Uang Vs Waktu

0
730

Uang Vs Waktu

Klik disini untuk melihat di YouTube

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sebuah topik yaitu “uang VS waktu”.

Apa yang dimaksud dengan uang vs waktu? Saya disini akan membagi beberapa jenis tipe manusia. Ada 4 jenis tipe manusia yang ditinjau dari uang dan waktu.

Yang pertama adalah : ada uang ada waktu.

Yang kedua adalah : tidak ada uang, tidak ada waktu.

yang ketiga : ada uang, tidak ada waktu.

Dan yang keempat : tidak ada uang, tapi ada waktu.

Baik sahabat entrepreneur, disini saya akan membahas tipe manusia yang pertama dulu, yaitu tidak ada uang dan tidak ada waktu. Ini manusia yang sangat memprihatinkan. Kasihan sekali. Sudah tidak punya uang, waktu pun juga tidak punya. Saya mohon maaf, saya bukan mau mengkritik profesi ini, tetapi profesi ini adalah dimiliki hampir 80% manusia di muka bumi ini. Mereka dibayar berdasarkan waktu mereka. Dan mereka hari ini digaji berdasarkan waktu mereka.

Satu hari mereka bekerja 8 jam, 1 bulan mereka bekerja 25 sampai 30 hari, mereka bekerja ratusan jam setiap bulannya, mereka bangun pagi sampai pulang malam, karena waktu mereka dibeli oleh perusahaan mereka atau dibeli oleh bos mereka. Kalangan ini sudah tidak punya waktu. Jadi waktu mereka untuk berlibur hanya pada hari libur.

Golongan yang ini adalah mereka yang punya waktu bersama keluarga itu cuma pada malam hari. Atau pagi hari sebelum berangkat ke sekolah. Golongan yang seperti ini adalah, saya sekali lagi mohon maaf, golongan karyawan/karyawati.

Anda yang membaca artikel ini jangan tersinggung, tetapi sebetulnya ini adalah sebuah kenyataan bahwa golongan manusia yang tidak punya uang dan tidak punya waktu itu adalah golongan tipe karyawan dan karyawati.

Tipe manusia yang kedua, yaitu tipe manusia tidak ada uang, tapi ada waktu. Tipe manusia yang kedua ini lebih parah daripada tipe manusia yang pertama. Kenapa saya katakan begitu? karena uang tidak punya, tapi waktu ada. Ini tipe manusia yang namanya pengangguran. Tamat sekolah tapi bingung mau ngapain,itulah yang disebut pengangguran. Lalu kemudian kesana kemari, bingung mau ngapain. Ini tipe manusia yang kedua, yaitu pengangguran. Waktu  banyak. Kemana-mana dia punya waktu, tapi tidak punya uang.

Sekarang tipe manusia yang ketiga. Ada uang, tapi tidak ada waktu. Sahabat entrepreneur, manusia tipe yang ketiga ini pernah saya bahas ini di artikel-artikel sebelumnya, yaitu pengusaha level 1,2,3. Mereka ini rata-rata pengusaha level 1 dan level 2. Mereka ada uang, tapi tidak punya waktu juga. Mereka hari ini punya banyak uang tetapi tidak punya waktu.

Setiap hari mereka memiliki uang, tapi mereka tidak punya waktu karena mereka buka toko, buka lapaknya dari pagi sampai malam. Misalkan harus menjaga usahanya dari pagi sampai malam juga. Ini seringkali menjadi masalah. Bedanya dengan karyawan/karyawati adalah, mereka yang menentukan sendiri penghasilannya. Tapi kalau karyawan/karyawati, mereka penghasilannya sebulan cuma satu kali. Yaitu pada akhir bulan. Pendapatan akhir bulan ini harus mencukupi kebutuhan selama satu bulan. Perbedaan utamanya disini.

Tapi golongan ini, mereka sama-sama tidak punya waktu. Tapi bukan berarti karyawan/karyawati tingkat atas  tidak punya uang juga, bukan seperti itu. Tetapi biasanya tipe yang pertama memiliki perbedaan yaitu penghasilannya cuma sekali. Dan dia tidak punya sumber penghasilan yang lain. Itulah yang dimaksud dengan tidak punya uang. tetapi tipe yang ketiga ini adalah, dia punya uang juga meskipun dia juga berat, tetapi dia masih lebih baik dibanding dengan tipe yang pertama.

Tipe manusia yang keempat, ini adalah tipe manusia yang sangat diidam-idamkan oleh seluruh manusia di muka bumi ini. Sudah ada uang, dan juga ada waktu. Tipe manusia ini adalah biasanya level pengusaha tiga keatas. Pengusaha yang bisnisnya sudah berbasis sistem, bisnisnya bisa ditinggalkan, dan sistem yang menggantikan bisnisnya. Bisnis seperti ini tidak banyak di muka bumi ini.

Kalau menurut Robert Kiyosaki bisnis ini ada di kuadran B, yaitu bisnis yang berbasis sistem. Bisnis yang berbasis sistem itu pwmiliknya berjalan-jalan, tapi usahanya tetap jalan. Dan itu sangat luar biasa sekali. Oleh sebab itu sahabat entrepreneur, rajinlah membaca artikel yang berkaitan dengan bisnis seperti ini. Saya yakin anda akan bisa memiliki suatu inspirasi untuk suatu hari agar anda bisa menjadi manusia yang punya uang dan punya waktu. Dengan kata lain, bebas finansial, dan bebas waktu. Bila anda ingin memiliki kebebasan finansial dan waktu, anda harus mempunyai impian untuk meraihnya.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

 

Leave a Reply