Rahasia Mencetak Perusahaan Berusia Ratusan Tahun

0
206

Rahasia Mencetak Perusahaan Berusia Ratusan Tahun

Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa !!

Topik saya kali ini adalah : “Rahasia Mencetak Perusahaan Berusia Ratusan Tahun”. Baik, jadi saya membuat topik ini karena saya melihat ada satu research di beberapa perusahaan-perusahaan yang terkenal di Amerika Serikat. Yang mana produknya memang sudah ada di Indonesia.

colaKita ambil satu contoh disini, brand ini pasti anda kenal, Coca Cola. Anda pasti sudah pernah minum Coca Cola bukan? Perusahaan ini sendiri umurnya sudah lebih dari 100 tahun. Jadi sudah berdiri sejak sekitar abad 18. Jadi Coca Cola adalah sebuah perusahaan yang sudah cukup lama. Kemudian juga ada beberapa perusahaan lain seperti P&G (Procter & Gamble). Anda biasanya juga menggunakan produknya di Supermarket seperti sabun, shampoo, dengan merk-merk seperti Pantene dan sebagainya. Itu produk-produk dari P&G.

Sekarang setelah saya telaah dan research, mengapa perusahaan tersebut bisa bertahan lama, bahkan bisa berusia lebih dari 100 tahun? Saya perhatikan, sebetulnya ada satu rahasia besar. Ada dua tepatnya. 2 rahasia ini akan saya bagikan, bagaimana perusahaan bisa berumur sampai ratusan tahun.

1. Nilai Manfaat

Yang pertama, perusahaan bisa berumur ratusan tahun itu karena perusahaan ini selalu mempunyai nilai manfaat bagi orang banyak. Saya ulangi, mempunyai nilai manfaat bagi orang banyak. Jadi manfaatnya adalah produknya digunakan oleh jutaan orang di sebuah negara. Kemudian produknya itu selalu repeat order. Produk itu disukai, dan akhirnya secara tidak langsung orang-orang menggunakan produknya. Mulai dari pasta gigi, sikat gigi, shampoo, sabun, dan keperluan sehari-hari lainnya. Orang-orang pasti menyukai merk tersebut.

Saya tidak perlu menyebutkan merknya, karena di Indonesia cukup banyak. Dan jangan-jangan anda juga memakai produk dari P&G atau produk dari Unilever, Nestle dan sebagainya. Itu adalah perusahaan-perusahaan yang produknya sudah anda pakai di Indonesia. Tanpa kita sadari, bahwa sebenarnya produk tersebut memiliki nilai manfaat bagi kita, bukan? Bahkan kita bisa dapatkan produk tersebut di warung-warung Indonesia. Bayangkan, produk tersebut sampai dijual di lapisan masyarakat akar rumput. Artinya masyarakat menengah lapisan paling bawah.

brandsAnda bisa dapatkan produk itu dengan mudah sekali, baik itu di supermarket sampai warung-warung. Dan secara tidak anda sadari, produk-produk dan perusahaan itu umurnya sudah lebih dari seratus tahun. Dari negara asalnya Amerika Serikat. Bahkan anda sekarang di warung pun bisa mendapatkan Coca Cola, bukan? Itu sesuatu yang mudah sekali.

Apa rahasianya? Karena memberikan manfaat. Bahkan Coca Cola dengan berbagai kontroversinya, seperti bisa menyebabkan diabetes, mengandung gula tinggi, bersoda, dan sebagainya. Namun tetap laku sampai hari ini. Mengapa? Karena menyegarkan. Jika anda melihat iklannya, terlihat sangat menyegarkan. Dan perusahaan itu umurnya sudah lebih dari 100 tahun. Dan tahukah anda berapa juta yang memakai, berapa puluh juta pemakai produk-produk tersebut? Itulah rahasia yang pertama.

2. Value Oriented

Kemudian yang kedua, apa rahasia perusahaan itu sehingga dapat bertahan lama? Yang kedua adalah, perusahaan itu selalu memberikan value oriented. Jadi kata kuncinya adalah  value oriented, bukan money oriented. 

Jadi ingat, jika perusahaan mau bertahan lama, dia selalu memberikan nilai tambah, nilai tambah, nilai tambah. Dia selalu memberikan nilai tambah kepada masyarakat. Dan ketika masyarakat sudah mengejar nilainya, dalam tanda kutip “kecanduan dengan nilainya”, maka barang tersebut akan diburu.

Uang itu sifatnya sementara. Uang masuk, uang keluar itu cepat. Kalau anda tidak percaya, taruh saja uang itu di dompet. Uang itu cepat menguap. Anda taruh dimanapun, uang cepat habis.

Tapi kalau anda mengejar nilai, seperti yang anda lihat di video-video saya sebelumnya. Saya selalu bicara tentang value/nilai. Maka anda seumur hidup akan didatangi uang terus menerus. Jadi kalau hari ini anda menciptakan produk yang tidak ada nilainya, maka dalam waktu singkat di pasaran akan hilang. Tetapi anda harus memberikan produk yang mengandung nilai.

283_950448d2661ded15cc6ba607027d72d6Sebagai salah satu contoh, ini adalah sebagian kecil dari beberapa produk saya di bidang skincare. Produk ini sudah ada sejak 18 tahun lebih di pasaran. Dan ini selalu memberikan nilai tambah. Sehingga produk itu terus berkembang dan berkembang. Dan akhirnya pemakainya semakin banyak dan semakin banyak.

Ini merupakan salah satu contoh mengapa kalau bisnis anda ingin maju, anda harus selalu memberikan nilai tambah.

Itulah sebab rahasia kalau anda ingin sukses dan bisnis anda bertahan lama bahkan sampai ratusan tahun. 2 poin ini jangan pernah dilupakan.

Apabila anda menyukai channel seperti ini, silahkan klik subscribe. Silahkan klik share dan bagikan kepada teman-teman anda untuk menginspirasi dan memberikan semangat bagi mereka. Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

 

Leave a Reply