Bagaimana Menjaga Energi Positif Setiap Hari

0
636

Bagaimana Menjaga Energi Positif Setiap Hari

Klik disini untuk melihat di YouTube

Saya ingin memberikan tips kali ini yaitu : “Bagaimana Menjaga Energi Positif Setiap Hari?”

Baik, menyambung dari video saya sebelumnya yaitu “3 Kebiasaan Kecil yang Dilakukan Orang Sukses Setiap Hari”. Disitu saya pernah membahas tentang apa yang saya lakukan setiap hari.

Jadi nomor satu, jangan pernah lupa bersyukur setiap pagi bangun tidur. Yang kedua, lakukan afirmasi atau auto suggestion. Saya cinta diri saya, saya sangat bahagia, saya pasti bisa. Itu yang saya katakan. Dan yang ketiga, jangan lupa menulis jadwal, apa yang anda lakukan setiap malam. Setiap minggu, setiap bulan, bahkan setiap tahun.

Saya sendiri sudah punya jadwal lengkap. Sekarang ini sudah memasuki akhir tahun 2016. Saya pun bisa mempunyai jadwal untuk sepanjang tahun 2017. Dan itu sudah saya lakukan hampir 15-20 tahun belakangan. Dan saya sudah mempunyai planning yang sangat lengkap, yaitu jadwal saya. Sehingga semua sudah tertata dengan rapi.

Kapan saya travelling, kapan saya harus membuat jadwal, kapan saya harus mengisi seminar, kapan saya harus menemui tim bisnis saya, kapan saya harus mengisi meeting dan sebagainya. Aktivitas saya cukup padat. Dan yang cukup penting, bukan hanya dalam urusan bisnis dan karir. Tetapi saya pun punya jadwal untuk mengurus keluarga saya.

Bahkan kalau saya sedang berada di kota saya, setiap pagi saya masih bisa mengantar anak-anak saya sekolah. Jadi, menjaga energi positif itu mudah sekali. Selain dengan 3 kebiasaan tadi, saya mau memberikan tips tambahan pada video kali ini.

Yang pertama, jangan lupa untuk makan makanan yang sehat. Kebetulan saya seorang vegetarian. Saya sudah menjadi vegetarian baru 20 tahun. Jadi saya menjadi vegetarian sejak usia 19-20 tahun. Sejak 20 tahun yang lalu.

Saya banyak makan buah, saya banyak makan sayur. Itulah pola makan saya setiap hari. Saya selalu makan makanan alami. Perbanyak buah karena itu makanan alkali. Oleh sebab itu, makanan tersebut sangat mendukung jika kita ingin memiliki energi positif. Energi dilihat dari apa yang anda makan. Jika apa yang anda makan setiap hari itu adalah “racun”, atau kita kenal dengan istilah “junkfood”, atau kalau orang Indonesia suka makan gorengan, itu sangat mempengaruhi performa dalam pekerjaan anda. Mempengaruhi fisik anda.

Kalau yang anda makan setiap hari kebanyakan adalah gorengan, tidak banyak makan makanan yang sehat, bergizi. Kemudian anda tidak memperhatikan nutrisi, yang penting “asal kenyang”, hal itu membuat pola hidup anda menjadi berantakan. Karena apa yang anda makan itu mempengaruhi mood anda.

Kalau mood anda menjadi negatif itu tidak salah, karena apa yang anda makan itu asal-asalan saja. Kalau orang Indonesia itu yang penting kenyang. Anda tidak memperdulikan masalah nutrisi.

Bahkan pendiri facebook Mark Zuckerberg, saya dengar juga seorang vegetarian. Bahkan banyak juga tokoh-tokoh dunia seperti Mike Tyson mantan petinju leher beton yang bisa meng “KO” lawannya, ia juga menjadi seorang vegetarian. Dan anda perhatikan banyak bintang-bintang film juga seorang vegetarian. Mengapa? Mereka menjaga performa mereka. Mereka tidak asal makan.

Saya kurang setuju dengan orang Indonesia yang suka makan gorengan, penyetan, suka makanan gurih menggunakan vetsin. Juga terlalu banyak karbohidrat. Semua harus pakai nasi. Bukan tidak boleh makan nasi putih, boleh saja tetapi secukupnya.

Yang kedua, saya sehari makan 3 kali. Saya tidak extreme. Saya setiap pagi makan, siang makan, malam juga makan. Malam pun saya paling lambat makan sekitar jam 6-7 malam. Setelah itu saya tidak makan. Tapi saya perhatikan orang Indonesia terbalik. Justru malam lapar, makan lagi. Lalu besoknya bangun kesiangan.

Lalu bagaimana anda mau menjaga energi yang positif? Kemudian suka makanan yang digoreng. Suka makan ayam, bebek. Itu semua full kolesterol. Menurut saya itu adalah makanan-makanan yang kurang baik. Perbanyaklah makan sayur dan buah. Itu tips dari saya.

Kemudian yang ketiga adalah tentang olahraga. Saya pasti olahraga. Saya seminggu bisa olahraga 5 kali. Jadi anda perhatikan di video-video saya sebelumnya, olahraga rutin saya adalah jogging, renang, kemudian saya juga berlatih bela diri. Saya menemani putra sulung saya berlatih bela diri karena saya mantan atlet taekwondo. Itulah aktivitas saya.

Terkadang saya seminggu 2 kali masih bisa bermain basket. Jadi aktivitas olahraga saya cukup padat karena untuk membakar kalori yang saya makan. Dan karena saya menjaga performa saya seperti itu, maka itu membuat energi positif saya setiap hari terjaga.

Saya tidak pernah menemukan orang yang memiliki energi positif, namun dia malas berolahraga. Saya belum pernah bertemu. Orang yang malas berolahraga, pasti bawaanya selalu suntuk. Selalu galau. Mengapa? Karena mereka tidak biasa bergerak dan tidak biasa beraktivitas.

Saya tidak mengatakan bahwa semua orang harus menjadi olahragawan. Tidak. Tetapi minimal kalau anda memiliki satu aktivitas olahraga, karena itu aktivitas yang positif.

Kemudian kebiasaan berikutnya, saya pasti membaca buku. Salah satunya ini adalah buku “Badai Pasti Berlalu” karya saya sendiri. Dan sekarang saya banyak menemukan audio-audio positif. Yaitu anda bisa menemukan channel-channel yang positif. Anda bisa ikuti bukan cuma channel success before 30, tapi anda juga bisa ikuti channel guru-guru besar di dunia.

Sekarang mereka banyak channel di Youtube, dan anda bisa mendapatkan inspirasi dari mereka. Dengan membiasakan kebiasaan positif seperti ini, maka akan menjaga performa energi positif anda.

Jadi dari apa yang anda makan, pola olahraga anda, kemudian membaca buku pengembangan diri, banyak mendengar audio positif, ini melanjutkan dari video saya sebelumnya. Niscaya kalau anda bisa melakukan kebiasaan positif seperti ini, saya yakin apa yang anda makan, apa yang anda baca, itu semua akan menentukan seberapa baik energi positif anda setiap harinya.

Demikian video dari saya. Jika anda menyukai channel ini, anda bisa klik subscribe dan anda bisa share kepada teman-teman anda. Saya Chandra Putra Negara,

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply