu kesatuan, tidak bisa hanya menyembuhkan tubuhnya tapi tidak menyembuhkan  Mindsetnya (cara berfikirnya)

Itu kata seorang plato, kalau cara berfikirnya masih keliru, di obati kaya apapun tubuhnya tidak ada yang benar. Tapi mulai dari mindset yang benar dulu maka tubuhnya juga benar. Seperti kata pepatah latin

“Mens Sana In Corpore Sano”

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat

 

  • Yang kedua adalah Day Tight Compartments, itu poin yang beliau sampaikan. Maksudnya itu apa ? ada 5 hal disini.
    1. Dalam kesehariaan kamu anda lebih banyak khawatir tentang hal hal yang belum terjadi di masa depan. Jadi itu namanya terjebak di masa depan

Jadi anda tidak perlu mengkhawatirkan apa yang belum terjadi. Ini nanti malam bakal hujan, nanti malam ini saya mau jalan-jalan nanti kalau di tabrak orang gimana ?. nanti kalau saya keluar rumah kalau di rampok orang gimana ? anda mengkhawatirkan sesuatu yang tidak perlu di khawatirkan. Itulah yang namanya terjebak di masa depan.

2. Anda terjebak di masa lalu ( tidak bisa move on) jadi kadang kadang anda terlalu menyesali hal hal yang terjadi di masa lalu. Tidak bisa move on bahasa sekarang. Anda terlalu memikirkan jadi anda selalu memikirkan bahwa apa yang terjadi di masa depan itu sama dengan pengalaman masa lalu. No !

MASA LALU ITU TIDAK SAMA DENGAN MASA DEPAN

Orang yang di masa lalunya perampok tidak semestinya masa depannya perampok. Orang yang masa lalunya adalah pecundang tidak semestinya masa depannya pecundang. “manusia bisa berubah,manusia bisa hidup lebih baik”. Manusia itu bisa hidup normal jadi anda tidak harus selalu hidup dari masa lalu, itu poin pesan saya.

3. apakah anda bangun di pagi hari dan yakin jadikan hari ini yang terbaik ? jadi FOCUS NOW. Tidak usah mikir masa lalu tidak usah mikir masa depan fokuslah hari ini itu pesan beliau. Bisakah kamu merasa lebih hidup dengan mengaplikasikan living Day Tight Compartments.

4. Dan Kapan kamu akan mulai melakukan hari ini ? Anxiety itu dalam bahasa inggris itu adalah masa depan, kecemasanmasa depan. Depresi adalah anda mengkhawatirkan masa lalu. Jadi saya ulangi Anxiety cemas itu masa depan , depresi itu masa lalu. Banyak orang selalu Anxiety Depresi Anxiety Depresi, mungkin kalau ada menonton film ini anda kalau pergi ke psikolog mungkin psikolog cuman akan menyarankan obat tidur, tetapi sebagai seorang psikolog yang baik anda harusnya bisa mengajak dia untuk meninggalkan kekhawatirannya, meninggalkan depresinya, bukan Cuma memberikan obat penenang. Karena obat penenang memang Cuma membuat rileks sesaat tapi tidak menyelesaikan akar permasalahan. Dan itu poin yang saya mau sampaikan

 

  • Yang ketiga adalah punyalah kemauan untuk berubah.
  • Yang keempat 50% kekhawatiran adalah anda tidak berani mengambil keputusan. Saya juga sering bicara itu di video video saya sebelumnya. 90% kekhawatiran saya akan hilang dengan 4 hal ini:
    1. Hal yang pertama adalah menulis dengan spesifik hal yang membuat anda khawatir. Tuliskan apa yang membuat anda khawatir, saya khawatir karena saya takut anak saya nanti kalau sudah tua meninggalkan saya, saya khawatir kalau orang tua saya memarahi saya, saya khawatir nanti teman saya akan meninggalkan saya, saya khawatir kalau saya melakukan ini nanti teman teman saya akan membenci saya, saya khawatir kalau ini pacar saya akan meninggalkan saya, apa yang membuat anda resah, saya khawatir nanti suami saya selingkuh. Pokonya anda khawatir yang tidak perlu, sesuatu yang belum terjadi. Jadi tuliskan semua apa kekhawatiran anda, karena bisa jadi semua kekhawatiran anda belum tentu terbukti.
    2. Menuliskan hal yang bisa anda lakukan. Jadi kalau anda bisa melakukan anda belajarlah percaya
    3. Memutuskan apa yang bisa anda lakukan
    4. Langsung memulai apa yang anda putuskan

Jadi intinya anda mulai hari ini poinnya satu DECIDE AND ROCK IT , maksudnya apa ? “PUTUSKAN”

Jadi anda jangan Cuma hidup dalam kekhawatiran dan jujur dari 10 kekhawatiran yang terbukti saya yakin yang terbukti itu paling Cuma 20 sampai 30%. 70% tidak terbukti tapi energi anda dihabiskan oleh 70% yang belum tentu terbukti. Anda naik pesawat, pesawat ini jatuh tidak ya ? anda sudah khawatir. Padahal presentase pesawat jatuh itu 0,0000 sekian persen. Mungkin anda menonton berita di koran atau di televisi atau di sosial media, pesawat jatuh itu di besar besarkan karena itu 0,0 sekian persen. Soalnya apa ? jutawan pesawat penerbangan yang selamat itu tidak pernah di beritakan tapi anda baca adalah pesawat jatuh dan itu menambah rasa khawatir anda. Waktu anda naik pesawat anda berpegangan lihat kiri kanan takut saya khawatir berlebihan. What for ? untuk apa ? jadi anda mengkhawatirkan sesuau. Jadi anda harus tahu banyak kekhawatiran itu tidak terbukti.

  • yang kelima Anda takut mengambil keputusan yang sudah salah dan membuat kesalahan dengan tidak memutuskan. Itu basicly kuncinya adalah membuat keputusan.
  • Yang keenam Dont Cry over split milk. Beliau berkata apa ? jangan menangisi susu yang sudah tumpah. Artinya apa ? tidak usah sesali masa lalu. Ya sudah setiap orang pernah berbuah salah. Ngapain menyesal terus ? sama seperti hari ini anda dari TK,SD,SMP, SMA. Apakah anda tidak pernah nilainya jelek ? pernah kan, kalau anda hidup bahwa nilai anda jelek terus anda tidak mungkin naik kelas. Anda tidak mungkin lulus unas, tidak mungkin hari ini sampai tamat SMP kan ? tidak mungkin sampai tamat SMU kan ? sampai bisa kuliah kan ? dan anda sudah melewati ujian ujian ujian dan akhirnya anda menjadi kuat. Kalau anda terus hidup di masa lalu anda hidup selalu di trauma masa lalu anda tidak akan bisa maju.
  • Yang ketujuh Rest Before You Get Tired

Itu pesan beliau jadi istirahatlah sebelum capek. Karena apa ? banyak orang di kejar terus, di genjot terus sampai melupakan dirinya. Karena celakanya lagi tubuh tidak ada alarm. Kalau misalkan 1 hari normalnya kita istirahat 8 jam, banyak sekarang anak anak muda bersosial media di malam hari jam 12 jam 1 belum tidur sampai jam 2 belum tidur tiba tiba sudah pagi. Terus tidurnya kebalik, paginya baru tidur. Ini salah, istirahatlah sebelum lelah jadi jam istirahatnya diatur dengan baik. Karena itulah yang mengurangi rasa kekhawatiran anda

  • Yang kedelapan Kita menjadi lelah karena emosi negatif yang menumbuhkan stress di tubuh kita.

Jadi tubuh itu bisa lelah bisa stress akhirnya apa ? kalau lelah berlebihan akhirnya tubuh itu stress. Terjadi peumpukan racun dan toksin dan itu mebuat metabolisme tubuh anda sangat tidak baik dan akhirnya membuat diri anda ini menjadi stress dan cemas berlebihan.

