Bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas Hidup Anda

0
526

Bagaimana Cara Meningkatkan

Kualitas Hidup Anda

Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Topik saya kali ini membahas tentang : “Bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas Hidup Anda”.

Baik, 20 tahun yang lalu ketika saya masih menjadi seorang murid, saya tahunya cuma sekolah. Kemudian pulang sekolah saya berolahraga, karena saat itu saya masih menjadi atlit. Kemudian rutinitas besoknya, saya sekolah lagi. Dan jika bisa, saya harus mendapatkan nilai yang bagus, supaya jika tamat sekolah saya mudah mencari universitas yang murah. Kalau bisa saya harus mendapatkan beasiswa. Dan setelah tamat nanti, dengan nilai yang tinggi saya akan mudah mencari pekerjaan.

Itulah kata-kata yang selalu diedukasi oleh orang tua kita, bukan cuma orang tua saya. Tetapi persepsi seperti ini, secara totalitas berubah. Ketika saya berusia 19 tahun, saya menemukan sebuah seminar. Dimana seminar itulah yang telah mengubah cara berpikir saya.

shutterstock_150149918Disitulah saya baru sadar bahwa apa yang saya pelajari di sekolah, it’s not enough. Tidaklah cukup untuk mencapai kualitas kehidupan yang saya inginkan. Saya percaya jika anda bertanya pada anak muda manapun di seluruh Indonesia ini, apakah anda ingin succcess before 30? Jawaban mereka pasti mau. Tapi ‘HOW?’ Caranya bagaimana?

Channel ini adalah salah satu yang saya buat. Tujuannya adalah untuk menggedor cara berpikir anda. Bahwa channel ini akan memberikan manfaat-manfaat yang tidak anda dapatkan di bangku sekolah maupun di bangku kuliah. Karena channel ini dibuat dari praktisi langsung. Seperti saya. Saya bukan mengalaminya secara teori. Tetapi saya mengalaminya di dalam kehidupan saya sendiri.

Karena kata-kata ini sering kali kita dengarkan dari sekolah, dari guru-guru kita, saya tidak mengatakan sekolah itu salah. Saya tidak mengatakan guru itu salah. Tetapi tidak cukup. Saya sering mengatakan di video-video saya sebelumnya. Tidak cukup.

Kita harus berterima kasih kepada guru-guru kita. Saya pun sangat berterima kasih atas jasa guru-guru saya yang telah membesarkan saya. Tanpa mereka, saya tidak memiliki ilmu hari ini. Tetapi itu tidaklah cukup. Saya selalu katakan tidaklah cukup. Terutama kalau anda ingin meningkatkan kualitas kehidupan anda.

Oleh sebab itu, ada salah satu dari pebisnis dunia yaitu Brad Sugars. Dia berkata, “How to improve your quality of life?”

Bagaimana cara meningkatkan kualitas hidup anda?

1. Memiliki Kualitas Pengetahuan

Yang pertama adalah, anda harus memiliki kualitas pengetahuan. Quality of Knowledge dan Quality of Mentor. Itu yang paling pertama. Jadi kalau anda hari ini tidak punya mentor. Tidak punya pengetahuan. Bagaimana anda mau mengubah arah hidup anda?

Contoh, anda saat ini mungkin tidak bisa mengemudi mobil. Tetapi pada suatu hari anda ingin meningkatkan kualitas hidup anda. Karena mobil itu telah menjadi sebuah kebutuhan. Dan akhirnya anda butuh seorang mentor dan pengetahuan, bagaimana cara mengemudikan mobil.

