Satu Hal Yang Bermanfaat Bagi Karirmu

0
185

Kamu tentunya akan kesulitasn untuk bekerja di lingkungan yang kurang harmonis, bukan. Kamu ingin bekerja sebaik mungkin demi karirmu, namun lingkungan kerjamu sama sekali tak mendukung. Kamu bisa saja dimarahi oleh atasan terus-menerus. Entah itu karena kesalahanmu atau tidak. Dengan sesama rekan kerja, kalian bisa saja bersaing secara tak sehat. Saling menjatuhkan, menggosipkan dan memusuhi. Nah, oleh sebab itu membangun hubungan baik dengan rekan kerja dan atasan perlu dilakukan. Hubungan baik ini akan mendatangkan banyak manfaat untukmu, seperti;

Kamu diterima oleh rekan kerjamu dan atasanmu dalam lingkungan yang hangat. Diterima dalam lingkungan seperti ini akan berdampak baik bagi perkembangan karirmu. Kamu bisa bekerja dengan nyaman tanpa merasa bahwa akan ada rekan kerja yang tak menyukaimu. Jika hubungan buruk tetap ada, kamu akan kesulitan bekerja. Lingkungan yang penuh tekanan hanya akan membuatmu tertekan atau stress. Hasilnya pekerjaanmu pun menjadi tak maksimal. Kamu bisa saja dipecat oleh atasanmu yang menilai hasil pekerjaanmu yang tak maksimal.

Kamu menjadi bagian dari mereka sehingga kalian dengan mudah dapat saling memahami dan mendukung satu sama lain. Dalam bekerja, kamu tentu ingin menjadi bagian dari team kerjamu, kan. Bagaimana jika karena hubungan buruk itu, kamu diperlakukan seolah-olah bukan bagian dari team. Semua pendapat atau masukanmu seputar pekerjaan sama sekali tak dihiraukan. Menyakitkan, bukan. Kamu bisa saja memilih untuk mengakhiri karirmu, sekalipun kamu sangat menyukai pekerjaanmu.

Tumbuhnya kepercayaan diantar kalian. Kepercayaan adalah hal yang mahal. Sangat sulit mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Ditempat kerja pun demikian. Hanya karena kamu dan rekanmu bekerja ditempat yang sama, bukan berarti kalian dengan mudah saling mempercayai satu sama lain. Nah, hubungan baik yang kamu bangun akan membantumu menemukannya. Rasa percaya ini akan membuang kecurigaan antara sesama rekan kerja dan juga atasan. Tidak ada lagi rekan kerja yang mencurigai, mencurangi dan memanipulasi rekan lainnya.

Berikut ini beberapa tips untuk membangun hubungan kerja yang baik dengan atasan dan rekan kerja;

Menjaga tutur kata dan perilaku. Kamu berusaha sebaik mungkin dalam berbicara dan bersikap kepda atasan dan rekan kerjamu. Kamu berusaha untuk tidak menyakiti persaan mereka dengan sikap dan dan tutur katamu.

Memahami kebutuhan rekan kerja dan atasan. Berusaha memahami kebutuhan rekan-rekan kerja dan atasan akan membantumu menjadi pribadi yang lebih peka. Atasanmu tentunya ingin agar kamu melakukan pekerjaamu dengan baik. Sedangkan rekan kerjamu, bisa saja ia ingin kamu membantunya dalam pekerjaan yang tidak terlalu ia pahami.

Terapkan toleransi dalam lingkungan kerjamu.  Dalam lingkungan pekerjaan kamu akan dihadapkan dengan keanekaragaman dari rekan-rekan kerjamu, entah itu keragaman, suku, bahasa atau agama. Dalam hal ini, tolerasi menjadi senjata penting untuk membangun hubungan baik.

Berusaha untuk memahami karakter rekan dan atasan. Setiap orang memiliki karakter berbeda-beda. Dalam hal ini, kamu berusaha sebaik mungkin untuk bisa memahami mereka. Kamu pun menjadi semakin sabar dalam menghadapi rekan dan atasanmu.

Sending
User Rating 0 (0 votes)
Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply