Mengapa Mereka Merokok? Mungkin 9 Alasan Ini Dapat Menjelaskannya

0
253

Pernah melihat seseorang merokok? Tentunya mereka memiliki alasannya masing-masing. So, yang lihat jangan langsung meng-judge yang aneh-aneh, yah …

It is the Matter of Choice dan Mereka Siap Menanggung Resikonya

Semua orang bebas memilih jalan hidupnya, begitupun dalam hal merokok. Teman saya bilang, ”merokok adalah pilihan”. Mungkin ada benarnya juga. Seorang perokok tentu tahu bahaya dari merokok, apalagi hal itu langsung dituliskan dibelakang bungkusan rokoknya. Namun, mereka tetap memilih untuk merokok karena itu sudah menjadi pilihan mereka. Soal penyakit akibat merokok, itu akan menjadi resiko yang harus mereka tanggung. Orang lain cukup melihat saja.

Ingin Terlihat Keren

Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian orang merokok hanya agar terlihat keren. Apalagi untuk remaja pria, merokok bisa membuat mereka kelihatan lebih macho. Mungkin mereka belum sadar akan bahaya rokok bagi kesehatannya. Yang penting bagi mereka adalah terlihat keren dulu.

Pelarian Dari Rasa Frustasi

Sebagiannya lagi menjadikan rokok (bersama temannya; miras) sebagai pelarian dari kenyataan. Orang-orang ini biasanya memiliki masalah yang sulit untuk mereka hadapi. Dengan merokok mereka bisa menghilangkan bebannya, walaupun hanya untuk sementara. Sekedar saran, merokok tidak akan menyelesaikan masalahmu.

Mendongkrak Semangat Dalam Bekerja

Seorang perokok akan sulit lepas dari rokok. Setiap saat ia akan sering terlihat bersama rokok ditangannya. Tidak merokok seharian dapat membuatnya merasa ngantuk. Hal ini tentunya akan mengganggu aktivitasnya. Ia jadi lesuh dan tak bersemangat. Oleh sebab itu, ia akan tetap merokok untuk membangkitkan semangatnya. Rokok juga membuatnya lebih fokus dalam kegiatannya.

Mencari Inspirasi

Mungkin untuk seseorang yang tak merokok, alasan ini agaknya kurang masuk akal. Masa mau mencari isnpirasi harus merokok dulu? Tapi memang begitu yang dikatakan oleh mereka. Dengan merokok, mereka jadi lebih mudah menemukan inspirasi. Bahkan, terkadang inspirasinya terdengar tak masuk akal.

Mudah Mendapatkan Teman

Sisi lain dari rokok adalah ia mampu menyatukan para perokok yang sebelumnya tak mengenal satu sama lain. Awalnya mereka hanya duduk dan saling menawarkan rokok. Lama-kelamaan mereka mulai akrab karena saling berbagi cerita disela-sela kegiatan merokok mereka.

Rokok Adalah Temannya Kopi

Mungkin selama kopi masih ada rokok pun takkan mati. Lihat saja pemandangan disore atau malam hari. Kebanyakan pria-pria yang mengkonsumsi kopi, apalagi kopi hitam, sering terlihat dengan kepulan asap rokoknya. Apa hubungan antara kopi dan rokok? Entahlah. Hanya para perokok yang tahu.

Karena Pabrik Rokok Masih Berdiri Kokoh

Selama pabrik rokok masih ada, rokok akan tetap diproduksi. Jadi sampai kapanpun  rokok takkan habis. Para perokok tentu akan menyukai hal ini. Mereka dapat membeli rokok kapan pun mereka mau. Kan pabriknya masih ada.

Karena Tembakau Belum Musnah

Salah satu bahan pembuatan rokok adalah tembakau. Ketika seseorang merokok, ia dapat mencium aroma tembakau yang khas. Kalau di Indonesia ada tembakau srintil yang terkenal berkualitas dan mahal harganya. Jadi, mumpung tembakaunya masih ada, jangan disia-siakan.

Leave a Reply