Memang bisa sih, anda mengemudi mobil tanpa mentor. Bisa. Tapi hasilnya adalah, mobil anda masuk bengkel berkali-kali, alias nabrak terus. Tetapi alangkah jauh lebih baik kalau ada seseorang di samping anda. Orang yang memberikan anda arahan, “Ini cara memakai kopling. Ini cara masukkan gigi. Ini cara masukkan gas.” Dan sebagainya. Maka otomastis, anda akan bisa menjadi seorang pengemudi yang baik suatu hari nanti.

bridal-636018_960_720Demikian juga di dalam dunia bisnis maupun kehidupan anda. Alangkah baiknya kalau anda hari ini ingin memiliki pernikahan yang bahagia. Saran saya, carilah pasangan yang menurut anda pernikahannya bahagia.

Jangan cari pasangan yang bercerai. Kalau anda mencari pasangan yang bercerai, jawabannya yang anda dapatkan pasti salah. Anda pasti menganggap : “Married is a disaster”. Pernikahan itu adalah bencana. “Married is like a hell“. Pernikahan itu seperti di neraka.

Anda mendapatkan jawaban yang salah. Karena anda tidak menemukan mentor yang tepat. Sama dengan kalau anda ingin berbisnis. Anda jangan mencari orang yang tidak pernah berbisnis. Anda akan mendapatkan jawaban yang salah. Dan berbisnis itu banyak. Tetapi temukan orang yang memiliki bisnis yang sukses. Bisnis yang perusahaannya sangat luar biasa. Anda harus bisa mendapatkan mentor seperti itu. Itu yang pertama. Basic yang pertama. Jadi temukan quality of knowledge dan quality of mentor.

2. Memiliki Kualitas Impian

Oleh sebab itu, ketika anda sudah memiliki kualitas pertanyaan yaitu kualitas mentor dan kualitas pengetahuan yang lebih baik. Maka di tahap selanjutnya, di tahap kedua anda akan memiliki kualitas belief dan kualitas dream yang lebih baik. Jadi anda memiliki The Quality of Belief. Anda memiliki kualitas keyakinan yang lebih baik. Dan kualitas impian yang lebih baik.

Contoh, kalau anda belum menemukan mentor miliarder. Maka jika hari ini anda mendapatkan gaji 1 juta, anda sudah senang banget. Anda akan mengatakan, “Yeah, akhirnya saya dapat pekerjaan..! Saya bisa dapat gaji pertama!!”

Tetapi kalau mentor anda hari ini berpenghasilan ratusan juta per bulan, maka otomatis impian anda yang ingin punya gaji satu juta dengan impian anda ingin memiliki 100 juta, itu pasti beda.

dreams-not-your-life-881079_960_720Mungkin dulu anda inginnya punya sepeda motor. Tapi setelah anda memiliki kualitas kehidupan yang lebih baik, anda mempunyai mentor yang lebih baik, otomatis kualitas hidup anda akan meningkat. Dan kualitas impian anda juga meningkat. Otomatis anda akan berpikir lebih tinggi. Mempunyai impian yang lebih baik.

Jadi contohnya, mungkin kalau dulu anda punya motor saja sudah cukup. Tanpa kualitas pertanyaan, tanpa kualitas mentor dan kualitas pengetahuan yang lebih baik. Tapi setelah anda memiliki mentor, dan anda mendapatkan sebuah pengetahuan yang lebih baik, anda mungkin merasa “Saya bisa mendapatkan mobil”. Kalau dulu mikirnya, “rasanya punya mobil itu tidak masuk akal. Tetapi sekarang saya bisa punya mobil.”

Bahkan kalau anda sudah memiliki keyakinan yang lebih, di tahap kedua ini yaitu quality of belief atau keyakinan. Bukan mobil sembarangan, anda mungkin bisa punya mobil mewah. Akhirnya, dulu anda berpikir “Ah, setelah menikah saya kontrak rumah saja sudah cukup. Toh namanya orang hidup itu susah. Kontrak saja sudah cukup”.

