Mengapa Menjadi Pengusaha Zaman Now itu Sangat Mudah?

0
760

Mengapa Menjadi Pengusaha Zaman Now itu Sangat Mudah?

Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Di edisi kali ini saya akan berbicara tentang bahwa sebetulnya anda yang lahir di zaman sekarang ini sangat beruntung. Karena di zaman sekarang, membuka usaha itu sangat gampang sekali. Beda dengan zaman saya dahulu.

Sesuai dengan visi Success Before 30, yaitu mencetak 1% penduduk Indonesia menjadi seorang entrepreneur, topik saya kali ini adalah : “Mengapa Menjadi Pengusaha Zaman Now itu Sangat Mudah?”.

Kebetulan sekarang saya sudah berusia 40 tahun lebih. Jadi otomatis dulu orang tua saya adalah seorang pengusaha, pengusaha sembako. Ketika saya kecil, masih berusia 5-6 tahun, dulu saya membantu usaha orang tua saya. Jadi, dulu saya tahu susahnya membuka dan menjalankan sebuah usaha, apalagi mempertahankan sebuah usaha. Buka usaha saja sudah tidak gampang, apalagi mau mempertahankan usaha?

Kalau kita bicara tentang dulu ketika saya membuka usaha, yang pertama, ada beberapa kendala yang saya renungkan.

 

1. Modal usaha

Yang pertama adalah modal. Modal usaha. Modal tempat, modal stok barang, modal menyediakan barang, kemudian modal untuk nantinya harus menggaji karyawan, pengeluaran listrik, kemudian yang lainnya. Intinya modal usaha. Itu sudah menjadi suatu bahan pertimbangan bagi saya.

 

2. Biaya perizinan usaha

Dan yang kedua, biaya perizinan usaha. Karena yang namanya usaha pada zaman dahulu itu harus ada nama toko. Nama toko itu ‘kan dipasang di reklame atas. Hal itu juga perlu. Jika anda membuka usaha membutuhkan papan yang besar, dan itu pasti butuh sebuah tempat. Butuh biaya juga.

 

3. Tempat

Yang ketiga adalah tempat. Tempat itu harus menarik dan strategis. Kalau kita bicara masalah tempat, misalkan anda buka usaha di mall. Coba kita pertimbangkan. Satu kali sewa tempat yang sangat kecil saja sudah ratusan juta. Apalagi mall-mall yang di kota besar seperti di Jakarta, Surabaya, Medan dan sebagainya itu ratusan juta. Dan sewa itu minimal harus 3-5 tahun. Itu sudah milyaran Rupiah. Kalau kita pertimbangkan, belum buka usaha, untuk masalah tempat saja anda sudah habis milyaran Rupiah. Oleh sebab itu, tidak semua orang bisa menjadi pengusaha. Karena modalnya yang sangat besar.

 

4. Produk dan barang harus siap sedia

Dan yang keempat, produk dan barang harus siap sedia¸dan tersedia di toko. Barulah toko anda benefit. Misalkan jika anda membuka restoran. Bila anda membuka restoran, tidak lucu kalau anda menjual ikan bakar, ikannya baru mau dipancing. Ya ‘kan? Minta sama nelayan? ‘Kan gak mungkin. Anda harus menyediakan ikan yang fresh, sudah ada di akuarium, dan kalau pesan ikannya bisa langsung dihidangkan. Dan itu semua butuh modal.

Tidak mungkin anda tidak membutuhkan modal. Atau anda pinjam ikan tetangga dulu? ‘Kan gak mungkin.

 

5.Resiko barang macet atau produk yang expired

Kemudian yang kelima, resiko barang macet atau produk yang expired. Itu memang merupakan sebuah pertimbangan yang harus dipertimbangkan sebelum anda membuka usaha. Jadi, membuka usaha saja sudah ribetnya minta ampun. Itu di zaman dahulu. Tetapi beruntungnya anda yang hidup di zaman now. Di zaman sekarang. Padahal anda di zaman sekarang, modal paling utama itu cuma smartphone. Saya ulangi, cuma smartphone saja.

Bisa anda bayangkan? Anda hanya bermodalkan smartphone, anda sudah bisa membuka usaha. Mana mungkin kalau di zaman dahulu? Jika orang tua kita dahulu masih ada, kalau melihat zaman sekarang, mungkin mereka bisa shock dan kaget kali ya..

Salah satu yang bisa menjadi bahan pertimbangan adalah Tokopedia. Jadi, mengapa saya merekomendasikan Tokopedia? Karena saya sendiri adalah pemakai Tokopedia. Jadi aplikasi ini bisa mengatasi permasalahan bisnis di zaman dahulu. Contohnya seperti masalah modal. Modal usaha. Sepertinya di zaman sekarang anda tidak perlu memiliki modal yang sebegitu besar.

Kemudian yang kedua masalah perizinan.

Perizinan juga bisa diatasi. Itu tetap diperlukan. Tetapi, anda bisa urus setelah modalnya kembali. Dan modalnya tidak harus sampai milyaran Rupiah. Sekarang dengan sekian juta Rupiah saja, anda sudah bisa memulai usaha. Yang ketiga dan keempat, jelas tidak perlu. Karena Tokopedia sudah menyelesaikan solusinya. Jadi anda tidak perlu tempat yang strategis, tempat yang mungkin dulunya harus rame, atau contohnya di mall. Atau tempat yang menarik supaya dikunjungi banyak pelanggan. Itu tidak perlu.

