Waktu senggang sering dimanfaatkan sebagai saat untuk melakukan hobi. Untuk Anda yang mempunyai hobi membaca, pasti waktu senggang tersebut akan digunakan untuk membaca, entah itu novel, komik, koran atau majalah. Selamat! Anda telah mengisi waktu senggang Anda dengan hal bermanfaat.

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa membaca berdampak positif bagi kehidupan seseorang. Berikut manfaatnya.

Membaca Meningkatkan Kekuatan Otak

Mengapa Perlu Mengisi Waktu Senggang Dengan Membaca? sukses sebelum 30 successbefore30.co.id kesehatan otak brain reading membaca usia muda sebelum 30 usia tua manfaat penelitian music game funsi otakmemorising memori mengingat daya ingat Membaca Meningkatkan Kekuatan OtakMenghilangkan Stress dan KekawatiranMenambah Kosa KataBisa Keliling Dunia Dengan MembacaMenambah Teman Dalam HidupmuS. Wilson dari Rush University Medical Center, Chicago Dr. David Lewis sebagai neuropsikologis kognitif,Anggaplah otak adalah perutmu yang harus selalu diberi makan. Hanya saja makanan otak adalah pengetahuan. Salah satu cara memberinya makan adalah dengan membaca. Robert S. Wilson dari Rush University Medical Center, Chicago mengatakan untuk tidak meremehkan aktifitas sehari-hari, seperti membaca dan menulis. Pasalnya, penelitian yang melibatkan 294 partisipan, menemukan fakta bahwa mereka yang melakukan aktifitas merangsang mental, seperti membaca dan menulis, memiliki memori yang lebih sehat. Sebaliknya, mereka yang tidak melakukan aktifitas merangsang mental, mengalami penurunan fungsi memori lebih cepat.

Menghilangkan Stress dan Kekawatiran

Mengapa Perlu Mengisi Waktu Senggang Dengan Membaca? sukses sebelum 30 successbefore30.co.id kesehatan otak brain reading membaca usia muda sebelum 30 usia tua manfaat penelitian music game funsi otakmemorising memori mengingat daya ingat Membaca Meningkatkan Kekuatan OtakMenghilangkan Stress dan KekawatiranMenambah Kosa KataBisa Keliling Dunia Dengan MembacaMenambah Teman Dalam HidupmuS. Wilson dari Rush University Medical Center, Chicago Dr. David Lewis sebagai neuropsikologis kognitif,Anda sedang stress dan sering merasa khawatir? Maka tidak ada salahnya mengisi waktu dengan membaca. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Mindlab International di University of Sussex, menemukan hubungan antara stress dan membaca. Dalam hal ini, Dr. David Lewis sebagai neuropsikologis kognitif, mengatakan bahwa membaca dapat mengurangi 68% tingkatan stress seseorang. Anda bisa melakukannya dengan membaca selama sekitar 6 menit dalam keadaan tenang. Hal ini dengan mudah membantu menenangkan denyutan jantung yang cepat saat stress meningkat. Menurut saya, sih, ini seperti salah satu metode relaksasi bagi seorang penderita stress.

Penelitian ini juga menjelaskan bahwa, musik mengurangi 61% tingkatan stress, sedangkan bermain game mengurangi 21%, meminum teh mengurangi stress sebanyak 54%, dan terakhir berjalan-jalan mengurangi stress sebanyak 42%.

Menambah Kosa Kata

Mengapa Perlu Mengisi Waktu Senggang Dengan Membaca? sukses sebelum 30 successbefore30.co.id kesehatan otak brain reading membaca usia muda sebelum 30 usia tua manfaat penelitian music game funsi otakmemorising memori mengingat daya ingat Membaca Meningkatkan Kekuatan OtakMenghilangkan Stress dan KekawatiranMenambah Kosa KataBisa Keliling Dunia Dengan MembacaMenambah Teman Dalam HidupmuS. Wilson dari Rush University Medical Center, Chicago Dr. David Lewis sebagai neuropsikologis kognitif,Membaca memperkenalkanmu pada kosa kata yang sebelumnya tidak kamu ketahui. Kosa kata ini bisa saja kosa kata dalam bahasamu atau bisa juga dari bahasa asing. Bukankah ini hal yang bagus. Peningkatan kosa kata ini akan membantumu dalam menulis dan membaca serta berbicara. Wah, kamu bisa tambah pintar, nih. Untuk Anda yang sedang mempelajari bahasa asing, jangan lupa untuk menyempatkan diri membaca buku-buku berbahasa asing tersebut.

Bisa Keliling Dunia Dengan Membaca

Mengapa Perlu Mengisi Waktu Senggang Dengan Membaca? sukses sebelum 30 successbefore30.co.id kesehatan otak brain reading membaca usia muda sebelum 30 usia tua manfaat penelitian music game funsi otakmemorising memori mengingat daya ingat Membaca Meningkatkan Kekuatan OtakMenghilangkan Stress dan KekawatiranMenambah Kosa KataBisa Keliling Dunia Dengan MembacaMenambah Teman Dalam HidupmuS. Wilson dari Rush University Medical Center, Chicago Dr. David Lewis sebagai neuropsikologis kognitif,Masih ingat ‘’buku adalah jendela dunia’’. Kata-kata ini masih akan tetap berlaku, loh. Membaca akan membawamu berkeliling dunia. Anda akan diperkenalkan dengan berbagai budaya, bahasa, suku, ras, dll. Jika dulu pengetahuanmu hanya sebatas Negaramu, maka dengan membaca pengetahuanmu akan merambah Negara lain. Selain itu, buku juga bisa menuntun Anda kepada pengetahuan-penegtahuan lainnya, jika saja Anda berminat membacanya.

Menambah Teman Dalam Hidupmu

Mengapa Perlu Mengisi Waktu Senggang Dengan Membaca? sukses sebelum 30 successbefore30.co.id kesehatan otak brain reading membaca usia muda sebelum 30 usia tua manfaat penelitian music game funsi otakmemorising memori mengingat daya ingat Membaca Meningkatkan Kekuatan OtakMenghilangkan Stress dan KekawatiranMenambah Kosa KataBisa Keliling Dunia Dengan MembacaMenambah Teman Dalam HidupmuS. Wilson dari Rush University Medical Center, Chicago Dr. David Lewis sebagai neuropsikologis kognitif,Pernah melihat beberapa orang yang bisa berteman hanya karena menyukai novel yang sama? Itulah salah satu kekuatan buku. Sama seperti musik, buku pun menyatukan orang-orang yang awalnya tak saling mengenal satu sama lain. Anda mungkin takkan berteman dengan semua orang didunia ini. Tapi, paling tidak Anda menarik orang-orang yang memiliki kesamaan hobi denganmu.

Leave a Reply