Usahamu Di Bidang Jasa? 3 Cara Ini Dapat Memenangkan Hati Pelanggan

0
175

Anda sedang merintis usaha dibidang jasa? Well, bertahan dalam sebuah bisnis memang tidak mudah, yah. Semoga tips dibawah ini dapat membantu Anda.

Milikilah Semangat Melayani

Satu hal yang selalu dimiliki oleh seorang pebisnis adalah semangat melayani. Bisnis memang dapat mendatangkan uang. Namun, bukan berarti bisnis dapat dilihat sebagai ladang uang saja. Terlalu memfokuskan diri pada uang hanya membuat Anda mengabaikan pelayanan. Kemajuan bisnis Anda bergantung pada kualitas pelayanan. Pelayanan yang buruk akan membuat pelanggan beralih ke bisnis lainnya.

Namun, jika pelayanan yang diberikan ternyata memuaskan, pelanggan akan terus berdatangan. Mereka bisa saja merekomendasikannya kepada rekan-rekan mereka. Dengan sendirinya bisnis Anda menghasilkan pundi-pundi uangnya. Jangan ragu untuk meminta maaf jika pelayanan Anda kurang memuaskan. Selain itu mengucapkan terima kasih juga penting, sebab pelanggan telah mempercayakan jasa Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Sikap dan Tutur Kata Saat Melayani

Lalu bagaimana cara melayani yang baik? Dalam dunia bisnis, pelanggan adalah raja sedangkan Anda adalah orang yang melayani. Seorang pelanggan tentunya ingin diperlakukan dengan baik, bukan. Hal ini merujuk pada sikap dan tutur kata saat melayani konsumen. Tersenyumlah saat melayani seorang pelanggan. Hal ini menunjukkan bahwa Anda membuka diri dan siap membantu pelanggan Anda untuk mendapatkan apa yang ia mau. Hindari gerak-gerik mencurigakan, seperti tatapan sinis kepada pelanggan.  Gunakan kata-kata yang sopan saat berinteraksi dengan pelanggan Anda.

Memahami Kebutuhan Pelanggan Anda

Tujuan utama dari bisnis adalah menyediakan kebutuhan yang sebelumnya tidak mudah atau tidak bisa didapatkan. Demi kemajuan bisnis Anda, pemahaman akan kebutuhan seorang pelanggan sangat dibutuhkan. Lalu, apa yang harus saya lakukan untuk memahami kebutuhan pelanggan? Saat berinteraksi dengan pelanggan, tanyakan apakah mereka mengalami kesulitan saat menggunakan jasa yang Anda tawarkan.

Dengarkan setiap keluhan atau masukan yang mereka berikan. Setiap masukan yang mereka berikan merupakan bukti apakah selama ini jasa Anda benar-benar memenuhi kebutuhan mereka atau tidak. Hal ini dapat membantu Anda untuk lebih baik dalam meningkatkan usaha Anda.

 

 

Leave a Reply