Jangan Takut Menjadi Wirausahawan!

0
164

Bekerja tentunya tidak mudah. Setelah lulus seseorang dihadapkan dengan hidup yang sebenarnya. Apakah ia ingin melanjutkaan hidupnya sebagai seorang Wirausahawan atau mencari pekerjaan lainnya?  Seseorang tentu tak bisa mengatakan bahwa Wirausahawan lebih baik dari pekerjaan lainnya atau sebaiknya. Toh, setiap pilihan selalu memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Berikut beberapa kelebihan dan kelemahan menjadi menjadi seorang Wirausahawan. Semoga bermanfaat.

Wirausahawan

Wirausahawan atau dalam bahasa Inggris disebut entrepreneur adalah seseorang yang melakukan aktivitas wirausaha. Hal ini ditandai dengan keahliannya dalam pemasaran, permodalan, produksi dan manajemen. Kelebihan seorang wirausahawan adalah,  Anda tak bekerja dibawah tekanan atasan manapun sebab Andalah atasannya. Wirausahawan telah membuka peluang bagi dirinya sendiri. Dalam hal ini, ia berpeluang besar menjadi seorang pemimpin atas usahanya sendiri. Ia bisa dengan mudah mengajarkan keahliannya kepada karyawannya demi kemajuan usahanya.

Selain itu, dengan menjadi seorang wirausahawan, Anda bisa dengan mudah mengembangkan kreativitas Anda, seperti dalam hal mengembangkan produk baru yang inovatif, menemukan cara pemasaran yang lebih kreatif, dan mengatur sendiri manajemen yang tepat bagi usaha Anda. Bukankah ini hal yang baik. Jika Anda adalah karyawan disebuah perusahaan, Anda harus mematuhi peraturan yang diberlakukan oleh perusahaan tersebut. Peraturan-peraturan ini bisa saja menekan daya kreativitasmu.

Jangan Takut Menjadi Wirausahawan! Inilah Kelebihan dan Kelemahannya sukses usia muda usia tua succesbfeore30.co.id bisnis ukm wirausaha kewirausahaan branding marketing social media facebook ionline shop online bisnis star upKelebihan lainnya, seorang wirausahawan juga membuka peluang kerja baru bagi masyarakat. Pemerintah dan Negara seharusnya bangga padamu karena kewirausahaanmu telah berpartisipasi dalam mengurangi angka pengangguran. Berkurangnya angka pengangguran akan berdampak pada penurunan angka kemiskinan.

Namun, dibalik indahnya kelebihan itu, seorang wirausahawan tidak luput dari kelemahannya. Pasalnya, seorang wirausahawan memikul tanggung jawab yang besar atas kemajuan usahanya dan kesejahteraan karyawannya. Pendapatan pun tak selalu sesuai keinginan, apalagi saat pertama kali membangun usaha. Seorang wirausahan akan berusaha untuk berhemat. Selain itu, seorang wirausahawan dipastikan akan sulit beristirahat. Mengapa? Karena usahanya menuntut fisik dan mentalnya untuk selalu bekerja. Untuk selalu memajukan usahanya ia dituntut untuk selalu berpikir kreatif, inovatif, dan kompetitif. 

Kelihatannnya berat, yah. Tapi tak masalah. Bukankah seorang wirausahawan adalah orang bersemangat. Tanpa semangat ini seseorang takkan memilih untuk menjadi wirausahawan. Terakhir, untuk menjadi wirausahawan yang sukses, milikilah MENTAL BAJA karena fisik saja tidak cukup.

Leave a Reply