Pentingnya Silaturahmi (Networking)

0
945

Pentingnya Silaturahmi (Networking)

Klik disini untuk melihat di YouTube

Topik saya kali ini adalah : “Pentingnya Silaturahmi atau Networking”.

Sebetulnya selama 20 tahun dalam saya menjalankan bisnis, satu kata kunci ini adalah “Networking”, atau membangun hubungan dengan manusia. Atau di Indonesia kita lebih sering kenal dengan istilah “silaturahmi”. Mengapa silaturahmi itu penting? dalam bahasa Mandarin adalah “Guan Shi”. Hubungan bisnis, atau hubungan pertemanan, atau hubungan kemanusiaan. Guan Shi, dalam bahasa Mandarin. Itulah sebab banyak orang-orang Tiongkok, mereka sukses dan menjadi pengusaha-pengusaha berhasil. Karena mereka sangat mengerti akan kekuatan Guan Shi ini, atau hubungan networking, atau hubungan silaturahmi ini.

Sahabat entrepreneur, sebetulnya membangun hubungan, atau networking, atau silaturahmi, itu bukan cuma dilakukan pada saat tahun baru, atau saat Idul Fitri, atau pada saat Natalan, atau pada saat Imlek, itu salah besar. Sebetulnya hubungan silaturahmi itu harus bisa dibangun, dijadwalkan, sering-sering. Mengapa demikian?  Karena hubungan silaturahmi itu sesuatu yang justru mendatangkan rezeki.

Sahabat entrepreneur, anda jangan berdoa saja. Rezeki itu tidak turun dari langit. Tidak ada segepok uang turun dari langit lalu meluluh lantahkan emas turun dari langit, langsung uangnya tiba. Sebetulnya rezeki itu datang darimana? Dari sesama manusia. Bagaimana anda bisa punya hubungan sesama manusia kalau anda tidak sering membangun networking atau silaturahmi? Dari kita membangun silaturahmi dengan siapapun, tentunya kita akan mendengarkan informasi, membangun hubungan pertemanan, karena setiap orang punya masalah yang sama.

Mungkin saat ini anda kekurangan uang, anda kekurangan teman, anda kekurangan waktu, anda punya masalah. Siapa tahu dari silaturahmi tersebut, anda bisa mempunyai satu solusi atas semua permasalahan anda. Ingat, setiap manusia yang ada di muka bumi ini tidak ada yang tidak punya masalah. Tetapi dari bertemu, istilah kerennya sekarang ini kopdar atau “kopi darat”, itu juga merupakan kekuatan silaturahmi. Dari situ kita bisa saling berbagi, tentunya dengan komunitas yang positif.

Kalau anda setiap hari silaturahmi dengan kumpulan-kumpulan yang tidak mendatangkan manfaat bagi masa depan, anda juga akan mendapatkan hal-hal seperti itu. Para pemabuk saat ini kumpulnya dengan para pemabuk. Ya cocok, karena yang dibahas juga tidak jelas. Para pejudi kumpulnya dengan para pejudi. Cocok, karena yang dibahas seputar itu, “Lo makan gue atau gue makan elo?”

Itu silaturahmi yang menurut saya harus ditinggalkan kalau anda mau membangun masa depan yang lebih baik. Tentunya anda harus punya satu komunitas mulai dari mulut ke mulut teman. Suatu hari anda pasti menemukan suatu komunitas yang positif. Dan tentunya disitu dapat membuat pikiran anda lebih maju. Ingat! Manusia itu dibentuk, adalah produk dari lingkungannya. Lingkungan anda seperti apa, itu menghasilkan output seperti apa. Darimana lingkungan ini berasal? Dari kekuatan silaturahmi.

Anda mau menjadi siapa, anda harus mempunyai komunitas seperti apa. Kebetulan saya punya komunitas bisnis namanya “YES”. Yaitu salah satu community saya disini. Ini juga salah satu, kalau anda ingin punya komunitas untuk membangun bisnis, disini kami juga mempunyai komunitasnya. Saya percaya kekuatan silaturahmi bisa membangun masa depan anda lebih baik.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!