Mengubah Kebiasaan Menunda Menjadi Sebuah Motivasi Untuk Anda

0
625

Mengubah Kebiasaan Menunda Menjadi Sebuah Motivasi Untuk Anda

 

Kebiasaan menunda adalah suatu ‘penyakit lama’ yang diderita banyak orang setiap hari. Namun, hal itu juga merupakan sesuatu yang penting untuk diatasi.

Alasan untuk melakukan penundaan paling umum yang sering kita lakukan adalah seperti berikut ini :

  • Saya akan mengerjakan ini besok, karena waktunya tidak cukup jika dikerjakan hari ini.
  • Saya bekerja lebih baik jika di bawah tekanan. Lebih baik menunggu sampai hampir deadline, maka hasil pekerjaan ini akan menjadi lebih baik.
  • Ini adalah suatu proyek besar. Bahkan rasanya tidak ingin untuk memikirkan proyek ini. Saya akan menundanya besok.
  • Saya tidak benar-benar ingin melakukan hal ini. Proyek ini bisa saya kerjakan suatu saat nanti.

Sayangnya, penundaan ini justru mengarah pada hari yang tak terelakkan. Yaitu ketika anda harus benar-benar menyelesaikan tugas sesuai deadline. Mungkin kebanyakan orang sebenarnya bisa mengerjakannya di bawah tekanan waktu. Namun bekerja dengan cara seperti ini tidak selalu menghasilkan hasil yang terbaik. Bahkan anda akan kekurangan waktu untuk melakukan percobaan dan membuat pekerjaan anda sempurna.

 

Penyebab anda suka menunda :

5-questions-you-need-to-ask-yourself-in-order-to-remain-productivePenundaan adalah bagian dari kondisi manusia. Setiap manusia memiliki jangka waktu untuk mencapai sesuatu, yang sering membuat kita suka menunda pekerjaan. Bahkan walau kita bisa memulai sekarang. Mungkin ini adalah kebiasaan masyarakat modern, yang seringkali hanya fokus pada hasil instan. Saat ini pekerjaan bukan lagi sesuatu yang harus dilakukan dengan hati-hati dalam jangka waktu yang lama.

Bagian dari dunia bisnis modern untuk kebanyakan dari kita juga melibatkan konektivitas konstan. Ponsel, telepon kantor, e-mail, Blackberry, dll terus berdering, berdengung dan tentunya mengganggu kita. Teman-teman kita, orang tua, rekan kerja, atasan, maupun manajer, semua orang berlomba-lomba untuk mengalihkan perhatian kita. Sehingga terkadang kita harus membalas pesan sepele, juga terkadang sesuatu yang penting. Ini juga salah satu hal yang membuat kita sering menunda.

Teknologi adalah bagian dari kehidupan modern, dan kita telah belajar untuk memanfaatkannya secara efisien. Namun teknologi dapat menjadi penghalang ketika anda membutuhkan kekuatan fokus di tengah-tengah proyek yang anda kerjakan.

Memang tidak ada yang salah dengan tetap berhubungan dan ramah atau bersosialisasi dengan rekan-rekan anda, rekan kerja dan teman-teman. Tidak ada yang salah dengan memberikan perhatian untuk orang yang anda cintai.

Sebenarnya saya justru mendukung anda untuk bersosialisasi dengan mereka. Tetapi ada waktu dan tempat yang tepat dalam mencurahkan perhatian untuk mereka. Dan sayangnya, kehilangan fokus terkadang bisa membuat anda kehilangan minat untuk bekerja. Dan juga kehilangan motivasi dengan tugas yang sudah ada di tangan anda.

 

Berikut ini adalah 6 cara untuk meminimalisir penundaan dan memaksimalkan motivasi :

  • Untuk menjadi seseorang yang paling ahli, sukses dan bahagia dengan apapun yang anda lakukan dalam hidup anda. Terutama jika anda memproduksi produk intelektual. Anda harus memiliki lingkungan yang bebas gangguan. Hal ini akan menjamin pikiran anda benar-benar terfokus pada tugas di tangan dan anda akan selalu mendapatkan hasil terbaik.
  • Mulailah proyek sesegera mungkin jika anda memiliki waktu senggang.

Setelah anda memulainya, anda akan terkejut ketika mengetahui betapa mudahnya mengubah kebiasaan menunda.

Anda tidak perlu berpikir tentang bagaimana cara untuk memulai sesuatu dan bertindak. Anda selalu dapat meningkatkan mekanisme proyek dan membuat perubahan yang anda inginkan. Jadi, memulai proyek sesegera mungkin adalah sesuatu yang sangat penting.

  • Hilangkan semua gangguan dari lingkungan anda. Apapun yang membuat anda kehilangan fokus adalah sesuatu yang berpotensi membuat anda melakukan penundaan dan dapat menghancurkan motivasi anda.
  • Makanlah dengan teratur, tidur cukup dan berolahragalah secara rutin. Menurut pengalaman pribadi saya, jika kita memiliki pikiran dan tubuh yang sehat, maka kita cenderung tidak suka menunda-nunda. Anda akan merasa lebih baik. Anda akan lebih bersemangat dan aktif, serta lebih optimis dalam mencapai tujuan anda lebih cepat daripada menundanya. Jika anda merasa lelah atau pusing, anda akan kurang produktif dan kemungkinan akan menunda-nunda dalam mengerjakan tugas sampai hari berikutnya.
  • Kerjakan proyek anda bersama dengan tugas lainnya, sehingga anda tidak hanya melakukan hal yang sama persis setiap hari. Jika anda mengerjakan hal-hal berbeda setiap harinya, maka pekerjaan anda akan lebih menarik bagi anda. Dan anda tidak akan cenderung menunda pekerjaan anda.
  • Jagalah pikiran anda agar selalu positif, dan anda harus segera sadar ketika anda memasuki siklus penundaan. Disinilah anda perlu untuk menjaga pikiran anda secara lebih intens. Mulailah dengan masuk ke dalamnya dan melakukan langkah awal dalam tugas anda dan menyelesaikannya. Duduklah dan buat diri anda nyaman dengan mengubah proyek tersebut menjadi sesuatu yang tidak menakutkan bagi anda.
Kebiasaan menunda adalah suatu ‘penyakit lama’ yang diderita banyak orang setiap hari. Namun, hal itu juga merupakan sesuatu yang penting untuk diatasi.

Kebiasaan menunda adalah suatu ‘penyakit lama’ yang diderita banyak orang setiap hari. Namun, hal itu juga merupakan sesuatu yang penting untuk diatasi.

Kebiasaan menunda adalah suatu ‘penyakit lama’ yang diderita banyak orang setiap hari. Namun, hal itu juga merupakan sesuatu yang penting untuk diatasi. Berikut ini adalah 6 cara untuk meminimalisir penundaan dan memaksimalkan motivasi :

Leave a Reply