Mengapa Hutang Saya Tak Kunjung Lunas

0
461

Mengapa Hutang Saya Tak kunjung Lunas

Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Kali ini saya akan membahas lagi tentang masalah finansial, khususnya masalah hutang. Yaitu : “Mengapa Hutang Saya Tidak Kunjung Lunas?”

Jadi sebelum saya membahas video ini, ada baiknya anda menonton video sebelumnya. Karena saya sudah membahas berkaitan dengan topik ini pada video saya sebelumnya. Topiknya adalah sebagai berikut :

  1.  “Sukses Berpola, Gagal Juga Berpola
  2. Apakah Bisnis itu Perlu Hutang?
  3. 3 Cara Melunasi Hutang dengan Bijak

Saya sudah membahas masalah finansial dan hutang ini di 3 video saya sebelumnya. Tolong anda ulangi terus video tersebut. Maka anda akan semakin paham tentang apa sih sebetulnya permasalahan di dalam hutang? Dan mengapa hutang itu tidak kunjung lunas?

Kali ini, saya juga akan membahas sampai ke akarnya. Akar permasalahannya adalah : mengapa tidak kunjung lunas meskipun anda sudah sering menonton video tersebut? Satu permasalahannya. Yaitu, sukses berpola, gagal juga berpola. Artinya apa? Hutang itu juga berpola. Mindset hutang itu berpola. Lagi-lagi, akar permasalahannya terletak pada MINDSET.

Jadi jika mindset anda berpikir “Kalau saya tidak berhutang rasanya tidak enak”. Hal itu pasti terekam dengan jelas di dalam pikiran bawah sadar. Karena anda harus ingat, otak manusia itu ada dua. Otak sadar dan otak bawah sadar. Atau pikiran sadar dengan pikiran bawah sadar.

Pikiran bawah sadar anda tidak tahu yang namanya sedih atau gembira. Otak bawah sadar kita tidak tahu apa itu stress atau bahagia. Otak bawah sadar kita ini tidak tahu apa itu hutang atau berkelimpahan. Juga tidak memahami yang namanya malam atau pagi. Otak kita hanya memahami bagaimana cara membaca pola. Sesuatu yang anda lakukan berulang-ulang, maka akan menjadi pola. Itu saja. Pola itu yang direkam, dan pola itu juga yang akhirnya menjadi sebuah kebenaran bagi pikiran bawah sadar. Artinya, itu keinginan anda.

Pola adalah sesuatu yang anda lakukan berulang-ulang

Contoh, cara anda makan adalah dengan menyuap ke dalam mulut. Mungkin waktu kecil anda tidak tahu cara makan yang baik adalah seperti itu. Tetapi karena dilakukan berulang-ulang, sekarang anda mau makan tidak perlu berpikir. Itulah pola. Demikian juga dengan hutang. Hutang itu pasti memiliki pola. Mungkin waktu kecil, anda kalau melakukan segala sesuatu harus berhutang.

Berhutang itu tidak salah. Di video sebelumnya saya sudah pernah membahas apakah bisnis itu perlu hutang? Saya menjawab “YA”. Jika hutang anda tersebut bertujuan hutang baik. Hutang untuk membesarkan usaha, untuk membesarkan bisnis. Itu hutang baik. Tetapi hutang yang tidak baik adalah hutang yang bertujuan untuk memenuhi lifestyle atau gaya hidup. Anda berhutang untuk pamer. Atau anda berhutang untuk tujuan pemborosan. Sekali lagi, pemborosan/pamer adalah isi pikiran bawah sadar anda.

Saya ambil satu contoh, salah satu bintang NBA yang sangat terkenal. Anda bisa lihat disini, Shaquille O’Neal. Shaquille O’Neal adalah pemain NBA yang sangat terkenal di tahun ’90an dan tahun 2000’an. Badannya yang paling gempal dan paling besar. Di dalam permainan NBA, dia sudah mengumpulkan kekayaan sampai jutaan US Dollar. Dia sangat kaya raya.

Tetapi ada seorang mentor dari Shaquille O’Neal. Siapakah beliau? Yaitu sang legenda basket dunia, Michael Jordan. Dia menjadi sahabat sekaligus mentor masalah finansial untuknya. Akhirnya Shaquille O’Neal sadar bahwa jika dia tidak mengelola keuangannya, maka akhirnya dia bisa terperosok seperti banyak bintang-bintang NBA. Ataupun artis-artis, juga aktor-aktor yang bermasalah dalam hal finansial.

Hampir 60% pemain NBA pasca ketika pensiun justru tidak memiliki kekayaan. Mereka justru meninggalkan hutang. Kita juga sudah melihat petinju terkenal, Mike Tyson atau penyanyi almarhum Michael Jackson. Semua bermasalah dengan masalah finansial. Anda tahu mengapa? Karena POLA PIKIRAN BAWAH SADAR. Pola pikiran bawah sadar tersebut adalah akar dari permasalahannya.

Pola inilah yang terbaca.

Kalau anda tidak terbiasa menginvestasikan dana anda yang berlebih, akhirnya hutang anda tidak kunjung lunas. Di video-video saya sebelumnya, saya selalu mengajarkan anda untuk menabung dan menabung. Investasi dan investasi. Menabung dan investasi adalah yang terpenting. Kunci penghasilan anda. Kalau tidak, anda tidak memiliki sisa lagi di akhir hayat hidup anda. Akhirnya yang susah siapa? Anak cucu anda. Karena apa? Karena pola hutang ini tidak pernah berhenti.

Berapapun uang yang anda hasilkan, ujung-ujungnya tetap bermasalah dalam keuangan, maka akhirnya berhutang lagi. Ketika anda ingin bekerja lagi seperti saat muda, anda sudah termakan usia. Akhirnya anda menjadi stress. Ketika mengalami stress ujungnya anda akan sakit dan selama hidup anda hanya meninggalkan banyak hutang.

Itulah sebabnya sahabat entrepreneur, pada episode kali ini saya lebih banyak membahas masalah mindset. Oleh sebab itu coba anda perbaiki. Mulai saat ini, ciptakan pola baru. Yaitu apa? Pola menabung dan pola investasi. Saya tidak akan membahas disini karena sudah ada di video sebelumnya.

Niscaya dengan pola yang baru tersebut, dengan kebiasaan baru anda akan lebih hemat. Tidak sembarangan dalam menggunakan uang, tidak sembarangan menggunakannya untuk lifestyle. Niscaya anda akan menjadi orang yang ‘putus’ pola hutangnya. Maka akhirnya hutang anda lunas dan anda mampu menciptakan banyak aset. Bukan lagi hutang, hutang, dan hutang.

Ingat pesan terakhir saya, jangan gunakan hutang untuk membayar hutang. Itu namanya “gali lubang, tutup lubang”. Saya kira anda sudah sering mendengar kata-kata ini. Untuk melunasi hutang sebelumnya, anda mencari hutang baru. Itulah yang dimaksud pola hutang yang tidak ada habisnya. Sekali lagi, itu adalah masalah mindset. Dengan anda memiliki mindset yang baik, saya yakin pola seperti ini bisa kita putus dan kita menciptakan pola yang baru. Dan akhirnya jika pola ini terekam di pikiran bawah sadar anda, maka hidup anda akan jauh lebih berkelimpahan.

Serta jauh lebih bahagia dan tidak stress karena masalah membayar hutang seumur hidup anda.

Bila anda menyukai video seperti ini, silahkan memberikan comment yang positif, dan saya juga ingin membaca comment anda. Siapa tahu setelah anda banyak menonton video saya, anda dapat merubah pola anda. Bila ada kemajuan dalam pola, tolong berikan testimoni di kolom comment. Saya akan dengan senang hati membacanya. Sahabat entrepreneur, jangan lupa berlangganan/subscribe, lalu bagikan/share kepada teman-teman anda. Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa..!!

Kali ini saya akan membahas lagi tentang masalah finansial, khususnya masalah hutang.

Kali ini saya akan membahas lagi tentang masalah finansial, khususnya masalah hutang.

Kali ini saya akan membahas lagi tentang masalah finansial, khususnya masalah hutang. Yaitu : "Mengapa Hutang Saya Tidak Kunjung Lunas?"

Leave a Reply