Penyakit-Penyakit Ini Akan Menyerang Jika Anda Terlalu Sering Duduk

0
135

Hampir setiap saat seseorang dihadapkan dengan rutinitas yang membuatnya duduk berjam-jam. Mulai dari bekerja dikantor, bermain game dikomputer, menonton televisi, bahkan saat ditoilet. Mungkin sesekali Anda perlu memperbanyak jalan kaki atau melakukan aktivitas lainnya, selain duduk. Pasalnya, terlalu lama duduk menjadikan Anda sasaran bagi beberapa penyakit dibawah ini.

Penyakit Kardiovaskular

Andrea LaCroix, direktur Woman’s Health Center of Excellence dari University of California, San Diego, menyatakan bahwa terlalu lama duduk akan menyebabkan masalah kardiovaskular. Hal ini akan meningkatkan resiko terkena serangan jantung dan penyakit hati lainnya. Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Preventive Medicine, penyakit dan kematian akibat penyakit tersebut akan lebih mudah menyerang orang yang duduk selama lebih dari 11 jam.

Anda Bisa Terkena Diabetes

Penelitian lainnya datang dari James Levine, penulis buku Get Up! Why Your Chair Is Killing You and What You Can Do About It. Terlalu lama duduk dapat memicu pankreas untuk lebih banyak memproduksi insulin, yang akan mengakibatkan seseorang terkena penyakit diabetes. 90% resiko terkena diabetes tipe 2 bisa dialami oleh seseorang yang menghabiskan >8jam waktunya hanya untuk duduk.

Kematian Akibat Kanker

Pada konferensi tahun 2012, American Institute for Cancer Research mengumumkan sebuah penelitian tenang kanker. Hasilnya, 49,000 kanker payudara dan 43,000 kanker usus besar disebabkan oleh ketidakaktifan seseorang. Tubuh manusia dirancang untuk bergerak. Oleh karena itu, manusia selalu dingatkan untuk melakukan aktivitas yang memicu pergerakan semua anggota tubuh, salah satunya dengan berolahraga. Nah, apakah seseorang yang lebih banyak duduk bisa dikatakann aktif? Terlalu banyak duduk sama dengan ”mematikan tubuh” Anda sendiri.

Obesitas Yang Mengganggu

Didalam tubuh manusia terdapat sel pradiposit. Nah, sel ini akan dirubah oleh tubuh untuk menjadi lemak. Namun, kecepatan perubahannya tergantung dari tekanan. Salah satu tekanannya adalah saat Anda terlalu lama duduk. Semakin banyak tekanan, semakin cepat pula sel ini berubah menjadi timbunan lemak. Terlalu sering duduk akan membuat Anda jarang berolahraga. Tanpa disadari, Anda telah menimbun banyak lemak ditubuh Anda. Hasilnya, Anda pun terkena obesitas.

Leave a Reply