Sibuk Belum Tentu Produktif: Kenalilah Perbedaannya Dalam Artikel Ini

0
167

Dengan banyaknya tugas yang Anda kerjakan, apakah Anda yakin bahwa Anda sudah produktif hari ini? Anda atau sebagian orang mungkin akan menjawab, yah. Namun, tahukah Anda bahwa ada perbedaan antara menjadi produktif dan menjadi sibuk. Itu artinya, tidak peduli seberapa banyak hal yang Anda kerjakan, belum tentu Anda telah produktif hari ini.

Satu hal yang patut dipuji dari orang sibuk adalah mereka pekerja keras. Hal ini tentu sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Namun, sayangnya mereka tak bekerja dengan pintar. Mereka berusaha mengerjakan banyak hal agar dianggap produktif. Padahal, terlalu banyak bekerja hanya membuat diri kelelahan dan akhirnya jatuh sakit. Hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan dan karir.

Disisi lain, orang produktif lebih mengutamakan bekerja dengan cara yang pintar. Artinya bekerjalah dengan target yang pasti. Sebagai contoh, jam kerja saya dimulai sejak pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore. Saya mempunyai target untuk menulis 3 artikel. Jadi yang akan saya tuliskan hanyalah 3 artikel. Jika ketiga artikel itu selesai sebelum pukul 4 sore, maka waktu sisanya saya gunakan untuk refresing  atau memikirkan topik untuk artikel selanjutnya 😛 😉

Selain memiliki target, seseorang yang produktif juga mempertimbangkan manfaat dari apa yang ia kerjakan. Apa yang ia kerjakan haruslah bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Hal ini berbeda dengan orang sibuk yang mengerjakan segalanya. Hal ini menyebabkan mereka kesulitan menentukan arah dari pekerjaan mereka. Bisa dikatakan bahwa seseorang yang sibuk cenderung membuang-buang waktu.

Seseorang yang sibuk sering berfokus pada efisiensi. Dimana fokusnya adalah menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin. Sedang seseorang yang produktif tidak akan melupakan keefektifan dalam bekerja. Pekerjaan yang ia jalankan harus mencapai target yang sudah ia tentukan dengan hasil yang memuaskan.

Jadi, apakah Anda si produktif atau si sering sibuk?

Leave a Reply