Multitasking Tidak Bermanfaat. Gunakan Cara Lama Untuk Menyelesaikan Pekerjaan Anda !

0
296

Multitasking Tidak Bermanfaat. Gunakan Cara Lama Untuk Menyelesaikan Pekerjaan Anda !

Semua orang ingin menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu sesingkat mungkin. Sayangnya, multitasking hanya berguna dan terbatas pada sejumlah kecil tugas. Anda tidak dapat menerima panggilan telepon mendesak saat anda mempersiapkan laporan yang sama pentingnya, karena kedua tugas ini membutuhkan fokus. Kebanyakan orang secara bergantian mengerjakan dua tugas yang sama pentingnya untuk menyelesaikan kedua pekerjaan tersebut pada waktu yang sama. Tetapi multitasking justru tidak akan menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Pernahkah pikiran anda terjebak saat menerima panggilan, mengerjakan beberapa e-mail, kemudian orang lain bertanya, “apa yang anda pikirkan?” Dan anda tidak mendengar apa yang ia katakan karena anda sibuk menulis e-mail penting. Ya, seperti itulah yang saya bicarakan.

Otak manusia hanya bisa fokus pada satu tugas penting dalam satu waktu. Dan biasanya, beberapa fungsi menggunakan sepenuhnya kemampuan mental kita. Ketika kita mengalihkan fokus kita dari satu tugas ke yang lain, perubahan dapat mengganggu aliran pikiran dan memaksa otak fokus ke arah yang berbeda. Otak kita membutuhkan beberapa waktu untuk restart, dan beralih fokus secara konstan dapat membingungkan otak anda setelah beberapa saat dan kualitas pekerjaan anda justru semakin buruk.

Konsep ini mirip dengan fokus lensa kamera. Bahkan kamera dan lensa terbaik juga dapat tidak fokus setelah mereka dipindahkan dari satu posisi ke posisi lain dengan cepat. Jika kamera anda terus beralih fokus dari posisi  yang satu ke posisi lain berulang kali, maka kualitas gambar yang anda ambil pasti buruk.

Strategi yang lebih efisien adalah dengan mengambil semua gambar yang anda butuhkan dari satu objek sebelum pindah ke objek berikutnya. Saya tahu anda pasti pernah mengalami masalah seperti foto sedikit bergerak dari seni foto latte di pagi hari untuk Instagram anda, sehingga hasil foto anda menjadi buruk karena kurang fokus. Jadi tidak perlu berpura-pura malu!  ^_^

Strategi sederhana, namun memiliki hasil efektif

 

Para ahli merekomendasikan bahwa anda harus fokus sepenuhnya pada satu tugas sebelum pindah ke tugas berikutnya. Pada tahun 1918, seorang pengusaha dan konsultan dengan produktivitas sukses bernama Ivy Lee memperkenalkan metode untuk meningkatkan produktivitas. Dalam rencananya, ia meminta eksekutif untuk melakukan hal ini :

  1. Buatlah daftar enam tugas-tugas penting untuk besok pada setiap akhir hari kerja.
  2. Memprioritaskan tugas yang dikerjalan terlebih dahulu berdasarkan kepentingan tugas tersebut.
  3. Hari berikutnya, fokuslah pada tugas pertama yang tertulis di dalam daftar.
  4. Bekerjalah sampai tugas pertama selesai sebelum pindah pada tugas berikutnya.
  5. Menyelesaikan semua tugas dalam daftar dengan cara yang sama dan ulangi proses untuk hari berikutnya.

Daftar strategi enam tugas penting ini mungkin terdengar sederhana, tapi hal ini dapat membantu anda untuk tetap fokus. Hal ini juga bermanfaat untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan, dengan lebih cepat serta meningkatkan kualitas usaha anda karena anda dapat memberikan fokus anda secara optimal pada semua tugas.

Anda tidak perlu “membayar biaya lebih” dengan memaksa otak anda bekerja lebih keras untuk fokus secara bergantian. Dan hasilnya produktivitas anda akan meningkat, dan dengan menjalankan metode ini maka tingkat stress anda dalam pekerjaan akan berkurang.

Saya telah menerapkan strategi ini selama beberapa minggu terakhir, dan saya telah melihat peningkatan output saya. Saya merasa lebih terorganisir dan lebih fokus.

Nilai “plus”nya jika anda menjalankan metode ini, anda akan benar-benar memiliki hasil foto yang lebih baik untuk Instagram anda, yang berarti anda bisa mendapatkan lebih banyak follower, yang berarti anda akan memiliki teman-teman yang lebih banyak pula. Dan ini merupakan salah satu cara agar anda lebih terkenal, sehingga hidup anda terasa benar-benar menakjubkan..!

Demikian artikel kali ini tentang mengoptimalkan fokus anda dan bagaimana menggunakan cara lama untuk menyelesaikan pekerjaan anda. Terapkan dalam pekerjaan anda, dan lihatlah hasil yang anda dapatkan setelah menjalankan metode di atas.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!