Profesi yang satu ini memang banyak peminatnya. Namun, bukan berarti bahwa menjadi guru adalah hal yang mudah. Selalu ada resiko dari setiap pekerjaan. Begitu pun dalam menjalani profesi yang satu ini. Nah, berikut ini adalah beberapa tips bagi Anda yang ingin menjalani profesi ini selagi muda.

Kuasai Materi Pelajaran Yang Akan Di Ajarkan Hari Ini

menjadi guru bukan lagi impian kuasai materi hari iniTugas dari seorang guru bukan hanya mendidik melainkan juga mengajar. Menguasai materi pelajaran adalah kewajiban seorang guru. Murid-murid, terutama murid TK biasanya selalu didorong oleh rasa penasaran yang besar. Hal ini mendorong mereka untuk lebih sering bertanya. Nah, jika Anda seorang guru buktikan kepada murid-murid Anda bahwa Anda adalah seorang guru dengan pengetahuan yang mendalam tentang materi yang Anda sampaikan, sehingga murid-murid Anda pun tidak ragu untuk belajar dalam bimbingan Anda.

Sampaikan Materi Dengan Baik dan Benar

sampaikan materi dengan baik dan benar menjadi guru bukan hanya sekedar impianDalam menyampaikan materi pelajaran, seorang guru diharuskan berkomunikasi dengan baik dan benar. Segala penyampaian materi dengan kata-kata kasar atau tidak pantas, tentunya tidak akan terima baik oleh murid-murid. Bisa-bisa Anda malah dijuluki nenek sihir oleh murid sendiri. Selain itu seorang guru juga dituntut untuk menyampaikan materi pelajaran dengan suara yang jelas agar mudah dipahami oleh murid. Penyampaian materi peelajaran sebaiknya singkat, padat dan jelas. Penyampaian materi pelajaran yang berbelit-belit hanya akan membuat murid-murid kebingungan.

Bersikap Ramah Kepada Murid-Murid Anda

bersiap ramah kepada murid murid menjadi gur bukn sekedar impianJika Anda bersikap tidak ramah tentunya murid-murid Anda menjauhi Anda. Bersikap ramah pada murid merupakan salah satu kunci untuk memasuki dunia murid-murid Anda. Biasanya murid akan merasa lebih nyaman berbicara dengan guru yang ramah. Jika Anda sudah memasuki dunia mereka, akan mudah untuk memahami keinginan murid-murid Anda. Setiap murid tentunya memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Pemahaman tentang dunia si murid akan membantu Anda dalam menyampaikan materi dengan baik. Bukankah hal ini akan mempermudah proses belajar-mengajar.

Sabar dan Telaten

mejadi guru bukan hanya sekedar impian sabar dan telatenSetiap harinya guru dihadapkan dengan berbagai macam hal disekolah. Mulai dari mengajarkan materi pelajaran hingga membimbing murid-murid. Setiap murid memiliki sifat yang berbeda-beda. Ada murid yang tak bisa diam, ada juga yang mudah menangis atau mudah marah dan ada juga yang sangat pendiam, sampai-sampai ia tak suka bergaul dengan teman-teman kelasnya. Nah, disaat itulah seorang guru dituntut untuk sabar dan telaten dalam menghadapi muridnya. Usahakan untuk mengontrol emosi Anda dengan baik.

Tunjukkan Semangatmu

menjadi guru bukan hanya sekedar impiaan tunjukkan semangatmuSeorang guru yang popular dikalangan murid-murid adalah guru yang bersemangat. Setiap berpapasan dengan murid-murid ia akan menebarkan senyum manisnya. Ia juga tanpa ragu selalu menyemangati murid-muridnya. Nah, murid TK sering terlihat bersemangat atau antusias apalagi terhadap hal baru. Seorang guru TK harus pintar memanfaatkan kesempatan ini. Tunjukkan bahwa Anda bersemangat untuk belajar bersama mereka hari ini. Rebut perhatian mereka dengan semangat keguruanmu.

Jadilah Guru TK Yang Kreatif

tk-kindergarten-guru tk- jadilah kreatifMurid-murid, terutama murid TK yang cenderung antusias akan mudah bosan dengan materi pelajaran yang disuguhkan berjam-jam. Ada baiknya jika penyampaian materi pelajaran tersebut bisa diselingin dengan kegiatan lainnya, seperti mengajak mereka bernyanyi bersama atau Anda juga bisa menceritakan pengalaman Anda. Selain itu, kegiatan menggambar dan mewarnai juga menyenangkan. Beberapa kegiatan kreatif lainnya adalah, bermain dengan lilin plastisin, menyusun balok dan puzzle.

Ciptakan Suasana Kelas Yang Aman dan Nyaman

menjadi guru diusia muda bukan hanya sekedar impian ciptakan suasana kelas yang aman dan nyamanUsahakan bahwa ruangan kelas selalu bersih, bebas dari sampah, debu dan bau tak sedap. Pastikan ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga ruangan tak terkesan pengap. Ruangan kelas yang tidak terawat tentunya akan mengganggu proses belajar-mengajar. Hal ini akan berdampak buruk bagi murid. Konsentrasi murid-murid bisa saja terganggu sehingga mereka kesulitan dalam menyerap materi pelajaran yang disampaikan oleh gurunya. 

Sending
User Rating 0 (0 votes)
Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply