Bagaimana Saya Membangun Bisnis Beromzet Jutaan Dollar Dalam 12 Bulan

0
500

Bagaimana Saya Membangun Bisnis Beromzet Jutaan Dollar Dalam 12 Bulan

 

Ini merupakan proses langkah demi langkah yang dilakukan seorang pengusaha sukses dalam membangun bisnis beromzet jutaan Dollar hanya dalam satu tahun.

Ini adalah kutipan artikel dari anggota The OraclesJames Swanwick. Ia adalah seorang penulis, pengusaha, dan salah satu pendiri Swanwick Sleep. Dan juga CEO dari The 30-Day No Alcohol Challenge.

 

1. Mendapatkan ide

Pada tahun 2014, seorang teman saya datang ke acara makan malam dengan memakai kacamata berlensa tebal, mencolok, jelek, dan berwarna jingga. Saya pikir dia sedang bercanda dengan saya. Kami tidak sedang berada di restoran bintang lima, tetapi orang-orang berpakaian bagus dan berpenampilan tidak sesuai pada tempatnya. Akhirnya, saya bertanya, “Mengapa kamu menggunakan safety glasses?”

Dia menjelaskan bahwa lensa tebal itu dibuat untuk menghalangi radiasi cahaya. Perangkat seperti ponsel memancarkan radiasi cahaya. Hal itu dapat mempengaruhi tingkat melatonin yang dihasilkan tubuh anda, hormon yang membantu kita untuk tidur di malam hari. Intinya, dia mengatakan bahwa radiasi cahaya dapat mengganggu tubuh anda ketika tidur.

Seperti cahaya kilat petir, saya rasa penjelasannya cukup masuk akal. Masalah susah tidur dan kurangnya produktivitas di siang hari mungkin akibat dari paparan berlebih radiasi cahaya di malam hari. Saya memutuskan untuk melakukan percobaan : Saya pulang ke rumah dan mengeluarkan kacamata ski berwarna kuning. Meski terlihat konyol, saya memakainya satu jam sebelum tidur selama satu minggu. Dan hasilnya, saya dapat tertidur dengan nyenyak.

Tapi ada satu masalah. Saya tidak bisa memakainya dalam ‘suasana sosial’ jika tidak ingin orang mengira saya aneh. Karena saya tidak ingin mengganggu pola tidur sehat yang baru saya temukan, saya berpikir keras. “Bagaimana jika saya bisa menciptakan lensa pemblokir radiasi cahaya dan memasukkannya ke dalam bingkai kacamata yang tentunya lebih stylish?”

 

2. Apa yang tidak saya lakukan

Saya tidak mencoba menciptakan produk baru. Saya hanya berinovasi dari produk kacamata yang sudah ada. Kacamata yang dapat  menghalangi radiasi cahaya dan menyesuaikannya menjadi kacamata yang modis. Ada seorang teman saya yang telah berbisnis tikar yoga. Ia berinovasi dengan membuat tikar tersebut lebih panjang satu kaki, dan menyebutnya “extra-long yoga mats”. Ia menghasilkan omzet jutaan dari produknya tersebut.

 

3. Bermitra

Adik laki-laki bungsu saya, Tristan, baru saja meninggalkan pekerjaannya sebagai reporter di sebuah surat kabar. Saya tidak menyukai berurusan dengan produsen, dan karena Tristan adalah reporter investigasi, saya pikir dia bisa menjadi sumber dan mencari tahu produsen China yang layak untuk diajak berbisnis. Saya memutuskan untuk bermitra dengannya. Dia bisa mencari produk dan berurusan dengan produsen, sementara saya berkonsentrasi pada strategi dan pemasaran.

4. Menguji Prototipe

Kami memiliki puluhan prototipe yang dibuat dari tiga produsen China. Ada yang efektif, tapi terlihat jelek. Dan contoh yang lain terlihat modis, namun tidak efektif. Saya harus menciptakan kacamata yang sempurna, sehingga orang akan merasa percaya diri memakainya di berbagai situasi tanpa mengorbankan kualitas dan efektivitas. Saya menyerahkan prototipe tersebut ke teman-teman saya untuk mendapatkan masukan dari mereka. Akhirnya, kami memilih versi saat ini berdasarkan umpan balik mereka.

5. Menguji penjualan via eCommerce

Kami mencoba menjual 300 kacamata melalui Amazon dan diluncurkan pada Black Friday 2015. Pada hari pertama, kami menjual empat. Memang tidak banyak, tapi kami cukup gembira. Keesokan harinya, kami menjual lima. Kemudian enam, tujuh, setiap hari penjualan produk kami semakin bertambah. Dalam dua minggu penjualan berkembang pesat dan terjual habis dalam sebulan.

Hal ini membuktikan bahwa ada pasar yang cocok untuk produk ini. Satu-satunya masalah adalah kami tidak memesan lebih dari 300 kacamata dari produsen. Kami menyadari bahwa saat itu adalah Tahun Baru Imlek dan produsennya libur. Itulah sebabnya kami tidak bisa menjual kacamata pada bulan Januari dan bulan Februari 2016.

Kami menggunakan downtime tersebut untuk mengikuti kursus penjualan di Amazon dan meminta saran dari teman-teman kami. Tapi ketika pesanan berikutnya tiba, rasanya seperti memulai dari awal. Penjualan masuk secara perlahan. Kami kehilangan momentum penjualan yang ‘meledak’ seperti sebelumnya.

Meskipun kembali ke langkah awal, kami mendapatkan beberapa pelajaran berharga di sepanjang perjalanan bisnis. Mempelajari kunci berjualan merupakan bagian dari perjalanan bisnis. Tetapi dengan usaha keras, anda pasti mampu mencapai keberhasilan. Berikut ini adalah beberapa strategi yang anda perlukan untuk mendapatkan omzet tambahan :

– Kredibilitas :

Testimonial pelanggan dapat mempengaruhi orang lain untuk membeli. Dan ini adalah cara yang cukup ampuh. Jadi kami meminta tolong kepada pelanggan untuk merekam testimonial. Saya meminta bantuan dari penyiar radio yang memiliki banyak pendengar podcast. Saya diwawancarai di acara-acara seperti Radio Bulletproof tentang bahaya radiasi cahaya. Kami melihat korelasi langsung antara wawancara podcast dengan lonjakan penjualan.

– Snapchat :

Saya fokus mengembangkan Snapchat following saya dan sering memakai kacamata itu. Tak lama kemudian, pelanggan mulai mengirim foto diri mereka memakai produk tersebut. Saya mengambil screenshot dan membaginya di Snapchat saya. Secara bertahap, lebih banyak pengikut saya yang mulai membeli dan berbagi fotonya di media sosial mereka. Rasanya seperti kita telah menciptakan revolusi kesehatan modern.

– Upselling :

Kami tidak menggunakan strategi upselling sampai akhir tahun 2016. Jika seseorang ingin membeli satu kacamata, mungkin mereka menginginkan kacamata lain dengan harga diskon. Atau mungkin mereka ingin mendapatkan sleeping mask secara gratis. Saat kami menggunakan strategi upselling, kami menghasilkan lebih banyak penjualan dan lebih banyak pendapatan. Tidak melakukan upselling secara tergesa-gesa membuat kami mendapatkan omzet setidaknya $100.000, menggantikan pendapatan yang hilang selama tahun 2016.

– Split Testing

Kami tidak menguji harga, berita utama atau gambar. Kami telah melakukannya dengan sangat baik, namun akan menghasilkan pendapatan dua kali lipat jika kami menguji elemen-elemen ini pada awal proses.

– Memanfaatkan Keahlian

Kami telah bermitra dengan mentor bisnis online pertama saya, yaitu Tai Lopez. Kami memiliki hubungan yang dekat, karena saya adalah penjual terbaik dalam bisnis online Tai Lopez pada tahun 2015. Jadi ketika ia melihat apa yang kami lakukan, ia menyarankan untuk menjadi mitranya. Tai Lopez adalah salah satu influencer media sosial terbesar, dan ia telah mengajari saya banyak hal yang belum saya ketahui tentang pemasaran online. Ia menguasai berbagai strategi dan membantu menaikkan level bisnis kami ke tingkat berikutnya.

Ini merupakan proses langkah demi langkah yang dilakukan seorang pengusaha sukses dalam membangun bisnis beromzet jutaan Dollar hanya dalam satu tahun.

Ini merupakan proses langkah demi langkah yang dilakukan seorang pengusaha sukses dalam membangun bisnis beromzet jutaan Dollar hanya dalam satu tahun.

Ini merupakan proses langkah demi langkah yang dilakukan seorang pengusaha sukses dalam membangun bisnis beromzet jutaan Dollar hanya dalam satu tahun. Berikut ini adalah beberapa strategi yang anda perlukan untuk mendapatkan omzet tambahan :

Leave a Reply