Ingin Merintis Usaha Kuliner? Tirulah 7 Tips Dari Bob Sadino

0
195

Kemeja putih lengan pendek dan celana pendek, siapa lagi kalau bukan Bob Sadino. Pengusaha sukses yang satu ini memang terkenal nyentrik. Nah, untuk Anda yang sedang merintis usaha diusia muda, belajarlah dari Bob Sadino. Semoga 8 tips ini bermanfaat bagimu.

Memiliki Kemauan

Hal ini seperti kekuatan yang membantu Anda mencapai tujuan. Anda tidak akan bisa membangun suatu bidang usaha tanpa memiliki kemauan. Kemauan dalam diri Anda akan membantu Anda untuk terus belajar dalam menekuni bidang usaha Anda. Tanpa kemauan, usaha Anda takkan bertahan lama atau malah Anda takkan memulainya sama sekali.

Komitmet

Hal ini dapat diihat dari sikap Anda. Ketika merintis suatu bidang usaha, berjanjilah untuk setia padanya. Dengan berkomitmen padanya, Anda memiliki keteguhan hati untuk terus bekerja keras dalam memajukan usaha Anda.

Bersikap Luwes Terhadap Pelanggan

Setiap pelanggan ingin diperlakukan dengan sopan. Dalam memajukan usaha Anda, sikap ini sangat dibutuhkan. Anda hanya perlu membuka diri dalam menyambut pelanggan Anda. Sambut mereka dengan senyuman ramah. Tidak perlu bersikap arogan, atau berusaha menunjukkan bahwa Anda adalah seorang bos dan Anda lebih pintar dari mereka.

Mengutamakan Kepuasan Pelanggan

Bidang usaha yang satu ini membutuhkan banyak pelanggan agar terus bertahan. Oleh sebab itu pelanggan adalah raja dan pemilik adalah orang yang melayani. Selalu luangkan waktu untuk mendengarkan saran dan keluhan dari pelanggan Anda. Hal ini akan membantumu dalam meningkatkan kualitas bidang usaha Anda.

Diawali Kegagalan

Semua bidang usaha akan mengalami pasang surut. Kegagalan adalah hal yang biasa. Yang tidak wajar adalah ketika Anda menyerah pada kegagalan ini. Bukankah, Anda telah berkomitmen untuk setia pada bidang ini?

Bidang Usaha Anda Adalah keluarga

Semua orang yang bekerja untuk Anda adalah keluarga. Pangkatmu memang lebih tinggi dari mereka, namun memperlakukan setiap karyawan dengan adil adalah salah satu kunci sukses. Tidak ada satupun yang lebih utama dan Anda serta semua karyawan saling menghormati.

Yang Penting Adalah Tindakan

Dan yang terakhir namun sangat penting, adalah tindakan. Memiliki kemauan saja tidaklah cukup. Tanpa tindakkan nyata, semuanya hanyalah angan-angan. Bertindak disini dimulai dari berani mencari dan menangkap peluang.

Leave a Reply