Sahabat Anda Menjadi Boss Di Tempat Kerja Anda? Terapkan 6 Sikap Ini

0
178

Ditempat kerja seseorang biasanya memiliki rekan kerja yang menjadi sahabat. Saat promosi jabatan, sahabat Anda diplih menjadi Atasan yang baru ditempat kerja Anda. Bagaimana, yah Anda harus bersikap?

Tunjukan Bahwa Ada Bangga Padanya

Terkadang sahabat yang telah mendapatkan promosi jabatan bisa saja dimusihi oleh rekan lainnya. Hal ini disebabkan karena persaingan yang ketat dalam instansi tersebut. Sekarang ia memang Atasanmu, tapi kalian tetap bersahabat, bukan. Tunjukkan padanya bahwa Anda bangga atas pencapaian karirnya. Buang jauh-jauh perasaan cemburu atau iri hatimu. Tenang saja, kan ia masih tetap sahabatmu. Ia juga tak mungkin akan berbuat jahat padamu hanya karena ia Atasanmu.

Jangan Terlalu Dekat Saat di Tempat Kerja

Ia memang sahabatmu, namun bukan berarti kalian akan terus ‘’menempel’’ setiap saat. Bersikaplah selayaknya karyawan lainnya. Ditempat kerja, Anda tak perlu terlalu dekat dengan sahabat yang telah menjadi Atasan. Hal ini untuk menghindari karyawan lainnya berpikir bahwa Ada memanfaatkan kesempatan ditempat kerja, sebab Atasan adalah sahabat Anda. Hal ini bisa merusak citra Anda dan juga Atasan Anda. Anda memang tak bermaksud seperti itu. Namun, dalam dunia kerja, hal seperti ini sering terjadi.

Menghabiskan Waktu di Luar Jam Kerja Bukan di Tempat Kerja

Seseorang selalu mencari waktu untuk bisa dihabiskan bersama sahabat-sahabatnya. Namun, sahabat Anda adalah Atasan Anda saat ini. Artinya Anda tak bisa sering-sering menghabiskan waktu bersama disaat bekerja. Oleh sebab itu, manfaatkan waktu diluar jam kerja sebagai saat untuk berkumpul bersama sahabat Anda.

Tetap Tunjukkan Hormat Padanya

Seorang sahabat sering tidak pandang bulu saat sedang bercanda. Mereka bisa saja saling meledek dengan kata-kata yang menurut orang lain terdengar tidak sopan. Nah, jangan pernah lakukan hal ini ditempat kerja, yah. Anda dan Atasan tetap harus saling menghormati, seperti karyawan lainnya yang menghormati Atasan mereka. Kalian memang sahabat yang sering meledek satu sama lainnya. Tetapi ditempat kerja kalian adalah Atasan dan Karyawan.

Anda Akan Tetap Di Kritik. Terimalah.

Hanya karena kalian bersahabat, bukan berarti Anda akan diperlakukan dengan istimewa ditempat kerja. Status Anda tetaplah sama seperti karyawan lainnya. Nah, saat bekerja Anda pasti pernah melakukan kesalahan. Sebagai Atasan yang baik, ia akan mengoreksi kesalahan Anda. Namun, hal ini bukan berarti ia membencimu.

Terkadang, beberapa karyawa akan menganggap hal ini sebagai serangan personal. Padahal tidak ada hubungannya sama sekali. Kritikan atau koreksi ini hanya terjadi dalam hubungan kerja.

Tunjukkan Bahwa Anda Professional

Dalam bekerja, Anda memang perlu menunjukkan bahwa Anda adalah seorang pekerja professional. Jangan memasukan perasaan pribadi atau masalah pribadi saat Anda dihadapkan dengan Atasan yag merupakan sahabat Anda.

Leave a Reply