Kapan Waktu yang Tepat untuk Resign ?

0
1139

Kapan Waktu yang Tepat untuk Resign ?

Klik disini untuk melihat di YouTube

Topik saya kali ini membahas tentang : “Kapan Waktu yang Tepat Untuk Resign?”

Baik, saya banyak ditanya oleh para subscriber, para karyawan yang ingin memulai usaha setelah menonton video-video saya, setelah menonton channel success before 30, banyak mereka yang termotivasi ingin menjadi pengusaha. Tapi pertanyaan mereka selalu sama,”Kapan waktu yang tepat untuk saya berhenti bekerja? Dan menulis surat pengunduran diri kepada bos saya dan akhirnya saya memulai usaha saya sendiri.

Baik, sebelum saya menjawab ini, ada baiknya anda tonton dulu video saya “Mindset dan Mental Orang Sukses”. Disitu saya sudah bahas di video  “Mindset dan Mental Orang Sukses” bahwa disitu ada 4 kuadran, E,S,B dan I.

Kuadran E, kuadran S, kuadran B dan kuadran I. Disitu ada 4 kuadran pekerjaan. 4 kuadran ini juga berarti 4 mindset yang berbeda. 4 pola pikir yang berbeda. Hati-hati, setiap kuadran itu, cara berpikir mereka berbeda-beda.

Cara berpikir karyawan, cara berpikir semua business owner atau Self Employee, cara berpikir B, Business Owner, dengan cara berpikir I, Investor, itu sangat berbeda. Anda jangan tergesa-gesa. Dari karyawan tiba-tiba ingin menjadi business owner. Itu tidak saya rekomendasikan. Mengapa demikian? Karena banyak karyawan berbeda mindset itu akhirnya shock, kaget, stress, dan akhirnya kembali lagi ke kuadran sebelumnya.

Sahabat entrepreneur, saya punya satu persyaratan kalau memang anda ingin berhenti bekerja. Yang pertama, anda lihat disini. Syarat pertama adalah penghasilan anda  ketika anda berbisnis sudah 10x lipat dari gaji anda sekarang. Saya ulangi, 10x lipat. Jadi misalkan gaji anda saat ini 2 juta, dari bisnis anda sudah harus menghasilkan 20 juta per bulan. Itu syarat utama. Jadi kalau misalkan hari ini anda mempunyai gaji 10 juta per bulan, kalau bisa bisnis anda profitnya harus sudah menghasilkan 100 juta Rupiah dalam satu bulan. Itu syarat.

Mengapa saya buat ekstrim 10x lipat? Mengapa tidak 1x lipatnya saja? Contoh, misalkan anda sudah  terbiasa dengan gaji 10 juta, tiba-tiba bisnis anda hari ini menghasilkan 10 juta, dan anda langsung terburu-buru resign, karena yang namanya bisnis itu berbeda alam. Berbeda mindset itu berbeda alam. Karena apa? Bisnis itu naik turun. Kadang tidak stabil. Sedangkan kalau namanya bekerja, itu pasti.

Jadi kalau anda tidak terbiasa dengan yang namanya tidak pasti, tiba-tiba bisnis anda terjadi goncangan, terjadi turbulensi di dalam bisnis anda, akhirnya anda shock, bingung, anda mau kembali ke  tempat anda bekerja, mungkin posisi anda sudah ditempati oleh orang lain. Dan ini akan membuat hidup anda semakin kacau. Jadi saya tidak rekomendasikan. Syarat yang kedua, kapan saat yang tepat untuk anda berhenti bekerja atau resign, adalah bisakah anda hidup 1 tahun tanpa gaji??

Jadi jika anda tidak terima gaji selama 1 tahun, apakah anda masih bisa hidup? Misalkan, kalau hari ini anda 1 tahun tanpa digaji anda masih tetap bisa makan, biaya sekolah anak anda tetap tercover. Kemudian kebutuhan untuk asuransi anda, kebutuhan untuk kesehatan anda, kebutuhan untuk cicilan mobil anda sudah tercover, silahkan, anda boleh berhenti dari pekerjaan anda.

Jadi kalau 2 persyaratan ini anda penuhi, silahkan detik ini juga buatlah surat pengunduran diri kepada bos anda. Jadi giliran anda yang hari ini bukan dipecat bos anda, tapi anda yang memecat bos anda. Kalau anda mau memecat bos anda, itulah dua persyaratannya. Kalau dua persyaratan ini sudah anda penuhi, maka anda sudah siap berpindah alam. Sudah siap pindah kuadran. Kalau anda sudah siap pindah kuadran, saya percaya hari ini anda sudah siap masuk ke mental entrepreneur, atau mental pengusaha.

Video ini sengaja saya buat, tujuannya adalah supaya anda tidak tergesa-gesa menjadi pengusaha, apabila saat ini status anda masih sebagai seorang karyawan. Dan saya percaya apabila video ini bermanfaat, anda bisa bagikan video ini kepada teman-teman anda yang saat ini bingung, galau, apakah sebaiknya saya bekerja ataukah menjadi pengusaha. Semoga video ini menjadi jawaban untuk anda semuanya.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply