Entrepreneur Smarts : 30 Pelajaran Wirausaha yang Saya Pelajari Dalam Usia 30 Tahun (Eps.2)

0
635

Entrepreneur Smarts : 30 Pelajaran Wirausaha yang Saya Pelajari Dalam Usia 30 Tahun (Eps. 2)

 

Sahabat entrepreneur, kali ini saya akan membahas poin ke 16 sampai 30 dari 30 pelajaran wirausaha yang saya pelajari dalam usia 30 tahun episode kedua :

Berinvestasilah di dalam diri anda, dan ikutilah mimpi anda..!!

16. Anda harus menjalin komunikasi yang baik dengan keluarga anda

Saya sering bertengkar dengan salah satu saudara perempuan saya. Itu adalah hal yang bodoh. Keluarga saya telah memberikan saya begitu banyak pelajaran untuk sebagian besar hidup saya. Dan saya tidak akan bisa berada disini tanpa mereka.

17. Berinvestasilah untuk dirimu sendiri

Pakar penjualan Grant Cardone pernah menyuruh saya untuk menghabiskan seluruh uang saya untuk berinvestasi pada diri saya sendiri. Pelajari, mengapa hal ini penting dan mengapa hal ini menjadi fokus utama bagi saya sekarang.

18. Mencari coach dan mentor yang hebat

Saya akan sering terbawa emosi dan kacau jika tidak memiliki pelatih dan pembimbing yang luar biasa. Mereka tahu bagaimana cara mendapatkan hasil maksimal dan mengajari saya cara untuk melepaskan ego. Juga bagaimana cara bekerjasama dengan tim, berkorban dan masih banyak lagi.

Dunia bisnis akan menjadi tempat yang lebih baik dengan adanya pelatih yang hebat. Temukan satu untuk setiap aspek kehidupan anda. Dan mintalah agar mereka memotivasi anda untuk menjadi lebih baik setiap harinya.

19. Bangunlah tim pendukung di sekitar anda

Saya memiliki dewan penasehat pribadi yang sering saya hubungi. Inilah orang-orang yang saya kagumi dan saya percaya. Saya meminta mereka untuk membantu saya keluar dari ‘omong kosong’ yang saya buat. Dan juga memberi saya umpan balik saat saya membutuhkannya. Tidak ada orang yang dapat mencapai kesuksesannya seorang diri. Temukanlah dukungan yang anda butuhkan.

20. Ikutilah mimpimu, tak peduli apa yang terjadi

Tidak masalah berapa usia anda atau sedikitnya pengalaman anda, tidak ada kata terlambat untuk mengikuti mimpi anda. Anda akan merasa puas begitu anda melakukannya. Dan anda tidak akan pernah menyesal akan mengejarnya.

21. Maafkan diri anda dan juga orang lain

Sahabat entrepreneur, apakah anda sudah membuat banyak kesalahan dan melakukan beberapa hal bodoh sepanjang hidup anda? Tidak apa-apa, jangan terlalu khawatir. Maafkan diri anda, dan juga maafkan orang lain yang telah membuat kesalahan pada diri anda. Fokuslah pada belajar dari kesalahan di masa lalu dan berusahalah untuk tidak melakukannya lagi.

22. Jangan biarkan kegagalan menahan anda kembali

“Saya telah berulang kali gagal dalam hidup saya. Dan itulah sebabnya mengapa saya berhasil”. – Begitulah kata yang diungkapkan oleh Michael Jordan, legenda basket terkenal di dunia.

23. Tetap konsisten dengan kata-kata anda

Jangan mengatakan bahwa anda akan melakukan sesuatu, terkecuali jika anda mampu menyelesaikannya. Belajarlah untuk mengatakan “tidak” jika anda memiliki terlalu banyak tugas dan tidak dapat menyelesaikan semuanya.

24. Bayarlah hutang anda

Terkadang, berhutang itu bagus untuk membangun bisnis, kredit barang, meminimalkan risiko dan sebagainya. Tapi ada beberapa orang yang melakukan hutang hanya untuk mengikuti gaya hidup mereka dan supaya terlihat kaya. Jika terpaksa berhutang, maka bayarlah hutang yang membebani anda secara konsisten. Karena semakin cepat anda melunasinya, maka anda akan merasa semakin lega.

25. Belajar di luar kelas

Tidak banyak yang saya ingat dari buku teks di sekolah. Bagian terbaik tentang sekolah bagi saya adalah mempelajari keterampilan orang dan membangun hubungan. Semua yang saya ketahui tentang bisnis, pemasaran, dan mencari nafkah berasal dari mentor dan belajar di luar kelas. Temukan mentor yang tepat, dan segeralah TAKE ACTION..!!

26. Kelilingi diri anda

Kelilingi diri anda dengan orang-orang yang lebih pintar dari anda.
Satu-satunya cara untuk berkembang adalah bersaing dengan lawan yang kuat atau bergaul dengan orang-orang yang lebih cerdas daripada anda. Saya selalu menjadi orang terbodoh di antara mereka, dan saya berniat untuk tetap seperti itu sampai saya mendapatkan semua ilmu dari mereka.

27. Berbahagialah walaupun anda tidak memiliki apa-apa

Ini bukan perasaan senang saat anda tidak punya tempat tinggal dan tidak mampu membeli makanan sendiri. Saya tidak merekomendasikan anda melakukannya dengan sengaja sebagai percobaan. Tetapi setelah merasakan hidup sebagai orang ‘tidak punya’ sebelumnya, membuat saya merasa bahagia menjalani hidup ketika saya telah meraih kesuksesan. Saya menyukai hal-hal mewah seperti orang pada umumnya. Namun beberapa orang paling bahagia di dunia ini adalah mereka yang hidup sederhana.

28. Belajarlah dari hubungan anda

Orang-orang akan datang dan pergi, begitu juga dengan hubungan. Belajarlah dari yang baik maupun buruk, dan tetap setia pada pendirian anda sendiri dalam menjalin hubungan sosial. Jangan biarkan mereka mengubah anda menjadi seseorang yang tidak anda inginkan.

29. Lakukan sesuatu yang luar biasa

Anda punya kesempatan untuk’ meninggalkan warisan’ selama hidup anda. Apa yang ingin anda tinggalkan untuk anak cucu anda? Setiap hari selama hidup anda adalah kesempatan untuk melakukan sesuatu yang luar biasa..!

30. Ajukan pertanyaan yang tepat

Pertanyaan yang tepat dapat memberikan inovasi, memecahkan masalah, menciptakan kemitraan yang kuat dan membantu kita menjalani kehidupan yang lebih baik.

Sahabat entrepreneur, kali ini saya akan membahas poin ke 16 sampai 30 dari 30 pelajaran wirausaha yang saya pelajari dalam usia 30 tahun episode kedua :

Sahabat entrepreneur, kali ini saya akan membahas poin ke 16 sampai 30 dari 30 pelajaran wirausaha yang saya pelajari dalam usia 30 tahun episode kedua :

Sahabat entrepreneur, kali ini saya akan membahas poin ke 16 sampai 30 dari 30 pelajaran wirausaha yang saya pelajari dalam usia 30 tahun episode kedua :

Leave a Reply