Cara Menabung Untuk Mempersiapkan Pernikahan dengan Rp 27000,-

0
811

Cara Menabung Untuk mempersiapkan Pernikahan dengan Rp 27000,-

Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Pada episode kali ini saya kembali membahas masalah finansial, dan otomatis saya akan sharing. Ini adalah video yang paling ditunggu-tunggu oleh jomblo di seluruh Indonesia. Mengapa demikian? Karena saya akan bicara tentang bagaimana mempersiapkan dana untuk pernikahan. Ini yang anda tunggu-tunggu, bukan? Oke, judul saya kali ini adalah “cara menabung untuk mempersiapkan pernikahan dengan Rp 27.000,-“.

Nah, ini yang ditunggu-tunggu. Jadi saya melihat banyak sekali para subscriber di kolom-kolom comment, mereka galau. ‘Saya sudah bekerja sekian tahun dan saya punya penghasilan sekian’. Tetapi ketika ditanya oleh calon mertua anda, “Kapan anak saya dilamar?” Jawaban anda hanya diam, tidak berani bicara.

“Iya pak, segera..”

“Iya pak, begini..”

Tetapi anda tidak bisa memberikan tanggal yang pasti. Jadi otomatis para subscriber, anda mau melamar pasangan anda malah tidak berani. Apalagi kalau berhadapan dengan calon mertua anda. Larii.. Iya ‘kan? Kenapa? Karena galau. Karena untuk penghasilan sehari-hari saja sudah bingung, apalagi mau mempersiapkan pernikahan? Untuk menghidupi diri sendiri saja tidak bisa, apalagi hidup dengan calon pasangan anda?

Ingat, pernikahan bukan cuma masalah bersatunya antara pria dengan wanita. Tetapi pernikahan ini harus dipersiapkan. Di Indonesia, angka perceraian dari tahun ke tahun semakin tinggi. Dan anda tahu, angka perceraian yang paling besar itu bukan di usia tua. Tapi angka perceraian yang paling banyak itu di antara mereka yang berusia di bawah 30 tahun. Saya mendapatkan datanya dari Pengadilan Tinggi.

Jadi, mengapa angka perceraian sangat tinggi? Faktornya cukup banyak. Tapi salah satu faktor yang terbesar adalah KURANGNYA PERSIAPAN DI DALAM PERNIKAHAN. Karena pernikahan dengan pacaran itu berbeda, sahabat entrepreneur. Jadi, pernikahan itu adalah sesuatu yang harus dipersiapkan. Dan persiapan pernikahan yang sangat penting, salah satunya adalah anda harus mempersiapkan PERSIAPAN FINANSIAL.

Ingat, anda menikah itu adalah dari hidup sendiri menjadi hidup berdua.

Apalagi kalau mungkin setelah anda menikah, tidak lama kemudian anda memiliki anak. Satu tahun kemudian anda memiliki anak, semua bahagia. Tetapi begitu anak keluar, sudah menghabiskan biaya lagi. Jadi banyak orang yang akhirnya tidak berani menikah. Di kota-kota besar di seluruh dunia, sekarang banyak orang yang tidak berani menikah. Tetapi di Indonesia mungkin masih sebagian besar, mereka sangat berani menikah cepat. Namun mereka tidak mempertimbangkan berbagai pertimbangan seperti di atas.

Oleh sebab itu, saya sangat menyarankan anda untuk menonton video saya sebelumnya, yaitu “Menikah atau Membangun Karir Terlebih Dahulu?“. Saya membicarakan ini sesuai dengan pengalaman pribadi. Tentu ada yang tidak setuju dengan pendapat saya. Dan itu terserah pada anda. Mungkin anda lebih setuju dengan pendapat orang lain, pendapat orang tua anda atau pendapat siapapun yang anda anggap sebagai mentor pernikahan.

Tidak masalah, saya tidak memaksa anda harus seperti saya. Tetapi kalau anda bertanya pada saya, saya jawab seperti di dalam video tersebut. Itulah jalan hidup saya. Disini mengapa saya tulis 27 ribu Rupiah? Anda pasti bertanya-tanya, bagaimana maksudnya menabung 27 ribu?

Saya memiliki asumsi, anda simak disini baik-baik. Di dalam pernikahan, yang pertama harus dipersiapkan adalah pestanya. Yang kedua, gaun pernikahan atau pakaian pernikahan. Jadi apakah anda mau menggunakan pakaian sesuai adat istiadat, suku, atau agama masing-masing.

Kemudian yang ketiga yang harus dipersiapkan juga, bukan pernak-pernik/souvenirnya. Tetapi nanti, setelah menikah anda mau kemana? Ini masalah yang paling besar. Jadi, banyak sekali pasangan-pasangan muda sekarang ini yang galau. Galaunya adalah, mereka mempersiapkan pestanya saja sudah pusing 7 keliling. Sebetulnya itu tidak seberapa dibandingkan dengan hari setelah anda menikah. Anda akan menjalani hidup bersama, dan biaya sudah mulai berjalan. Argonya sudah jalan.

Kalau anda tidak mempertimbangkan itu, anda tidak mempersiapkan, maka akhirnya banyak orang setelah menikah justru menjadi stress. Mereka berusaha ini, itu, dan sebagainya.

Tidak ada salahnya kalau anda sudah mempersiapkan.

Saya tahu, banyak sekali motivasi-motivasi di luar sana yang mengajarkan menikah saja dulu, nanti rezekinya datang sendiri. Menikah saja dulu, nanti pasangan anda akan membawa rezeki. Menikah saja dulu, nanti begini dan begitu..

Saya bilang itu semua tidak ada yang salah. Tapi alangkah baiknya kalau anda mempersiapkan semuanya. Ini yang paling penting. Saya setuju, bahwa setelah menikah nanti rezeki akan bertambah banyak. Saya tidak menolak perkataan tersebut. Tetapi saya ingin menekankan kepada para subscriber saya, tidak ada salahnya sebuah kata “PERSIAPAN”. Ini yang paling penting.

Banyak pasangan muda di Indonesia yang tidak ada persiapan. Pokoknya bondo nekat, kata orang Surabaya. BONEK. Saya katakan, anda nekat itu tidak salah. Tetapi jauh lebih baik kalau ada persiapan, bukan? Inilah kata kuncinya.

Oleh sebab itu sahabat entrepreneur, disini saya akan mengajarkan. Kenapa harus 27 ribu? Saya ada dasar perhitungannya. Tentu kalau di kota-kota besar, ada yang untuk mengadakan pesta pernikahan saja sampai habis 2 Milyar. Bahkan ada yang sampai menghabiskan 5 Milyar, tergantung status ekonomi anda. Kalau mungkin anda memiliki kemampuan, satu malam pesta sampai habis puluhan Milyar pun ada.

Souvenir pernikahannya saja, saya dengar ada seorang pengusaha dari India yang memberi souvenir jam tangan Rolex. Coba anda bayangkan. Satu jam tangan Rolex itu seharga berapa? Dan itu adalah merk Rolex asli, bukan Rolex Kebayoran, Rolex dari jakarta atau Mangga Dua. Satu jam tangan Rolex saja harganya sudah 100 juta lebih. Lalu kalau tamu pernikahannya ada 5 ribu orang? Souvenirnya saja sudah habis berapa puluh Milyar? Bisa anda bayangkan?

Tetapi saya hari ini tidak ingin membahas itu. Saya berbicara tentang di Indonesia yang pada umumnya ekonomi rata-rata. Oleh sebab itu, ada yang bilang, “budgetnya berapa?” “Habis 500 juta sekali pesta”. Ada juga, “Acara pernikahan yang sederhana saja, 10 juta sudah cukup”. Baik, hari ini saya akan angkat dengan satu angka.

Yang terpenting disini adalah pesta pernikahan.

Dan cukup untuk anda berbulan madu jarak dekat. Akhirnya saya bertemu satu angka, yaitu 50 juta Rupiah. Lalu darimana hitungan 27 ribu Rupiah? Anda lihat disini perhitungannya. 50 juta Rupiah tersebut saya asumsikan anda mulai dari sekarang menabung untuk persiapan pernikahan 5 tahun lagi. Saya ulangi, menabung 50 juta untuk 5 tahun ke depan.

Ini artinya, per tahun anda harus mempersiapkan 10 juta. 10 juta itu darimana? Anda harus membaginya dengan 365 hari. Akhirnya, kita bertemu dengan angka 27 ribu. Jadi artinya, kalau anda mau disiplin menabung 27 ribu per hari, anda bisa mempersiapkan pernikahan 5 tahun dari sekarang dengan budget 50 juta. Anda pasti berpikir, “budget pernikahan saya 200 juta, Pak..” Hasil yang tadi tinggal anda kali 4. Jadi 27 ribu dikali 4.

“Pak, budget pernikahan saya 500 juta”. 27 ribu tinggal anda kali 10. Berarti satu hari anda harus menabung 270 ribu. “Pak, ternyata budget pernikahan saya hanya 10 juta”. Ya sudah, anggap saja 40 jutanya anda tabung untuk mengontrak rumah, atau apa saja. Intinya, saya menetapkan budget 50 juta.

Jadi, ‘relatif setiap orang’. Saya tidak mengatakan bahwa setiap orang menabung untuk pesta pernikahannya harus dengan 27 ribu Rupiah per hari. NO. Saya asumsikan 50 juta, jadi jangan salah tangkap. Dan jangan bertanya lagi di kolom comment, “Pak, budget pernikahan saya 500 juta. Kayaknya tidak cukup kalau hanya 27 ribu”. Tolong lihat video ini baik-baik. Sudah saya jawab, Sekali lagi, asumsi di depan pesta pernikahan dan segala sesuatunya cukup 50 juta. Tentu ada yang merasa kurang, ada yang merasa cukup, dan ada yang merasa lebih. Itu semua kembali kepada anda. Saya tidak mungkin bisa menjawab semuanya.

Sekali lagi, budgetnya hanya 50 juta. Jadi kalau anda ingin pesta pernikahan dengan budget 500 juta, silahkan. Anda ingin budget 1 Milyar, silahkan. Tidak ada yang melarang, tinggal anda menggunakan faktor kali.

Persiapannya selama 5 tahun

Kenapa harus 5 tahun? Menurut saya, 5 tahun itu waktu yang ideal. Kalau anda berpacaran dengan pasangan anda untuk mengenal satu sama lain. Saya kira setelah kita saling mengenal satu sama lain, kita mempersiapkan bersama. Itulah pasangan yang dewasa. Jadi jangan cuma pacaran seperti gaya anak muda masa kini. Pernikahan yang baik adalah bagaimana anda memikirkan segalanya berdua, bukan cuma memikirkan seorang diri.

Tetapi kalau anda memikirkan berdua, bersama-sama, membuat financial planning berdua setelah pernikahan harus bagaimana, niscaya 100% kalau anda sudah terbiasa melakukan segalanya berdua, maka anda bisa pacaran nanti, setelah menikah. Bukan pacaran sebelum menikah. Jadi artinya apa? Anda sudah terbiasa melakukan segala hal berdua. Itulah calon pasangan yang baik.

Tapi kalau pasangan anda belum apa-apa sudah protes, sudah menuntut segera dinikahi dan sebagainya tetapi tidak mau memikirkan solusi berdua. Pertimbangkan baik-baik apakah anda cocok menjadikan dia sebagai pasangan. Tetapi kalau anda hari ini sudah bisa komitmen berdua, ingat, saya beritahu anda. “PERNIKAHAN ITU HARUS KOMITMEN”. Pernikahan itu masalah berdua, bukan masalah orang tua.

Jadi, orang tua boleh memberikan saran. Tetapi tidak boleh memberikan intervensi. Jadi kalau sebuah pernikahan sudah diintervensi, pernikahannya akan tidak baik. Tetapi kalau pernikahan itu dipikirkan berdua, solusi dipikirkan berdua, segala sesuatunya berdua, maka anda sudah membangun pondasi pernikahan yang kokoh. Karena apa? Karena lain kali ketika anda menghadapi masalah rumah tangga, anda harus menghadapinya berdua. Masalah anak, hadapi berdua. Masalah mertua, hadapi berdua. Ada masalah dengan lingkungan luar, hadapi berdua.

Ketika komunikasi antara anda berdua terjalin dengan baik, niscaya pernikahan anda akan luar biasa. Dan mempersiapkan pesta itu cuma ujian awal untuk anda memasuki rumah tangga yang kokoh. Kalau rumah tangga anda kokoh, segala masalah dipecahkan berdua, niscaya pernikahan anda akan sangat hebat dan luar biasa.

Baik sahabat entrepreneur, hari ini saya juga tidak ingin memberikan tips pernikahan yang bahagia itu bagaimana.

Tetapi sebetulnya video singkat ini sudah mengajak anda berdua untuk berpikir.

Jadi kalau anda menonton video ini, tolong diskusi dengan pacar anda. Diskusi dengan pasangan anda. Setelah menonton video ini, anda sharing berdua. Niscaya saya doakan pernikahan anda menjadi sangat bahagia dan sangat hebat luar biasa.

Bila anda menyukai channel seperti ini silahkan klik like, jangan lupa memberikan komentar positif, dan saya akan senang sekali membacanya. Jangan lupa subscribe, di sebelah kanan bawah ada lonceng, silahkan anda klik. Maka setiap ada video baru, anda menjadi yang pertama mendapatkan prioritas. Sukses untuk anda, selalu salam hebat luar biasa..!!

Pernikahan itu adalah sesuatu yang harus dipersiapkan. Salah satunya adalah anda harus mempersiapkan PERSIAPAN FINANSIAL.

Pernikahan itu adalah sesuatu yang harus dipersiapkan. Salah satunya adalah anda harus mempersiapkan PERSIAPAN FINANSIAL.

Pernikahan itu adalah sesuatu yang harus dipersiapkan. Salah satunya adalah anda harus mempersiapkan PERSIAPAN FINANSIAL. Judul saya kali ini adalah "cara menabung untuk mempersiapkan pernikahan dengan Rp 27.000,-"

Leave a Reply