Mengapa Kedisiplinan Lebih Penting Daripada Motivasi?

0
495

Mengapa Kedisiplinan Lebih Penting Daripada Motivasi Untuk Menuju Kesuksesan?

 

Untuk dapat berhasil di dalam pekerjaan yang ingin anda ambil, anda perlu kedisiplinan diri. Tidak peduli seberapa keras usaha anda. Dan tidak peduli seberapa besar motivasi anda. Tanpa kedisiplinan, anda tidak akan pernah bisa mewujudkan tujuan anda dan mencapai kesuksesan. Ini adalah salah satu atribut penting yang anda butuhkan untuk menjadi yang terbaik dalam hal apapun. Menanamkan kedisiplinan itu penting. Agar anda memiliki sikap dan pola pikir yang benar untuk mewujudkan tujuan anda.

Apakah kedisiplinan lebih penting daripada motivasi untuk kesuksesan anda? Jawabannya adalah : YA!

Disiplin artinya berfokus pada apa yang harus dilakukan. Ini adalah kemampuan anda untuk melakukan apa yang benar dan untuk memperbaiki diri. Serta menjadi versi terbaik dari diri anda. Disiplin lebih dari sekedar pemikiran dan penalaran yang membentuk pikiran anda, juga tindakan anda. Hal ini memberi anda arah kemana anda ingin bergerak. Ketika anda telah disiplin, anda tahu bagaimana cara menggunakan kekuatan dan bahkan kelemahan anda untuk mendapatkan keuntungan.

Ketika anda memiliki kedisiplinan diri, anda akan dapat mengendalikan emosi, impuls dan perilaku. Anda tidak mudah menyerah dan terlena pada kesenangan atau gratifikasi. Ketika anda disiplin, anda dapat membuat keputusan dan tindakan dengan tepat.

Ini bukan berarti bahwa motivasi tidak relevan. Motivasi juga penting terutama karena ini adalah kekuatan yang mendorong anda untuk mencapai tujuan anda. Motivasi adalah apa yang berjalan pada pikiran anda. Yang mengatakan bahwa anda bisa melakukannya, tidak peduli apa yang orang lain katakan. Tidak seperti kedisiplinan, motivasi lebih didasarkan pada emosi. Dan itu adalah keterampilan yang akan membawa anda pada kemenangan.

Lalu, bagaimana cara untuk mencapai sukses dengan berbekal kedisiplinan diri, lebih dari motivasi?

Motivasi dan Kedisiplinan

Kedisiplinan adalah salah satu hal yang menentukan jenis keberhasilan yang akan anda dapatkan. Tapi tanpa motivasi, anda tidak akan memiliki semangat untuk memulainya. Itulah sebabnya motivasi dan kedisiplinan harus berjalan seiring. Motivasi memacu anda untuk bergerak. Tetapi kedisiplinan adalah yang memerintahkan arah kemana anda harus bergerak. Bila anda memiliki keduanya, anda bisa memiliki pola pikir yang pasti akan membawa anda ke tingkat yang lebih tinggi.

Mengembangkan Kedisiplinan Diri

Kedisiplinan diri tidak dapat anda miliki dalam semalam. Anda perlu terus-menerus mengembangkan kedisiplinan diri sepanjang periode yang berbeda dari kehidupan anda. Ini adalah sesuatu yang tidak bisa anda dapatkan atau pelajari dalam semalam. Jadi, apakah cara yang tepat bagi anda untuk mengembangkan kedisiplinan diri?

Ambil Satu Langkah Pada Satu Waktu

Kedisiplinan diri adalah proses yang panjang dan pasti membutuhkan waktu. Anda harus melatih dan mengkondisikan diri anda untuk memiliki pikiran yang lebih kuat. Dan juga lebih disiplin. Ini bukan tugas yang mudah, terutama ketika ada godaan. Kemudian ada begitu banyak hal yang dapat mempengaruhi pikiran dan persepsi. Tapi hal ini benar-benar membantu jika anda memulainya dengan langkah kecil. Anda harus mengambil satu langkah pada satu waktu. Saat anda menjalani proses, anda akan melihat bahwa kemampuan anda meningkat. Dan juga anda menjadi lebih disiplin.

 

Belajarlah dari Kesalahan di Masa Lalu

Tidak peduli seberapa disiplin anda, itu bukan jaminan bahwa anda tidak akan melakukan kesalahan apapun. Tapi penyebab yang memisahkan manusia antara disiplin internal dan eksternal adalah bahwa mereka belajar dari kesalahan masa lalu mereka. Kesalahan yang dilakukan satu kali dapat dimaklumi. Tetapi melakukan kesalahan yang sama untuk kedua kalinya jelas merupakan suatu hal yang buruk. Belajarlah dari kesalahan masa lalu. Sehingga anda tahu bagaimana agar anda dapat lebih meningkatkan kemampuan dan kedisiplinan diri.

Kenali Diri Anda

Mengenali diri anda sendiri adalah kunci untuk memiliki disiplin yang kuat. Sulit untuk melawan dorongan dan hal-hal yang anda inginkan. Misalnya, jika anda suka makan makanan cepat saji dan makan terlalu banyak makanan manis, Anda harus menolak atau menjauhi tempat yang menjual makanan tersebut. Anda juga harus mempelajari apa saja  yang dapat memotivasi anda.

Melatih kebiasaan Baik

Seseorang yang disiplin, pasti memiliki kebiasaan baik. Apakah itu menjadi profesional di tempat kerja atau bersikap sopan kepada orang lain. Kebiasaan itu akan selalu terlihat dalam semua aspek kehidupan anda. Dengan demikian, anda perlu melatih kebiasaan baik. Ini adalah salah satu cara bagi anda untuk menjadi versi yang lebih baik dari diri anda yang lalu. Dan untuk mendisiplinkan diri dengan cara yang anda ketahui. Juga membantu anda dalam membuat keputusan, sehingga anda menyadari tujuan anda.

Apakah Manfaat dari Semua Ini?

Kedisiplinan diri dapat memberikan anda banyak manfaat. Salah satunya adalah membangun rasa percaya diri anda. Ketika anda disiplin, anda tahu siapa anda. Serta apa yang dapat anda lakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Kedisiplinan diri juga dapat membantu anda mencapai lebih, sehingga anda juga lebih produktif.

Selain itu, anda juga dapat dengan mudah menangani emosi negatif dan rintangan yang datang dengan cara anda sendiri. Dengan kedisiplin diri, anda dapat mencapai tujuan yang paling sulit. Bila anda memiliki disiplin diri, anda selalu dapat menemukan jalan kembali. Bahkan ketika yang anda lakukan terlalu sulit. Dikombinasikan dengan sikap positif lainnya dan motivasi diri, anda bisa memiliki resep untuk sukses.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa!!

_________________

Bagaimana cara untuk mencapai sukses dengan berbekal kedisiplinan diri, lebih dari motivasi?

Bagaimana cara untuk mencapai sukses dengan berbekal kedisiplinan diri, lebih dari motivasi?

Untuk dapat berhasil di dalam pekerjaan yang ingin anda ambil, anda perlu kedisiplinan diri. Tidak peduli seberapa keras usaha anda. Dan tidak peduli seberapa besar motivasi anda. Lalu, bagaimana cara untuk mencapai sukses dengan berbekal kedisiplinan diri, lebih dari motivasi?

Leave a Reply