Ingin Menjadi “Luar Biasa” Dengan Startup Anda? Anda Punya 100 Hari Untuk Mewujudkannya..!

0
296

Ingin Menjadi “Luar Biasa” Dengan Startup Anda? Anda Punya 100 Hari Untuk Mewujudkannya..!

Pengusaha tahu bahwa ide-ide inovatif dan produk baru dapat mempertahankan usaha mereka, tetapi banyak pengusaha yang berinvestasi dalam proses pengembangan yang panjang sehingga inovasi mereka tidak pernah terwujudkan.

Perusahaan berjuang menghadapi tenggat waktu untuk membuat produk baru. Hal seperti ini membutuhkan waktu yang lama agar seluruh rekan bisnis menyepakati pembuatan produk. begitu banyak waktu yang terpakai, sehingga tidak ada satupun pengusaha yang membiarkan produk mereka gagal laku di pasaran. Mereka membuang uang, waktu dan usaha bukan untuk menunda dan gagal.

Dalam survei terbaru dari manajer di 500 perusahaan besar di Amerika Serikat, 67% mengakui bahwa perusahaan mereka terlalu menghindari risiko, dengan kekalahan 82%, mereka mengatakan bahwa mereka tidak membedakan pendekatan mereka antara jangka panjang dan inovasi inkremental. Setiap proyek melalui waktu, uang dan rumus melelahkan yang sama.

Untuk beberapa perusahaan besar, butuh kurang lebih 18 bulan sebelum produk siap dipasarkan. Tapi banyak yang bisa berubah dalam 18 bulan. Dan biasanya, apa yang tampak revolusioner akan segera menjadi masa lalu. Untuk menghindari skenario ini, pengusaha harus merangkul jadwal yang ketat dan tenggat waktu yang tepat, dua hal ini merupakan perjuangan perusahaan besar untuk mempertahankan eksistensinya.

Setiap kali tim saya bekerja dengan klien, kami menetapkan tenggat waktu satu minggu untuk mengidentifikasi peluang. Setelah itu, kami siap menghadirkan demonstrasi kepada manajemen senior.

Satu minggu sudah cukup sempurna untuk pendekatan kami. Termasuk cukup lama untuk menghasilkan pekerjaan yang berarti, tetapi juga cukup singkat untuk dapat meminjam ahli domain senior dari perusahaan, menarik mereka dari tanggung jawab sehari-hari mereka demi meminjamkan pikiran mereka untuk proyek.

Kami bekerja sama untuk mengidentifikasi produk, bekerja keras sepanjang malam untuk mengejar batas waktu.

Setelah sampai pada hari H, kami bertujuan memberikan produk yang layak minimum dalam 100 hari. Dengan jadwal yang ketat ini, kami memaksakan diri untuk membatasi fokus kami.

18 bulan produk tersebut dibangun. Puluhan, bahkan ratusan komponen baru dikembangkan, dan pengujian menjadi luar biasa. Dengan 100 hari, kami memastikan bahwa kami fokus pada pemecahan masalah tunggal dan tidak ikut campur di dalam proses.

Berikut adalah empat tips untuk anda mewujudkan impian anda dalam 100 hari :

 

1. Sistem yang lebih kuat dari ide-ide.

Sebuah ide yang baik hanya akan tetap pada pikiran anda. Selama tahun 2008, Yahoo mengakui bahwa ponsel akan menjadi sesuatu yang “hits” , tetapi perusahaan tidak memiliki sistem yang dibutuhkan untuk menempatkan pengetahuan di dalamnya.

Situs membutuhkan implementasi. Menetapkan tenggat waktu perantara dan jadwal inovasi akan membangun sistem yang tepat untuk sukses.

 

2. Setiap tesis membutuhkan pengujian yang ketat.

Tidak semua konsep layak digunakan, dan tidak setiap produk dapat bernilai tinggi. Cara untuk menentukan apakah anda punya peluang menjadi pemenang adalah dengan pengujian. Bahkan Plentyoffish, situs kencan internet dengan lebih dari 90 juta pengguna, terus melakukan pengujian berkala untuk memastikan bahwa produk yang ditawarkan paling layak dan bisa “dijual” pada pelanggan.

Membeli iklan banner, berbicara dengan klien yang sudah ada, dan melihat apakah pengguna potensial bersedia untuk menaruh uang mereka di atas meja. Jika tidak ada yang menunjukkan minat, buang konsep tersebut dan carilah yang baru.

 

3. Inkubasi melahirkan inovasi.

Ketika pengujian anda menunjukkan anda telah menemukan produk yang kredibel, dapatkan inkubasi. Bangun anggaran dan tetapkan jadwal untuk sukses.

Google X, inovasi pada internet raksasa ini menghasilkan investasi besar dalam proyek-proyek yang dapat membuktikan kelayakan mereka. Kemudian berikan tim otonomi yang diperlukan untuk mewujudkannya dengan cepat.

 

4. Sukses membutuhkan analisis dengan kepala dingin.

Setelah produk anda dibuat dan diuji, anda harus mengabdikan waktu anda untuk mengubahnya menjadi sebuah bisnis. Tapi jangan takut untuk menutup sebuah proyek yang gagal. Perusahaan Nordic LANTMANNEN menetapkan panduan keuangan untuk proyek-proyek yang inovatif. 6% pertumbuhan di bisnis utama dan 2% dalam proyek-proyek baru.

Beberapa produk mungkin memerlukan investasi tambahan uang atau waktu, tapi kelonggaran di dalam 2 hal ini tidak dapat menjadi “default”. Tetaplah berpikir dengan kepala dingin. Cobalah untuk mengevaluasi apakah suatu produk dapat berputar kembali dalam market place atau perlu berkembang menjadi bisnis baru dan menjatuhkan setiap hal yang membahayakan kesuksesan anda.

Inovasi tidak selalu datang dari ide-ide yang baik dan penolakan dari produk buruk yang gagal. Hal ini membutuhkan pendekatan terstruktur dengan jadwal yang ketat dan anggaran. Menghabiskan waktu selama 18 bulan, mencoba untuk memaksa keluar dari masalah hanya akan menempatkan bisnis anda pada risiko.

Salam hebat luar biasa !!

 

Terjemahan dari kisah :

Henrik Werdelin

Managing Partner of Prehype

Leave a Reply