Bagaimana Cara Keluar Dari Hutang Dengan Tenang

0
802

Bagaimana Cara Keluar Dari Hutang Dengan Tenang

Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Di episode kali ini kita berjumpa kembali. Saya akan membahas topik seputar finansial. Yaitu saya membahas tentang : “Bagaimana Cara Keluar Dari Hutang Dengan Tenang”.

Jadi begini, sebelum saya menyarankan anda untuk menonton video ini lebih lanjut, ada baiknya anda menonton video-video saya sebelumnya. Yaitu :

Ada beberapa video saya yang sudah membahas banyak tentang bagaimana cara anda agar bisa keluar dari masalah hutang. Tentu yang saya maksud adalah ‘hutang buruk’. Karena ada juga ‘hutang yang baik’.

Hutang baik itu adalah hutang yang digunakan untuk perputaran bisnis. Jadi saya juga sudah membahas di sebuah video : “Apakah Berbisnis itu Butuh Hutang“. Video itu harus anda tonton terlebih dahulu sebelum anda menyimak video ini lebih lanjut.

Bicara soal hutang, tentu orang itu merasa tidak nyaman. Karena banyak orang merasa kalau memiliki hutang, hidup itu penuh dengan tekanan. Hidup itu penuh dengan beban. Akhirnya bisa membuat stress. Jadi, anda harus mendefinisikan dahulu. Disini saya akan mendefinisikan dengan 4 pilar utama yang tidak boleh terganggu jika anda mau melunasi hutang. Saya akan membahas dulu dari pilar yang pertama. Jadi, penghasilan anda tidak boleh mengganggu 4 pilar utama ini :

 

1. Sandang (Pakaian)

Pilar yang pertama adalah masalah sandang atau pakaian sehari-hari. Jadi, kalau sampai anda membayar hutang karena beli baju yang layak saja tidak mampu, itu berarti sudah parah. Jangan sampai pilar ini terganggu. Anda tidak harus membeli pakaian yang mahal. Yang terpenting, pakaian itu terlihat pantas. Yang penting anda tetap berpakaian. Jangan sampai tidak berpakaian, karena anda nanti bisa diangkut Panti Sosial.. Bahaya..! :v :p

 

2. Pangan (Makanan)

Pilar yang kedua ini juga penting. Yaitu pilar pangan. Saya bicara semua tentang kebutuhan primer. Jadi, anda harus bisa tetap makan. Kalau bisa tetap makan 3 kali sehari. Jangan sampai anda tidak makan. Banyak orang yang mungkin karena hutangnya sudah terlalu banyak, stress, sampai tidak mau makan. Kalau anda tidak makan, maka akhirnya akan sakit. Kalau sudah sakit, bagaimana mau membayar hutang?

Jadi anda harus memastikan untuk tetap makan, meskipun tidak enak. Masalah gizi, nutrisi, apa boleh buat..? Anda mungkin tidak bisa makan makanan dengan nutrisi yang cukup. Tetapi yang terpenting, anda tetap bisa makan. Yang penting kenyang dulu. Masalah nanti anda bisa memiliki makanan yang lebih baik dan sebagainya urusan belakang. Menurut saya, makanan yang baik dan sehat itu tidak perlu mahal. Banyak makanan sehat. Yang terpenting anda cukup makan. Jangan sampai anda tidak makan.

Seringkali orang itu sampai tidak makan karena bekerja terlalu keras dan akhirnya sakit. Ketika anda sakit, maka biaya sakit anda itu jauh lebih mahal. Dan akhirnya, hutang anda semakin menumpuk. Bahkan menjadi lebih parah lagi.

 

3. Papan (Tempat tinggal)

Pilar yang ketiga adalah papan. Papan itu bukan berarti rumah. Tapi yang terpenting adalah tempat tinggal. Mungkin saat ini anda belum bisa membeli rumah. Kalau anda hidup di kota besar, anda cukup tinggal di kos-kosan atau kontrakan. It’s ok. Yang terpenting anda punya tempat tinggal yang layak. Jangan sampai tempat tinggal saja anda tidak punya. Jadi karena anda terlalu ingin melunasi hutang, anda sampai tidak punya tempat tinggal. Lalu anda mau tinggal dimana? Di pinggir jalan? menjadi pengemis atau gelandangan? Akhirnya justru diangkut panti sosial.. Jangan sampai seperti itu.

Jadi, pilar yang ketiga ini tidak boleh terganggu. Pastikan anda punya tempat tinggal, meskipun itu sederhana. Walaupun mungkin hanya kos-kosan selebar 1 meter atau 2 meter. Tetapi yang terpenting anda bisa memiliki tempat tinggal yang layak. Yang penting anda tidak boleh terganggu karena tubuh dan otak anda adalah alat untuk membayar hutang. Jangan sampai ketiga pilar ini terganggu. Jadi urusan pakaian, makanan, dan tempat tinggal itu kalau terganggu, maka anda pasti tidak bisa membayar hutang dengan tenang. Jika anda ingin membayar hutang dengan tenang, pastikan ketiga pilar ini tidak boleh terganggu.

 

4. Transportasi (Kendaraan)

Dan pilar yang keempat ini juga tidak kalah penting, yaitu transportasi. Maksudnya transportasi disini bukan berarti saya menyuruh anda harus punya motor atau mobil untuk berangkat ke tempat kerja anda setiap hari. Tetapi kalau anda tidak punya alat transportasi, bagaimana anda bisa mencari uang untuk membayar hutang?

Anda tetap butuh transportasi. Entah itu transportasi umum, transportasi publik atau apapun itu. Anda tetap tidak boleh terganggu. Kalau anda tidak punya alat transportasi, bagaimana anda bisa bekerja? Karena untuk bekerja, anda perlu keluar rumah. Anda perlu kesana kemari, apapun jenis pekerjaan anda. Kalau anda karyawan, maka anda harus pergi ke kantor.

Tidak mungkin setiap hari anda ketergantungan pada orang lain. Setiap hari antar jemput. Kalau kantor anda menyediakan transportasi, it’s ok. Tetapi kalau tidak ada? Jadi pilar transportasi ini tidak boleh terganggu. Jadi sekarang saya akan ajarkan anda bagaimana cara untuk melunasi hutang. Gampang.

Cara untuk melunasi hutang :

Pertama, penghasilan anda dikurangi keempat pilar ini. Pastikan untuk mengurangi dengan keempat pilar ini dahulu. Jika ada sisa, maka gunakan untuk melunasi hutang. Maka saya percaya, anda akan bisa melunasi hutang dengan tenang sambil anda memikirkan cara meningkatkan penghasilan anda.

Jadi anda tidak hanya tergantung pada gaji. Tetapi anda mungkin juga bisa memiliki bisnis sampingan, sehingga anda bisa meningkatkan penghasilan anda. Jangan ketika penghasilan anda meningkat, keempat pilar tersebut juga ikut meningkat. Sandangnya meningkat, papannya meningkat, kemudian pangan dan transportasinya juga meningkat, padahal hutangnya belum lunas. Itu tidak saya rekomendasikan.

Jadi, pastikan keempat pilar itu beres dengan sederhana atau secukupnya. Tidak perlu sampai menyiksa diri anda. Dan kalau masih ada sisa, baru anda gunakan untuk melunasi hutang. Kemudian anda bertanya, “Pak, kalau sudah dikurangi keempat pilar itu namun tidak ada sisa, harus bagaimana?”

Kalau sudah seperti itu, saya tidak bisa memberikan solusi. Artinya apa? Anda punya masalah besar. Anda harus berpikir bagaimana cara untuk ‘menurunkan’ keempat pilar tersebut. Atau bila tidak ada cara lain, anda harus meningkatkan penghasilan anda.

Jadi kalau anda tidak bisa mencukupi keempat pilar ini, maka saya pastikan anda akan melunasi hutang dengan perasaan tidak tenang. Setiap hari anda bawaannya stress, marah-marah, cemas dan lain-lain. Maka akhirnya anda tidak bisa bekerja dengan tenang. Jika anda tidak bisa bekerja dengan tenang karena 4 pilar ini terganggu, saya ambil sebuah contoh, meja itu memiliki 4 kaki. Maka meja itu tidak bisa stabil. Sama seperti anda, anda juga tidak stabil.

Kalau anda adalah orang yang tidak stabil, niscaya hidup anda tidak akan tenang. Hidup anda bawaannya setiap hari ya itu tadi seperti yang sudah saya katakan, tidak balance. Ketika hidup anda tidak balance, bagaimana anda mau melunasi hutang? Untuk mencukupi 4 pilar itu saja tidak cukup.

Tetapi saya yakin, sebenarnya 4 pilar tersebut tidak membutuhkan biaya yang besar.

Ini hanyalah masalah mindset anda.

Maukah anda menurunkan gaya hidup anda yang mewah menjadi lebih sederhana? Saya percaya, anda hidup sederhana pun tidak akan mati kok.. Justru banyak orang yang mati karena GENGSI. Jika hidupnya terlalu banyak gengsi, maka akhirnya membawa dia pada kematian yang sesungguhnya. Karena stress harus mengikuti gaya hidup terus.

Tetapi kalau hidup anda sederhana dan tenang, saya percaya anda tidak akan stress. Anda tidak berhutang pada siapapun, jika ada hutang anda mampu melunasi. Kuncinya seperti itu.

Sahabat entrepreneur, demikian tips saya kali ini. Banyak juga pertanyaan di kolom comment yang menanyakan, “Pak, penghasilan saya ini untuk makan saja tidak cukup. Untuk ini dan itu tidak cukup”. Saya jawab melalui video kali ini. Pastikan 4 pilar ini jangan terganggu. Jika 4 pilar ini terganggu, pasti anda tidak sanggup berpikir secara jernih bagaimana cara untuk melunasi hutang. Pastikan 4 pilar ini teratasi dan terpenuhi dahulu. Maka saya yakin sisanya bisa anda gunakan untuk melunasi hutang.

Bila anda menyukai video seperti ini silahkan klik like, berikan comment yang positif, dan jangan lupa kalau anda mengalami banyak perubahan setelah menonton channel ini, anda bisa menuliskan di kolom comment. Maka saya akan dengan senang hati membacanya. Belakangan ini saya cukup sering memberikan like melaui akun pribadi saya Chandra Putra Negara. Itu artinya saya sudah membaca comment anda. Dan sebisa mungkin, saya akan membuatkan videonya dan saya akan berusaha memahami apa yang bisa saya bantu melalui channel ini.

Dan jangan lupa berlangganan atau subscribe. Jangan lupa di sebelah kanan ada icon lonceng silahkan anda klik. Maka setiap ada video baru dari kami, anda akan mendapatkan prioiritas utama notifikasi dari tim Success Before 30. Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa..!!

Kali ini saya membahas seputar topik finansial yaitu : "Bagaimana Cara Keluar Dari Hutang Dengan Tenang".

Kali ini saya membahas seputar topik finansial yaitu : "Bagaimana Cara Keluar Dari Hutang Dengan Tenang".

Kali ini saya membahas seputar topik finansial yaitu : "Bagaimana Cara Keluar Dari Hutang Dengan Tenang".Disini saya akan mendefinisikan dengan 4 pilar utama yang tidak boleh terganggu jika anda mau melunasi hutang. Jadi, penghasilan anda tidak boleh mengganggu 4 pilar utama berikut ini :

Leave a Reply