Di zaman sekarang, untuk masalah tempat anda bisa menghemat milyaran Rupiah. Kemudian yang keempat, produk harus tersedia di toko anda. Di zaman sekarang, sepertinya tidak terlalu penting. Yang terpenting itu justru gambar yang menarik. Gambar yang menarik itu jauh lebih ‘menjual’ daripada produk yang tersedia di toko.

Dan itu otomatis akan mengurangi resiko barang macet atau barang tidak laku.  Karena apa? Karena sebelum barang laku, anda sudah jualan dulu. Atau bahkan mungkin anda lakunya 2 bulan kemudian, tetapi anda sudah bisa pre order di zaman sekarang.

Bagi anda yang menjalankan bisnis online pasti sudah paham maksud saya. Jadi 2 bulan kemudian barang sudah terjual habis, bahkan mungkin anda tidak perlu stok barang, tetapi anda bahkan bisa baru membuat atau baru memesan pada supplier anda, barulah anda bisa membuat sesuai jumlah pre order yang sudah laku.

Anda bisa test pasar dulu.

Kalau zaman dahulu, kalau mau test pasar itu membutuhkan produk. Jika permintaan pasar sudah meluap tetapi produknya tidak ada? Wah, sudah pusing. Tetapi di zaman sekarang, sepertinya bisa dengan mudah diatasi. Dan kalau kita bicara tentang kemudahan-kemudahan bisnis zaman sekarang, anda sangat beruntung sekali.

Dan hebatnya, membuka usaha di zaman sekarang itu sangat-sangat mudah. Saya kalau ingat zaman dahulu, ketika saya mau membuka usaha. Memang untuk mengurus izin, mengurus ini harus ke notaris dahulu. Mengurus SIUP dulu, TDP dan sebagainya. Itu nanti kalau usaha anda sudah besar tetap harus anda urus. Tetapi di zaman sekarang, anda tidak perlu mengurus itu dahulu untuk legalitas usaha anda. Tidak butuh perizinan ini itu. Tetapi di zaman sekarang, anda cukup dengan 3 step.

Di Tokopedia, anda sudah bisa membuka toko. Mudah sekali ‘kan?

 

1. Membuat nama toko anda

Step yang pertama adalah anda membuat nama toko anda. Jadi anda tinggal membuat nama toko. Pastikan anda mencari nama yang menarik dan sesuai nama anda, contohnya. Atau sesuai nama pasangan anda atau nama anak-anak anda. Pokonya, cari satu nama yang menarik supaya toko anda bisa diingat konsumen. Karena nama toko yang mudah diingat itu penting. Membuat nama toko itu penting karena toko apapun harus ada namanya.

 

2. Lokasi usaha

Yang kedua adalah lokasi usaha. Itu penting untuk verifikasi usaha karena Tokopedia ingin memastikan anda tahu titik tempat logistik pengirimannya. Jadi supaya anda tahu. Jangan sampai kita mengecewakan konsumen, karena anda supplier yang bisa dipercaya. Jadi adanya lokasi usaha itu penting supaya usaha anda bisa diverifikasi dan memastikan bahwa usaha anda adalah usaha yang benar dan valid.

 

3. Tambahkan produk yang ingin anda pasarkan

Lalu step yang ketiga sangat mudah sekali. Yaitu tambahkan produk yang ingin anda pasarkan atau yang mau anda jual. Jadi cuma 3 step, selesai. Saya lantas kembali ke zaman dahulu. “Gile…, kok gampang banget ya buka usaha di zaman sekarang?”. Hanya dengan 3 step tadi, usaha anda sudah bisa berjalan. Anda sudah bisa test pasar. Anda juga menghemat milyaran Rupiah. Dan anda tidak perlu terkena resiko barang expired. Intinya sekarang anda mudah sekali untuk membuka usaha di zaman sekarang.

Kalau saya ada kesempatan bisa kembali ke 20 tahun yang lalu, seandainya sudah ada di zaman dahulu yang seperti ini, mungkin hari ini visi “Go 1%” sudah tercapai. Tetapi hal ini baru ada beberapa tahun belakangan. Jadi, it’s OK. Mari kita ciptakan Indonesia yang lebih hebat luar biasa. Saya benar-benar ingin 1% penduduk Indonesia mulai sadar untuk berwirausaha sejak dini.

Mulailah berani untuk berwirausaha, apalagi anda tidak perlu mengalami kesulitan seperti kami dahulu. Harus punya modal milyaran Rupiah dan sebagainya. Tetapi di zaman sekarang, dengan segala kemudahan yang sudah disediakan oleh Tokopedia, anda sudah bisa memulai usaha di zaman sekarang. Kapan lagi anda mau memulai usaha? Kapan lagi anda mau membuka toko anda? Saya tunggu anda membuka toko anda di Tokopedia sekarang juga.

Oke sahabat entrepreneur, demikian untuk video kali ini. Bila anda menyukai video ini jangan lupa klik subscribe, berikan like anda dan komentar-komentar anda di bawah. Ada 2 video disini silahkan ditonton. Dan jangan lupa loncengnya diaktifkan.

Sukses untuk anda semua, salam hebat luar biasa..!!

Ayo Action Sekarang..!! Jangan lupa klik link :

http://tkp.me/suksesebelum30tahun

Sahabat entrepreneur, sebetulnya anda yang lahir di zaman sekarang ini sangat beruntung.

Sahabat entrepreneur, sebetulnya anda yang lahir di zaman sekarang ini sangat beruntung.

Sahabat entrepreneur, sebetulnya anda yang lahir di zaman sekarang ini sangat beruntung. Karena di zaman sekarang, membuka usaha itu sangat mudah sekali. Mengapa saya katakan ‘sangat mudah’ menjadi pengusaha zaman now? Simak penjelasannya berikut ini!

Leave a Reply