Menjual dengan Bijaksana & Menyenangkan

Joe Girard dikenal sebagi penjual yang sangat populer di dunia. Keberhasilannya memasarkan 1.425 unit mobil dalam satu tahun menempatkan namanya dalam Guiness World Record (pemegang rekor dunia). Dalam bukunya berjudul The Greatest Salesman in The World, ia mengungkapkan tentang teknik-teknik efektif dalam menjual.

Sebuah pengalaman yang sudah sangat memepengaruhi cara pendekatannya dalam menjual mobil ketika ia sedang melayani seorang konsumen. Ia berhasil menarik minat konsumen tersebut untuk membeli. Tetapi saat sudah hampir dilakukan transaksai jual beli, orang itu tiba-tiba membatalkan niatnya membeli. Pikiran Hoe sangat terganggu atas kejadian yang menimpanya siang itu.

Joe sangat ingin tahu mengapa orang itu membatalkan niatnya. Malam itu juga sekitar jam 11 malam Joe Girald menelpon sang calon konsumen. Orang itu sedikit kaget dan enggan mengungkapkan alasannya membatalkan transaksi pembelian. Tetapi Joe Girald terus meyakinkan ketulusan dan niat baiknya mengetahui penyebab pembatalan itu.

Joe berhasil mengorek keterangan dari calon pembeli tadi, bahwa orang itu sebenarnya ingin sekali membeli. Tetapi calon pembeli itu merasa tersinggung ketika Joe tidak mengindahkan dirinya yang sedang menceritakan perasaan bangga terhadap anaknya yang berhasil masuk ke perguruan tinggi. Pelanggan itu tidak suka terhadap sikap Joe yang lebih memperhatikan humor salah seorang rekannya. “Saya tidak membeli sesuatu dari orang yang tidak menghormati saya”. Kata pelanggan itu.

Informasi tersebut sangat berarti bagi diri Joe. Ia menarik kesimpulan bahwa setiap orang cenderung membeli sesuatu dari orang yang mereka senangi. Karena itu Joe pun selalu mengingatkan, “Promosikan dirimu, sebelum promosi produkmu”.

Kisah diatas mengingatkan kita agar mengedepankan pelayanan dalam memasarkan produk apapun, termasuk produk jasa maupun barang. Betapapun produk yang kita tawarkan cukup unggul dengan harga yang kompetitif, tetapi jika mengabaikan pelayanan yang baik akan berakibat fatal pada prospek pemasaran. Sebaliknya, dengan pelayanan yang baik maka keunggulan produk dengan kualitas dan harga kompetitif yang kita tawarkan mudah dipasarkan.

Berikut ini adalah beberapa cara sederhanan untuk memberikan pelayanan terbaik sekaligus menikmati seni berdagang :

Langkah 1

Kenali calon konsumen anda. Tujuannya adalah menciptakan suasana yang komunikatif dengan konsumen. Dengan demikian kita akan mendapatkan informasi tentang produk yang paling diinginkan konsumen dengan cara lebih tepat untuk menghargai mereka. Memberikan pelayanan terbaik termasuk memberikan informasi tentang kelebihan dan keunggulan dengan jujur, sistematis dan tidak berbelit-belit. Sekali saja kita mengada-ada, maka hal itu akan mempersulit prospek pemasaran selanjutnya. Berkata  dan bersikap jujur adalah langkah yang palin bijaksana dan menyenangkan dalam berdagang.

Langkah 2

Dalam memasarkan produk, upayakan untuk menempatkan diri pada posisi sebagai pembeli. Dengan demikian kita akan dapat merasakan informasi yang mereka butuhkan tentang produk. Menjawab pertanyaan mereka dengan sabar dan lengkap akan menjadikan produk yang kita pasarkan mudah laku.

Selain harga dan kualitas yang bersaing, faktor pelayanan menempati posisi strategis untuk mencapai kesuksesan memasarkan produk apapun, “Hanya ada 2 sebab pelanggan ingin membeli dari kita. Alasan pertama adalah produk yang menjadi solusi permasalahan konsumen. Alasan kedua adalah konsumen senang dengan kita” Michael Le Boeuf dari buku How to Win Customers and Keep Them for Life

Dikutip dari Buku The New Inspiration – Dr. Andrew Ho (www.Andrewho-uol.com)


Posted

in

,

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.