  • Yang ke sembilan Relax ( jadilah tenang )

Saya sudah bicara di video saya 5B , 5B itu mengajarkan kepada saya untuk bersyukur,berdoa, itu mengurangi rasa tegang. Kalau anda bisa mengurangi rasa tegang seperti itu tubuh anda akan istirahat. Ada 4 poin : relax di momen random dia bilang jadi artinya anda boleh tidur siang misalnya anda kalau capek lelah pejam mata sejenak itu bagus. Kedua bekerja sebanyak mungkin di posisi nyaman jadi kalau bekerja tidak di posisi nyaman itu membuat anda tegang. Ketiga tanya pada diri sendiri apakah saya mengerjakan kerjaan yang lebih sulit daripada sebagaimana mestinya. Kalau melakukan sesuatu setiap hari menjadi tegang jantung anda di pompa di luar kapasitas anda itu membuat anda stress berlebihan dan yang ke empat tanya pada diri sendiri seberapa lelah anda hari ini, itu pesan beliau. Jadi kalau anda hari ini khawatir berlebihan, cemas berlebihan itu jangan jangan anda terlalu lelah jadi anda harus relax.

Meditasi itu juga salah satu metode yang sangat baik untuk menenangkan diri anda

 

  • Yang kesepuluh stop atau berhenti memikirkan apa kata orang.

Itu pesan beliau yang kesepuluh, jadi artinya Dale Carnegie berpesan di bukunya bahwa anda itu selalu khawatir apa kata orang. Nanti tetanggaku bicara apa ya ? nanti apa kata temanku ya ? nanti apa kata pacarku ya ? nanti apa kata saudara ku ya ? nanti apa kata teman baikku ya ? nanti apa kata pelangganku ya ? intinya gini lo

khawatir itu boleh tapi jangan khawatir berlebihan

jadi kalau anda terlalu khawatir nanti kalau saya di cap orang norak gimana ya ? jadi anda belum melangkah itu bebannya sudah jutaan kilo. Lelah, capek belum bertanding sudah kalah duluan nanti kalau kalah gimana ya ? anda itu belum prospekting atau anda belum belum presentasi nanti kalau di tolak gimana ya ? nanti kalau orangnya tidak suka gimana ya ? ngapain anda belum melakukan sudah khawatir berlebihan ? “DARE,BERANILAH” jadi itu pesan beliau di pesan yang kesepuluh.

Oleh sebab itu sahabat entrepreneur bagi anda yang sudah nonton video ini saya ingin memberikan 1 pesan bahwa buku ini sudah di terbitkan 70 tahun yang lalu. Pesan dari beliau itu satu

Khawatir berlebihan itu tidak baik malah mengganggu kesehatan anda

Mengganggu rezeki, menganggu segala sesuatu yang mengundang kebaikan dalam tubuh. Bahkan kalau anda bisa mengurangi kekhawatiran anda bisa kurangi minum obat, bahkan suatu hari banyak orang yang obatnya tidak bisa dilepas. Banyak orang yang kecanduan obat-obatan karena tidak bisa melepaskan rasa kekhawatiran. Daripada minum obat-obatan mending minum supplemen mending minum vitamin, mending minum nutrisi,sudah memperbaiki tubuh anda, tidak memberikan efek buruk dari tubuh anda. Dari pada minum obat obatan kimia malah merusak tubuh anda jangka panjang, itu pesan dari saya. Oleh sebab itu besok anda silahkan tonton ada 1 channel SB30 Health disini, partner saya Dr.sung beliau akan membahas apa dampak bahaya stress dan khawatir berlebihan bagi tubuh manusia. Silahkan anda tonton video tersebut dari sudut pandang medis. Kalau saya dari sudut pandang mindset.. tonton channelnya apa bahaya bagi kehidupan medis dan kesehatan anda dan anda disitu akan mendapatkan manfaat jadi kalau anda khawatir berlebihan itu sangat tidak positif bagi tubuh anda.

 

Bila anda menyukai channel seperti ini silahkan klik like berikan komentar positif dan jangan lupa subscribe berbagilah pada teman teman anda.ada 2 video disini silahkan di klik dan di tonton:

  1. 3 pertanda anda akan menjadi calon milyarder
  2. 4 pertanda anda masih di zona nyaman anda

Semua pasti mengurangi kekhawatiran anda, sukses untuk anda salam hebat luar biasa.

Leave a Reply