Mulut Anda Sering Terasa Pahit? 4 Hal Ini Penyebabnya

0
2333

Sering bangun tidur dengan rasa pahit dimulut Anda? Bahkan terkadang rasa pahit ini diikuti oleh bau mulut. Rasa pahit dimulut ini merupakan hal umum yang sering terjadi. Namun, bukan berarti hal ini harus dibiarkan. Aktivitas Anda bisa saja terganggu dengan bau mulut atau rasa pahit tersebut. Selain itu, rasa pahit dimulut bisa merupakan gejala dari penyakit yang lebih serius, seperti liver.

Lalu apa saja penyebab timbulnya rasa pahit pada mulut? Berikut penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Mulut Kering

Mulut manusia merupakan sarang bagi beberapa bakteri. Salah satunya adalah Anaerobic bacteria. Bakteri inilah yang menyebabkan bau mulut dan juga rasa pahit pada mulut. Pada malam hari produksi kelenjar ludah menurun, yang menyebabkan mulut terasa kering, sehingga bakteri ini bebas berkembang biak. Oleh sebab itu, saat bangun pagi sering kali kita mendapati rasa pahit dan bau tak sedap dimulut. Namun, saat hari terang, dimana produksi kelenjar ludah meningkat, hal ini mencegah bakteri tersebut untuk berkembang biak didalam mulut.

Produksi Asam Lambung Meningkat

Peningkatan asam lambung atau yang lebih sering dikenal dengan penyakit maag, bisa menjadi salah satu penyebab rasa pahit pada mulut. Mengapa? Saat mengidap penyakit maag, produksi asam lambung yang berlebihan didorong menuju kerongkongan. Saat itulah timbul rasa pahit pada mulut. Nah, jika mulut Anda terasa pahit jangan disepelehkan. Karena bisa saja saat itu asam lambung Anda sedang bermasalah.

 Terlalu Banyak Mengkonsumsi Vitamin C

Vitamin berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Namun, terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C justru akan membahayakan kesehatan tubuh Anda. Salah satu tanda Anda terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C adalah saat mulut Anda terasa pahit dan asam. Jadi, pastikan asupan vitamin C Anda seimbang, yah.

Sinusitis dan Flu

Mengapa sinusitis dan flu dapat menyebabkan mulut terasa pahit? Dr. Rob Danoff dari Frankfords Hospital, mengatakan bahwa ada kaitan erat antara fungsi lidah sebagai pengecap dan fungsi hidung sebagai pencium bau. Saat fungsi hidung menurun karena sinusitis dan flu, lidah pun tidak dapat berfungsi dengan baik. Oleh, sebab itu lidah hanya bisa merasakan pahit, bahkan saat mengecap makanan manis.

Leave a Reply