Tetapi setelah anda meiliki kualitas mentor yang lebih baik, anda juga punya kualitas pengetahuan yang lebih baik. Sekarang hidup anda mulai meningkat. “Saya bisa punya rumah yang lebih baik”. Contohnya seperti itu. Itulah tahapan yang kedua, yaitu anda bisa punya Quality of Dreams. Dan anda bisa memiliki quality of belief, better than before. Lebih baik daripada sebelumnya.

3. Memiliki Kualitas Pertanyaan

Dan yang ketiga. Setelah anda memiliki kualitas impian yang lebih baik dan kualitas keyakinan yang lebih baik, anda ada di tahap ketiga. Yaitu Quality of Question. Yaitu kualitas pertanyaan yang lebih baik. Seperti di video saya sebelumnya, yaitu “Bagaimana Sebuah Pertanyaan Bisa Mengubah Hidup Anda Selama-lamanya”.

Di buku saya “Badai Pasti Berlalu” saya juga pernah bertanya tentang believe/keyakinan. “Apakah yang anda inginkan dalam hidup anda?” Kalau anda sering bertanya kepada diri anda, maka anda akan mencari tahu apa sih sebetulnya tujuan hidup anda? Dan akhirnya anda akan mendapatkan apa yang benar-benar anda inginkan.

choice-1799749_960_720Selama ini mungkin hidup anda hanya mengalir saja. Hidup tidak ada arah dan tujuan. Jadi anda seperti tidak tahu anda harus kemana. Tapi sampai suatu hari, anda disini menentukan kualitas pertanyaan yang lebih baik. Dan anda bertanya pada diri anda, the quality of question. Ternyata setelah memiliki impian yang baik, sudah punya pertanyaan tentang keyakinan yang lebih baik, karena dari mentor yang lebih baik, ternyata saya bisa hidup lebih baik.

Jadi akhirnya anda bertanya kepada diri anda. “Apakah cuma segini kemampuan saya? Ternyata kemampuan saya bisa lebih.” Ketika anda mempunyai kemampuan lebih, pasti anda akan memiliki self ask. Ada sebuah pertanyaan pada diri anda. Ketika ada pertanyaan pada diri anda, anda akan bertanya lebih, lebih dan lebih. Dan akhirnya saya percaya anda akan bisa lebih baik. Itu yang ketiga.

  4. Memiliki  Kualitas Tentang Keputusan

Yang keempat adalah Quality of Decision. Yaitu kualitas tentang keputusan. Seperti di video-video saya sebelumnya, saya sudah pernah membahas tentang keputusan. Bahwa ketika anda sudah menentukan pertanyaan, dan anda memutuskan, “Ya, saya mau sukses!”

Maka ketika anda sudah memutuskan, anda sadar bahwa anda sudah tidak lagi berada di lingkungan yang lama. Karena mungkin saat ini anda punya lingkungan yang lama. Anda punya teman-teman. Mungkin teman SD atau teman sekampung anda. Tetapi karena anda mungkin sudah punya mentor yang berbeda. Anda sudah punya quality of believe yang berbeda. Tentu cara berpikir anda dengan mereka sudah berbeda.

one-way-street-1113973_960_720Dan otomatis cara anda membuat keputusan dengan mereka pasti beda. Mungkin mereka adalah teman masa lalu anda. Tetapi cara berpikir anda dengan mereka sudah berbeda. Dan akhirnya anda harus membuat keputusan. Mungkin mereka akhirnya hanya menjadi buddy friend saya. Teman Facebook saya. Tidak bisa menjadi teman citcat setiap hari. Teman untuk maju menuju masa depan. Mungkin tidak bisa.

Jadi dari 3 jenis teman, itu mungkin mereka adalah jenis teman yang kedua. Di video sebelumnya saya sudah membahas ini. Oleh sebab itu, hari ini anda bisa membedakan. Ketika anda sudah tahu keputusan yang anda buat, mungkin anda harus meninggalkan teman-teman anda yang tidak sevisi dengan anda. Karena hidup anda memiliki kualitas yang lebih baik.

