Mengapa Penghasilan Anda Meningkat Tetapi Justru Hutang Semakin Membengkak atau Besar?

0
449

Mengapa Penghasilan Anda Meningkat Tetapi Justru Hutang Semakin Membengkak atau Besar?

Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Bertemu kembali di episode kali ini, yaitu : “Mengapa Penghasilan Anda Meningkat Tetapi Justru Hutang Semakin Membengkak atau Semakin Besar?”.

Jadi sebetulnya saya sangat paham mengapa dulu saat belum punya penghasilan besar, hutang saya justru tidak banyak. Sekarang mengapa ketika penghasilan besar, hutang semakin meningkat? Inilah sifat dasar manusia. Jadi sifat dasar manusia itu sebetulnya ‘dari yang tidak punya menjadi punya’. Lalu ketika sudah memiliki, keinginan semakin bertambah.

Artinya begini, dulu mungkin gaji anda 3 juta dalam sebulan. Yang penting cukup makan, cukup tidur, kebutuhan primer sudah terpenuhi, itu sudah cukup. Sekarang, tiba-tiba income‘nya melonjak naik menjadi 10 juta per bulan. Ketika gaji anda sudah 10 juta, anda mulai melirik teman-teman anda. “Wah, teman saya dengan gaji 10 juta bisa punya ini dan itu. Saya juga tergoda ingin punya jam  tangan yang lebih bagus”.

Dulu tidak pernah ke salon, sekarang rajin ke salon. Rambutnya tidak pernah diwarnai, sekarang ikut-ikutan hair colouring, di-ion dan lain-lain. Dulu tidak pernah manicure pedicure, sekarang rajin manicure pedicure. Dulu handphone‘nya biasa saja, android biasa. Sekarang minimal merk‘nya harus merk terkenal. Harga android‘nya sampai puluhan juta Rupiah.

Akhirnya kebutuhan anda semakin meningkat. Dan semuanya berupa cicilan. Akhirnya, setiap bulan tanggungannya semakin banyak. Dulu mungkin dengan penghasilan 3 juta, anda masih bisa saving, masih bisa menabung. Sekarang penghasilan anda 10 juta, kok malah minus? Anda mungkin merasa seperti ini. Jawabannya hanya satu, “ANDA BELUM SIAP’. Itulah kata kuncinya.

Jadi anda ‘tidak siap’. Anda tidak siap menerima uang banyak. Anda tidak siap menerima uang kaget. Namun gaya hidup anda justru meningkat. Ketika gaya hidup meningkat, anda tidak siap. Padahal sebetulnya sahabat entrepreneur, ini cuma masalah kebiasaan.

Anda tidak siap menghadapi itu semua.

Kalau saya mengibaratkan orang yang biasanya satu bulan hanya menerima 2 atau 3 juta. Ketika tiba-tiba dia menerima 100 juta, maka dia akan kaget. Dia bingung, uang 100 juta ini mau diapakan? Itu pasti, percaya pada saya. Buktikan saja. Orang yang biasanya memiliki income 3 juta, saya tidak menyebutkan profesi disini. Mereka yang biasanya mendapatkan gaji 3 juta per bulan, tiba-tiba diberi 100 juta dalam sebulan. Pasti dia akan kaget, bingung dan kelabakan.

Mungkin dia bisa langsung pergi ke mall, ke toko emas, ke toko baju atau yang lainnya. Mungkin akan dihabis-habiskan. Artinya ia tidak siap. Padahal kalau anda punya persiapan, harusnya tidak seperti itu. Sama juga ketika anda memiliki income 10 juta per bulan, tiba-tiba anda diberi 1M per bulan. Anda juga pasti shock. Uang ini mau digunakan untuk apa ya? Akhirnya anda merasa bingung.

Channel ini saya buat tujuannya adalah satu : MENGEDUKASI ANDA SUPAYA SEMAKIN BIJAK DALAM MENGATUR KEUANGAN. Silahkan anda tonton video-video saya sebelumnya disini :

  1. 3 Cara Menabung
  2. 3 Cara Menabung untuk Orang yang Berpenghasilan di Bawah 10 Juta Rupiah

Yang dimaksud video ini termasuk orang yang berpenghasilan 5 juta, 2 juta atau 1 juta. Jadi jangan bertanya lagi, “Pak, tolong buatkan video untuk yang income‘nya di bawah 1 juta”. Atau mungkin minta dibuatkan video untuk yang berpenghasilan 500 ribu. Semua sudah terangkum di video tersebut. Saya sudah buat video bagi income yang terkecil, disitu sudah ada solusinya. Bahkan dengan 6 ribu Rupiah per bulan pun, anda bisa menabung. Tolong simak baik-baik video saya sebelumnya.

Jadi intinya, sebetulnya bukan masalah di penghasilan anda. Kembali lagi masalahnya adalah pada MINDSET anda.

“You’re not ready to get big money”

Anda tidak siap menerima uang dalam jumlah besar. Jadi kata kuncinya adalah di PERSIAPAN. Karena apa? Biasanya orang yang menerima income banyak, tiba-tiba temannya juga menjadi banyak. Anda simak video saya “3 jenis Teman“. Jadi ada 3 jenis teman yang harus anda miliki. Ada mentor friend, ada buddy friend, dan juga ada follower friend.

Biasanya kalau income anda melonjak drastis, tiba-tiba buddy friend anda akan meningkat. Teman-teman yang ingin party, mengajak happy-happy, teman-teman yang tidak ada tiba-tiba menjadi ada, pasti banyak teman yang seperti ini. Teman-teman anda jenisnya sudah berbeda. Lingkungan atau Circle of Friend anda juga pasti berbeda.

