Rusa VS Singa

0
657

Rusa VS Singa

Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa !! Topik saya kali ini adalah berbicara tentang “Rusa VS Singa”. Baik, jadi mengapa saya mau membahas topik ini? Karena topik ini berbicara tentang manusia kebanyakan.

Jadi, kita bicara tentang apa yang sudah saya update di Facebook saya, yaitu tentang rusa VS singa. Rusa itu merupakan makanan singa. Tapi sebetulnya, mengapa rusa itu selalu bisa ditangkap oleh singa? Padahal kecepatan lari rusa itu lebih cepat daripada singa.

Diperhitungkan melalui sebuah penelitian. rusa itu bisa berlari dengan kecepatan 90km/jam. Cepat sekali. Sedangkan singa, hanya bisa berlari dengan kecepatan 58km/jam. Secara logika, mengapa rusa selalu bisa diterkam oleh singa? Logikanya, seharusnya rusa bisa berlari lebih cepat daripada singa, tetapi mengapa rusa selalu berhasil diterkam oleh singa?

Ternyata, setelah melalui penelitian dan penyelidikan oleh para ahli tentang siklus hidup hewan karnivora, ternyata satu permasalahan utamanya. Yaitu rusa itu berlari dengan penuh ketakutan. Saya ulangi sekali lagi, ketakutan. Karena rusa punya 2 problem, yang pertama adalah, dia takut pada singa. Ketakutan yang kedua, dia takut bahwa dirinya pasti tidak akan lolos dari terkaman singa. Jadi dia percaya kalau sudah dikejar singa, dia pasti mati.

Ketakutan inilah yang akhirnya membuat kecepatan berlarinya menjadi lambat. Bukannya dia tidak bisa berlari lebih cepat, tetapi karena dia berlari sambil menoleh ke belakang. Ketika dia terus menoleh ke belakang, tidak dia sadari bahwa sebetulnya hal itu memperlambat kecepatannya berlari.

Akhirnya, ketika seekor singa itu berhasil mengejar rusa tersebut, rusa itu menjadi semakin ketakutan. Semakin dekat si singa, dia semakin sering menoleh ke singa tersebut. Si rusa ini tidak sadar bahwa sebenarnya tindakannya tersebut memperlambat kecepatan berlarinya. Itulah sebab rusa tersebut pasti tidak bisa lolos dari singa.

Apa hubungannya hal ini dengan diri kita di kehidupan sehari-hari?

Banyak orang ingin sukses, banyak orang ingin berhasil, tetapi dia selalu melihat kegagalan dia di masa lalu. Dia selalu melihat trauma masa lalu. Saya pernah gagal. Saya pernah bangkrut. Saya pernah usaha lalu gagal. Saya pernah berpacaran lalu kemudian saya diputus.

Ketika seseorang selalu hidup di masa lalunya, dia tidak akan bisa mendapatkan masa depan yang lebih baik. Dia pasti akan merasa pesimis, pesimis, pesimis. Dia selalu menganggap bahwa masa depannya tidak jauh dari masa lalunya. Dan dia selalu berpijak pada masa lalunya. Orang yang selalu hidup di masa lalunya, maka dia tidak akan bahagia dan dia tidak akan pernah sukses. Ingat pesan saya.

Oleh sebab itu, jangan menoleh ke belakang. Kalau anda menoleh ke belakang, baik itu masa lalu atau kejadian apapun, lebih baik ambil saja sisi positifnya. Kalau anda merasa bahwa jika menoleh ke belakang itu hal yang negatif, semuanya tidak ada manfaat, maka anda tidak akan pernah maju. Sama saja dengan anda merasa selalu tidak naik kelas. Kapan anda mau naik kelas kalau anda selalu menoleh ke belakang? Tapi kalau anda ingin sukses, straight forward. lihat ke depan. Moving forward, melihat maju ke depan. Jangan lagi melihat ke belakang.

Sudahlah, tidak ada manusia yang tidak melawan kesalahan. Tidak ada manusia yang tidak pernah mengalami kegagalan. Tidak ada manusia yang tidak pernah mengalami masa lalu yang kelam. Tapi percayalah, BADAI PASTI BERLALU. Seperti di dalam buku saya, Badai Pasti Berlalu. Saya sudah ingatkan berkali-kali, tidak usah meratapi kegagalan di masa lalu. Maju terus ke depan. Kalau anda selalu melihat ke belakang, anda akan menjadi korban dari singa-singa tersebut.

Singa itu diartikan sebagai apa? Krisis moneter, resesi, kompetitor anda, semua itu seperti singa. Ya ‘kan? Banyak contoh lainnya. Kalau anda berbisnis menggunakan pinjaman bank, mungkin bunga bank yang akan ‘menerkam’ anda. Maka anda akan selalu mengalami kegagalan. Karena anda selalu melihat itu. Singa akan terus mengancam. So, tidak ada waktu lagi untuk melihat ke belakang.

“Keep moving forward”

Maju terus, niscaya bisnis anda akan terus maju dan berkembang, serta hidup anda akan terus maju dan berkembang.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply