Cara Mencari Mentor yang Tepat untuk Memandu Anda Mencapai Kesuksesan

0
1045

Cara Mencari Mentor yang Tepat untuk Memandu Anda Mencapai Kesuksesan

 

Ketika saya baru memulai bisnis, saya terlihat memiliki keberanian dan kesombongan. Sepertinya saya merasa bahwa apa yang saya lakukan adalah yang paling benar. Bahkan saya merasa akan tetap baik-baik saja.

Namun, pada akhirnya saya hampir tidak tahu apa yang akan saya lakukan kemudian. Saya bingung, apakah akan mencoba menggunakan mentalitas “memalsukan perasaan saya di hadapan orang lain sampai saya mampu menunjukkan kesuksesan saya”. Atau saya bisa mengadopsi pendekatan “kenali terlebih dahulu sebelum mengembangkannya”.

Lalu saya menggunakan pilihan yang kedua. Dan saya bersyukur karena telah memiliki keberanian untuk menepiskan ego yang saya miliki dan meminta bantuan, wawasan dan bimbingan orang lain.

Saya juga membutuhkan mentor untuk menjadi ‘cheerleader’ saya. Meskipun saya adalah tipe orang yang selalu membanggakan diri dan tidak membutuhkan dorongan eksternal, saya harus mengakui sesuatu. Bahwa pada sudut gelap dalam diri saya (tersembunyi oleh kemampuan saya untuk selalu terlihat tegar), ada bagian dari diri saya yang suka jika dipuji bahwa saya melakukan sesuatu dengan baik. Dan jika diberi motivasi bahwa proyek saya berharga, dan saya bisa mencapainya.

Terkait: Alasan Mengapa 5 Orang di Sekitar Anda Krusial untuk Kesuksesan Anda

Saya tidak pernah tahu mengapa kita menyebut orang-orang tersebut sebagai mentor. Dalam kasus saya, ada orang-orang di sekitar saya yang membantu saya keluar dari masalah. Tentu saja 10 tahun yang lalu ketika saya memulai menjadi pengusaha, tidak ada tempat bimbingan resmi seperti saat ini. Kata mentor hampir tidak pernah ada di dalam percakapan. Tidak ada yang berbicara tentang bagaimanaa cara mencari orang lain  yang sudah lebih dahulu mencapai kesuksesan. Karena saat itu, entrepreneur sejati melakukan segala hal sendirian.

Syukurlah, hal ini telah berubah dan pengusaha juga telah menjalankan cara lain untuk bisa sukses. Dari bekerja keras sendirian untuk menemukan cara sukses, berubah menjadi saling bekerja sama. 

“Kolaborasi adalah cara terbaik untuk dapat membangun bisnis”

Akhir-akhir ini saya sering mendengar pengusaha berkata, “Saya butuh seorang mentor”. Berikut adalah 5 hal yang perlu anda tanyakan pada diri anda sebelum mencari mentor :

  1. Secara khusus, apakah kekurangan saya dalam hal keterampilan atau pengetahuan yang bisa dilengkapi oleh mentor bisnis saya?
  2.  Apa saja tiga keterampilan yang saya inginkan dari mentor agar saya dapat menilai bahwa ia adalah mentor profesional?
  3. Secara umum, apakah tiga aturan yang saya inginkan dalam mengembangkan hubungan antara mentor dengan saya? (Berapa banyak saya harus bertatap muka dalam seminggu dengan mentor tersebut? Dan apakah saya juga perlu konsultasi via e-mail? Apakah saya juga akan berbicara tentang hal-hal di luar pekerjaan?)
  4. Apa saja yang dapat menghambat kemampuan saya untuk menyerap manfaat secara maksimal dari seorang mentor yang terbuka, jujur, dan terampil?

  5.  Apa yang saya dapatkan dari seorang mentor?

 

Untuk menentukan langkah berikutnya, anda perlu melihat jawaban anda dan mencari tahu tentang orang yang anda kenal. Anda juga harus memiliki akses atau mengembangkan hubungan dengan orang yang dapat membimbing anda. Anda mungkin memerlukan tiga orang yang sangat berbeda untuk membantu anda mendapatkan semua hal yang anda cari. Mungkin anda memerlukan orang-orang ini dalam jangka waktu yang berbeda. Beberapa orang selama dua bulan, dan beberapa orang selama dua tahun.

Orang tua atau teman mungkin memenuhi salah satu peran tersebut. Meskipun sebelumnya anda tidak pernah terpikirkan bahwa mereka bisa menjadi mentor anda. Menemukan orang yang tepat atau orang yang akan membutuhkan waktu. Dan kualitas hubungan yang anda kembangkan dengan mentor anda akan ditentukan oleh kualitas pekerjaan yang telah anda klarifikasi untuk menaikkan level bisnis anda ke tingkat berikutnya.

Saya tidak akan pernah merasa benar jika saya belum berkonsultasi dengan mentor pertama, yaitu ibu dan ayah saya. Saya juga memiliki pengacara yang selalu berada di samping saya dalam melalui masa-masa gelap ketika bisnis saya sedang sulit.

Bahkan, mereka memberi pelukan ketika saya menangis.

Saya bersyukur karena mereka selalu ada ketika saya merasa down. Pada akhirnya, saya mampu mencapai kesuksesan.

Jika anda memiliki mentor, berikan ucapan terima kasih untuknya. Anda harus berterima kasih pada orang yang paling mengerti anda. Dan biarkan ia tahu bahwa perubahan pada diri anda sangat berarti bagi anda, bisnis anda, keluarga anda. Segalanya menjadi semakin meningkat dengan adanya hubungan ini.

Jika anda tidak memiliki mentor atau tidak memiliki orang yang tepat, mulai sekarang : Jawablah lima pertanyaan di atas. Temukan orang yang tepat. Dapatkan ‘kekuatan wirausaha’dari dukungan orang lain.

Ingat : Mentor adalah kekuatan rahasia di balik seorang pengusaha sukses. Terkadang anda tidak sepenuhnya menyadari bahwa anda memiliki mereka sampai anda bertanya, “Jadi, bagaimana caranya sehingga anda bisa menjadi orang sukses?”

Berikut adalah 5 hal yang perlu anda tanyakan pada diri anda sebelum mencari mentor.

Berikut adalah 5 hal yang perlu anda tanyakan pada diri anda sebelum mencari mentor.

Akhir-akhir ini saya sering mendengar pengusaha berkata, "Saya butuh seorang mentor". Berikut adalah 5 hal yang perlu anda tanyakan pada diri anda sebelum mencari mentor. Jika anda tidak memiliki mentor atau tidak memiliki orang yang tepat, mulai sekarang : Jawablah lima pertanyaan berikut ini..!!

Leave a Reply