Belajar Dari Kesuksesan Leicester City, Klub Kecil Yang Menjuarai Liga Primer Inggris

0
269

Belajar Dari Kesuksesan Leicester City, Klub Kecil Yang Menjuarai Liga Primer Inggris

l

Image dari Slate.com

Menjadi champion┬ádi salah satu liga sepakbola terbaik di dunia bukanlah pekerjaan yang mudah. Apalagi dengan tim yang bahkan tak memiliki sejarah juara dan sama sekali tidak memiliki pemain bintang di dalamnya. Namun meski itu sangat sulit dan seperti mustahil, tapi Leicester City berhasil meraihnya. Leicester yang disebut tim “kutu” dan dipandang sebelah mata, mereka justru mampu menampilkan karakter luar biasa yang bisa membawa mereka menjadi juara.

Kisah sukses Leicester City ini tengah menjadi perbincangan hangat di dunia. Ada banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil dari apa yang dilakukan oleh tim kecil ini. Di bawah ini adalah beberapa pelajaran yang bisa kita ambil dan kita aplikasikan pada bisnis kita agar bisa lebih sukses dalam mengelola dan menjalankan bisnis.

  1. Tidak Takut Memiliki Cita Cita Besar

Apa yang dilakukan Leicester City sebagai klub kecil adalah mereka tidak pernah takut untuk memiliki cita cita besar. Meskipun hanya tim kecil yang bisa jadi kehadirannya pada awalnya sama sekali tidak dianggap, mereka tetap yakin dan bekerja keras untuk mewujudkan cita cita mereka untuk menjuarai liga Inggris. Dan dengan kerja keras seluruh tim, akhirnya mereka mampu mewujudkan cita cita besarnya.

Anda pun juga harus demikian, memiliki cita cita besar bukanlah dosa, semua orang berhak memilikinya. Tidak takut memiliki cita cita besar adalah awal kita memulai langkah besar yang kemudian akan diaplikasikan pada setiap langkah kita.

 

  1. Tidak Takut Pada Klub Besar

Jika Anda adalah penggemar sepakbola, maka pasti bisa melihat apa yang telah dilakukan oleh Leicester City. Mereka sama sekali tidak minder apalagi takut ketika menghadapi persaingan dengan klub-klub besar di Inggris. Meskipun pada awalnya dulu mereka selalu dianggap sebagai tim underdog, namun lambat laun mereka mampu menunjukkan kualitas mereka dalam mengimbangi klub besar dan bahkan bisa mengalahkannya.

Ini bisa kita simpulkan bahwa segala persaingan sebenarnya memiliki peluang untuk dimenangkan, meski itu kecil. Jika Anda saat ini tengah menjalankan bisnis dan bersaing dengan pemain-pemain kelas kakap, jangan takut dan minder, ingat apa yang dilakukan oleh Leicester City.

  1. Mengutamakan Kerja Tim Untuk Berjuang

Untuk mencapai kesuksesan, ketika Anda bekerja bersama banyak orang, maka jangan lupakan kerjasama tim Anda. Seperti yang kita lihat pada Leicester City, meski mereka tidak bisa bersaing dengan tim lain dalam kualitas pemain bintang, namun faktanya mereka mampu memenangkan pertandingan dengan kerja tim yang solid.

Pelajaran yang bisa kita ambil adalah bahwa ketika kita bersaing dengan bisnis orang lain yang mungkin sudah lebih dulu sukses daripada kita, memiliki modal lebih besar dari kita, maka kerjasama tim yang solid bisa menjadi pilihan strategi yang tepat untuk tetap bisa bersaing dengan mereka.

  1. Bekerja Keras Setiap Waktu

Sebagai tim kecil, tidak ada yang bisa dilakukan kecuali kerja keras dengan penuh semangat dan dedikasi. Untuk mendapatkan prestasi dan mampu bersaing dengan tim besar, maka kerja keras adalah tindakan yang perlu dilakukan. Anda pun juga demikian, jangan mudah menyerah dengan keadaan, meski mungkin persaingan dalam bisnis yang Anda geluti sangat ketat. Kerja keras setiap waktu dan tak kenal lelah akan membawa Anda kepada kesuksesan pada bisnis yang Anda kerjakan.

  1. Menikmati Proses Dengan Enjoy

Beberapa waktu yang lalu, arsitek Leicester, Claudio Ranieri pernah ditanya oleh wartawan tentang kesuksesan Leicester City. Ia kemudian menjelaskan, bahwa dalam melatih ia selalu menekankan kebahagiaan pada setiap orang yang terlibat dalam tim. Bahkan ketika dalam suasana berlatih pun Ranieri selalu menekankan betapa pentingnya suasana senang dalam tim. Setiap pemain tidak boleh merasa tertekan dengan apa yang mereka lakukan agar bisa menghasilkan sesuatu yang maksimal.

Anda pun juga harus demikian, menikmati setiap proses dalam berbisnis dengan bahagia akan lebih bisa membuat Anda menjadi orang yang berpikir positif. Dengan sendirinya keadaan ini akan memunculkan energi positif yang tentunya akan sangat berguna untuk menghadapi segala kesulitan dalam berbisnis.

Dikutip dari : www.maxmanroe.com

Leave a Reply