5. Memiliki Kualitas Tindakan

Dan yang kelima, memiliki Quality of Action. Yaitu kualitas tentang tindakan anda. Cara anda bersikap, cara anda berhadapan dengan orang lain. Ketika anda sudah punya keyakinan, anda sudah punya pertanyaan yang lebih baik dan anda sudah menentukan keputusan. Tentu cara anda bersikap, keyakinan anda pasti berbeda. Cara anda action pun berbeda. Kalau dulu mungkin anda tidak pede atau minder. Tapi sekarang mungkin kalau bertemu setiap orang, anda mungkin lebih percaya diri. Itu sangat ditentukan.

action-1850236_960_720Jadi mungkin, bagi anda yang menonton channel ini. Saat ini anda mungkin merasa terpuruk, anda mungkin merasa bingung dan tidak punya siapa-siapa. Channel ini salah satu fungsinya adalah membantu anda sebagai seorang mentor. Dan otomatis, itu akan menambah kepercayaan diri anda. Ulangi terus channel ini. Ulangi terus channel success before 30 ini, niscaya akan menambah kepercayaan diri anda.

Tonton setiap hari. Pagi dan malam, pagi dan malam. Niscaya akan mempengaruhi pikiran bawah sadar anda. Dan otomatis, niscaya anda akan lebih percaya diri. Anda akan lebih luar biasa. Dan kalau sudah seperti itu, akan mempengaruhi tindakan anda.

6. Memiliki Kualitas dari Hasil Anda

Dan yang terakhir tahapan yang keenam, yaitu The Quality of Result. Jadi kalau tindakan anda sudah bagus, dimulai dari keyakinan, kualitas impian, maka itu akan menentukan kualitas dari hasil anda. Ketika anda sudah memiliki hasil yang luar biasa, otomatis tidak ada hasil itu datang secara tiba-tiba.

Hasil itu datang dari 6 tahapan tadi. Jadi dari anda punya pembimbing, dari kualitas pengetahuan. Kemudian kualitas keyakinan dan impian anda. Kualitas pertanyaan anda, kualitas keputusan anda, dan kualitas tindakan anda.

Dan yang terakhir, kualitas hasil anda. Jadi kalau anda hari ini punya mobil, itu bukan kebetulan. Namun karena anda serius berjuang. Dan itu bisa menjadi lebih baik.

7. Memiliki Kualitas Kehidupan

Tahapan ini akhirnya sampailah pada final result. Yaitu tahapan yang terakhir adalah The Quality of Life. Kualitas kehidupan yang lebih baik. Jadi kehidupan seperti apa yang anda inginkan, itu dimulai dari 6 tahapan tadi.

field-839827_960_720Niscaya kalau ini anda ulangi terus, dari anda punya mobil, mungkin selanjutnya anda bisa memiliki kehidupan yang lebih baik. Atau punya rumah yang lebih baik. Bukan rumah yang biasa, tetapi rumah yang mewah. Mungkin kalau anda rekreasi bukan cuma di wilayah lokal. Tetapi anda bisa liburan sampai ke luar negeri. Ke luar negeri pun mungkin bisa sampai ke Benua Eropa atau Benua Amerika. Ini merupakan suatu kualitas kehidupan yang sangat luar biasa.

Dengan demikian, ini semua dipengaruhi oleh 6 tahapan itu tadi. Semoga channel ini bisa membantu anda, bisa membangun anda, supaya anda bisa memiliki kualitas kehidupan yang jauh dan jauh lebih baik. Saya doakan anda memiliki kualitas kehidupan yang jauh lebih baik daripada saat ini. Praktekkan terus..!

Bila anda menyukai channel seperti ini silahkan klik subscribe, dan silahkan share atau bagikan kepada teman-teman anda. Niscaya anda akan berbuat banyak pahala dan membantu mereka memiliki kualitas kehidupan yang lebih baik.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa..!!

Leave a Reply