Anda tidak mau lagi berteman dengan mereka yang berpenghasilan 3 juta Rupiah. Anda pasti ingin dilkelilingi oleh mereka yang juga berpenghasilan 10 juta. Bahasa orang berpenghasilan 10 juta dengan 3 juta itu sudah berbeda. Jam tangan yang dipakai beda, mobil yang dipakai beda, gaya party‘nya pun berbeda.

Orang berpenghasilan 10 juta dengan 1 juta juga berbeda cara bicaranya. Yang seperti ini tidak ada habisnya. Ingatlah bapak ibu, yang membuat manusia stress itu bukanlah penghasilan. Yang membuat manusia stress adalah gaya hidup. Gaya hidup inilah yang seringkali membuat keinginan orang tidak ada habisnya. Keinginannya banyak dan tidak ada habisnya. Akhirnya anda stress sendiri.

Ketika income anda besar, bawaannya justru stress. Jadi bukan karena income banyak anda menjadi semakin tenang, tetapi justru semakin stress. Video ini ditujukan untuk anda. Karena apa? Karena yang membuat anda stress itu adalah karena anda tidak siap. Gaya hidup anda inilah yang membuat anda menderita. Setuju, sahabat entrepreneur?

Jadi, anda yang dulu tidak mengenal perjudian, sekarang berjudi. Akhirnya yang namanya anda berjudi, berapapun dan sebesar apapun penghasilan anda, tidak akan pernah ada kata ‘CUKUP’. Silahkan anda buktikan. Saya sudah membahas di video saya “4 Kebiasaan Orang yang Tidak Sukses“. Jangan pernah anda berjudi, karena itu berbahaya sekali.

Tidak ada kata CUKUP.

Akhirnya gara-gara judi, anda tidak mengenal INVESTASI. Anda tidak mengenal MENABUNG. Karena apa? Kalau anda terus mengikuti buddy friend anda, anda mengikuti gaya hidup teman anda, tidak ada habisnya. INGAT, di rumah ada keluarga. Ingat, di rumah ada orang tua. Anda harus mengingat bahwa ada orang-orang yang anda cintai. Kalau anda hanya mengikuti teman, ketika suatu hari anda jatuh miskin dan bangkrut, teman anda tidak akan peduli pada anda. Percaya pada saya. Karena mereka juga memiliki kehidupan mereka masing-masing.

Seringkali teman anda peduli saat anda memiliki uang. Ketika uang anda sudah habis, akhirnya yang peduli siapa? Lagi-lagi yang peduli hanya keluarga anda. Istri anda atau anak anda. Yang peduli adalah orang tua anda. Teman anda yang dulu hebat-hebat, happy-happy bareng, kemana?? hilang semua. Dan saya sudah melihat banyak contoh seperti ini.

Jadi sahabat entrepreneur, di nasehat pada tips edukasi saya kali ini, kalau income anda meningkat, tolong belajarlah menabung. Jangan berfoya-foya. Jangan dihabiskan untuk sesuatu yang tidak perlu. Jadi sebaiknya anda belajarlah investasi dan menabung. Dengan demikian, anda akan bijak menggunakan penghasilan anda dengan baik.

Niscaya jika timing anda mendapatkan penghasilan besar itu semakin banyak dan sering, maka anda akan hidup dengan tenang dan bahagia. Karena bisa jadi suatu hari penghasilan anda menurun. Dan itu tidak bisa dipungkiri. Karena yang namanya hidup itu terkadang bisa naik dan turun. Ketika penghasilan anda menurun, anda masih punya tabungan untuk biaya hidup anda.

Tetapi jika gaya hidup anda sudah high class, sedangkan penghasilan anda rendah, maka anda bisa menjadi stress. Karena apa? Karena pasti setiap bulannya anda akan terus berhutang. Jika seandainya dibalik, penghasilan anda besar, namun gaya hidup anda sederhana. Niscaya hidup anda akan tenang. Karena hidup anda sederhana. Jika sebaliknya, anda akan menjadi stress.

Namun yang banyak terjadi adalah sudah penghasilannya rendah, tetapi gaya hidupnya high class, tidak mau menurun.

Biasanya tidur di hotel bintang lima, makan makanan mewah, maunya makan di restoran. Disuruh makan di rumah tidak mau. Makan makanan yang sederhana juga tidak mau. Ini parah sekali. Artinya, anda harus BELAJAR UNTUK HIDUP SEDERHANA. Kembali seperti di saat anda belum terbiasa memiliki gaya hidup high class. Jika anda bisa seperti ini, niscaya hutang anda tidak akan membengkak. Hutang anda tidak akan meningkat.

Demikian tips saya kali ini. Semoga menjawab anda yang bertanya dan juga bermanfaat bagi anda yang memiliki penghasilan besar tetapi gaya hidup anda tidak bisa menurun. Semoga hidup anda ada kemajuan setelah menonton channel ini. Bila anda menyukai channel seperti ini silahkan klik like, berikan juga comment yang positif dan jangan lupa subscribe. Jangan lupa klik icon lonceng, maka setiap ada video terbaru anda pasti akan mendapatkan notifikasi.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa!!

 

Channel ini saya buat tujuannya adalah satu : MENGEDUKASI ANDA SUPAYA SEMAKIN BIJAK DALAM MENGATUR KEUANGAN.

Channel ini saya buat tujuannya adalah satu : MENGEDUKASI ANDA SUPAYA SEMAKIN BIJAK DALAM MENGATUR KEUANGAN.

"Mengapa Penghasilan Anda Meningkat Tetapi Justru Hutang Semakin Membengkak atau Besar?". Channel ini saya buat tujuannya adalah satu : MENGEDUKASI ANDA SUPAYA SEMAKIN BIJAK DALAM MENGATUR KEUANGAN. Temukan nasehat pada tips edukasi saya kali ini

Leave a Reply