Kamu Mahasiswa Kuliah-Kerja? Mungkin 9 Hal Inilah Yang Kamu Alami

0
162

Harus berkuliah tapi harus bekerja juga. Memang nggak mudah, yah. Mungkin 9 hal ini yang sering kamu rasakan.

Kamu Berada Diantara Dua Pilihan

Mata kuliah dan jam perkuliahan telah kamu pilih. Namun, terkadang jadwal perkuliahan bisa saja bertabrakkan dengan jadwal kerjamu. Belum lagi jika pekerjaan menuntutmu untuk keluar kota. Kamu pun menjadi bimbang. Disatu sisi kamu ingin berkuliah, namun disisi lain kamu tak bisa meninggalkan pekerjaanmu.

Banyak Tugas Kampus Yang Tertunda

Kamu si-mahasiswa-pekerja selalu sibuk setiap saat. Terlalu fokus pada pekerjaan membuatmu melupakan kampus sejenak. Nah, saat balik ke kampus, kamu baru sadar, deh kalau banyak hal yang sudah tertunda, termasuk skripsimu. Kamu pun bisa saja telat lulus.

Kelelahan Hingga Sakit

Kamu terlalu bekerja keras ditambah lagi harus berkuliah. Ada saat dimana kamu kelelahan namun tak berhenti. Hingga suatu saat kondisi tubuhmu tak bisa menahan lelahmu lagi. Kamu pun akhirnya benar-benar jatuh sakit.

Gagal Fokus

Kamu sering gagal fokus karena pikiranmu melayang kesegalah arah. Tubuhmu bisa saja dikampus, namun pikiranmu bisa saja berada ditempat kerjamu. Kalau kamu sedang bekerja, bisa saja pikiranmu berada dikampus, memikirkan semua tugas-tugas yang belum kamu selesaikan.

Sering Telat Bayar SPP

Kamu sering telat bayar spp. Pekerjaan yang menyita waktu membuatmu kesulitan untuk ngantri diloket kampus saat pagi. Ketika datang disore hari ternyata loketnya sudah tutup. Kamu pun bisa  disangkah telat bayar spp karena nggak punya uang, padahal setiap bulan gajimu selalu utuh.

Kamu Mahasiswa Yang Memiliki Jadwal Sendiri

Statusmu memang mahasiswa, tapi kamu punya jadwal kuliahmu sendiri. Kalau hari ini teman-teman ngumpulin tugas kuliah, kamu baru bisa melakukannya minggu depan. Kalau hari ini teman-teman presentasi, kamu akan melakukannya diminggu depannya lagi, dan mungkin saja disaat itu hanya ada kamu dan dosen.

Jarang Berkumpul Bersama Teman Kampus

Karena terlalu sibuk, kamu jadi jarang berkumpul sama teman-teman seangkatan. Bahkan, kamu bisa saja tak hafal nama teman sekelasmu. Kamu mungkin ingin sesekali menghabiskan waktu bersama mereka, namun apa daya waktu tak mengizinkan.

Di Cap Nggak Disiplin

Ia kamu sering nggak disiplin waktu. Jika perkuliahan selalu mulai jam 5 sore, maka kamu baru bisa datang pukul 6 sore. Karena keseringan, kamu pun jadi bahan omelan dosen setiap saat.

Terpaksa Mengambil Cuti

Kamu yang telah terbiasa bekerja, akan merasa kesulitana untuk berhenti bekerja. Jadi, ketika semua hal tentang kampus tak bisa kamu tanggung lagi, kamu pun memilih mengambil cuti. Meninggalkan kampus sejenak dan akan kembali lagi disemester berikutnya.

Leave a Reply