Tips Ini Akan Menyelesaikan Pekerjaan Anda Sebelum Deadline

0
196

Bagi seorang pekerja, deadline merupakan hal pasti yang akan dihadapi. Namun, bukan berarti hal ini harus terus dibiarkan. Anda bisa segera kehilangan pekerjaan Anda jika terus-terusan deadline. Lalu bagaimana caranya mengatasi hal tersebut?

Memiliki Prioritas

Berdasarkan pengalaman saya, prioritas adalah sebuah kewajiban yang penting untuk dimiliki oleh setiap pekerja. Anda tak bisa hanya mengatakan ‘’saya ingin menyelesaikan pekerjaan saya’’. Anda membutuhkan prioritas untuk membantu Anda memisahkan hal penting dari ketidakpentingan lainnya.

Tapi, bagaimana jika pekerjaan saya lebih dari 1 dan semuanya penting sehingga harus diselesaikan sebelum deadline. Misalnya, saya seorang pekerja kantoran yang akan melakukan presentasi minggu depan, tapi disisi lain saya juga harus mengurus dokumen-dokumen lainnya.

Anda tidak bisa mengerjakan 2 atau lebih pekerjaan dalam waktu yang bersamaan, bukan. Diantara semua pekerjaan (penting) itu, pasti ada yang harus Anda dahulukan. Lupakan saja multitasking. Mengerjakan banyak hal sekaligus hanya memecah fokus atau konsentrasi Anda. Seseorang yang kehilangan fokus atau konsentrasinya tidak akan bisa menyelesaikan pekerjaanya dengan cepat. Anda mungkin bisa saja menyelesaikan 2 atau lebih pekerjaan sesuai waktu yang diharapkan. Namun, coba diteliti lagi pekerjaanmu, karena bisa saja hasilnya tak semaksimal saat Anda mencurahkan semua fokus Anda hanya pada 1 pekerjaan yang Anda prioritaskan.

Mungkin Anda berpikir bahwa rekan kerja Anda dapat membantu Anda menyelesaikannya. Tentu saja ia bisa, dengan syarat, ia akan membantu Anda setelah ia menyelesaikan pekerjaannya atau ia akan membantu Anda jika ia berbaik hati mengabaikan pekerjaannya.

Tanyakan pada diri Anda ‘’Manakah yang lebih penting untuk saya kerjakan terlebih dahulu?’’ dan ‘’Apakah dampaknya jika saya tidak mengerjakannya?’’ 
Buatlah list semua pekerjaan penting Anda dan cobalah untuk mencari mana kah yang lebih membawa keuntungan besar bagi karir Anda.

Mengikuti contoh diatas, jika presentasi lebih membawa keuntungan bagi karir Anda, maka kerjakan presentasi Anda terlebih dahulu. Lalu bagaimana dengan dokumen-dokumen yang harus saya urusi? Bukankah setiap hari juga seorang pekerja kantoran biasa bergumul dengan dokumen. Anda sudah sering melakukannya yang berarti Anda bisa menyelesaikannya dengan mudah.

Lakukan pekerjaan yang penting dan sulit terlebihan dahulu. Sisanya bisa menanti Anda diwaktu setelahnya. 

Leave a Reply