3 Cara Agar Anda Bisa Bangun Lebih Pagi

0
1

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Selamat datang di channel Success Before 30, channel yang konsisten memberikan edukasi serta motivasi untuk dunia bisnis dan kehidupan.   

Banyak orang yang bertanya pada saya :

“Pak, mengapa saya ini susah bangun pagi?”

Itulah sebabnya pada topik yang akan saya bahas kali ini, saya akan membahas tentang : “3 Cara Agar Anda Bisa Bangun Lebih Pagi”.

Ini memang sebuah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh anak-anak millenial yang sudah lulus sekolah. Terlebih lagi bagi mereka yang masih kuliah, tetapi tidak ada jadwal kuliah pagi. Mungkin anda tidak punya kesibukan di pagi hari.

Otak manusia itu aneh. Ketika otak manusia tidak diberi tugas, maka dia akan mencari kenikmatan. Jadi ketika anda merespon sesuatu secara spontan, itu karena otak anda sedang mencari kenikmatan atau menghindari rasa sakit.

Seeks pleasure, avoids pain”.

Ini adalah kata-kata dari Anthony Robbins.

Artinya, seseorang itu cenderung mencari kenikmatan. Otak anda itu lebih suka mencari kenikmatan. “Wah, besok pagi saya gak ada kesibukan! Ya udah, berarti malam ini bisa main game sampai pagi!”

Pantas saja anda tidak bisa bangun pagi. Sekarang saya ingin bertanya : “Apa tujuan anda sehingga ingin bangun pagi?”

Karena percuma saya memberikan anda tips jika anda belum menemukan tujuan anda.

Jadi, tips yang pertama adalah ‘apa sih tujuan anda ingin ingin bangun pagi?’

Contohnya : “Dengan saya bangun lebih pagi, maka kesehatan saya pasti akan lebih prima!”

“Saya bisa mendapatkan sinar matahari pagi dan berolahraga!”

Jika anda sudah memiliki tujuan yang jelas, maka dengan sendirinya anda akan bangun lebih pagi. Masalahnya, banyak anak-anak muda yang tidak paham dengan apa tujuan mereka bangun pagi.

Mungkin dia bangun pagi hanya untuk mengantar ibunya ke pasar atau mengantar adiknya ke sekolah. Setelah selesai, sampai di rumah dia tidur lagi. Itulah sebabnya anda tidak bisa bangun pagi.

Akan berbeda halnya jika anda bekerja di kantor. Atau mungkin anda harus narik ojek sejak pagi, atau mungkin anda harus berangkat kuliah. Dengan begini, mungkin anda akan dengan ‘terpaksa’ harus bangun pagi.

Namun, anda harus tahu bedanya disini. Jika anda bangun pagi karena alasan “mau tidak mau”, maka anda tidak memerlukan tips ini. Tips ini bisa anda gunakan jika anda memiliki pilihan tidak memiliki kesibukan di pagi hari, akan tetapi anda ingin bangun lebih pagi.

Jadi, tips yang pertama adalah ‘apa sih tujuan anda ingin ingin bangun pagi?’.

Jika anda sudah menemukan tujuan anda, maka anda pasti akan bangun lebih pagi.

Lalu, cara yang kedua adalah buat perencanaan untuk esok hari.

Jadi anda yang selalu membuat perencanaan dengan anda yang tidak pernah membuat perencanaan sama sekali itu tentunya sangat berbeda.

Tulislah ‘7 tugas yang harus saya kerjakan esok hari’. Contohnya :

‘Saya besok harus pergi ke bank’.

‘Besok saya harus menyelesaikan tugas ini’.

‘Besok saya harus mengantarkan barang ini’.

‘Saya besok harus ke rumahnya si A.’

Dengan begitu, anda sudah mengetahui tugas anda untuk esok hari.

Ketika anda tahu bahwa 7 tugas tersebut tidak bisa anda selesaikan jika anda bangun siang, maka secara otomatis anda akan bangun lebih pagi.

Jadi intinya, anda harus membuat kesibukan di pagi hari.

Ketika anda memiliki kesibukan di pagi hari, dengan sendirinya anda akan bangun lebih pagi. Tidak perlu disuruh pun, anda pasti akan bangun lebih pagi. Masalahnya, anda tu tidak pernah membuat perencanaan “Mengapa saya harus bangun pagi”.

Walaupun malamnya anda begadang main game, anda pasti tetap bisa bangun lebih pagi. Karena apa? Karena anda tahu tugas anda selanjutnya di pagi hari.

Lalu, cara yang ketiga adalah anda harus membuat siklus tidur yang baru.

Maksudnya bagaimana? Kalau biasanya anda baru mulai tidur jam 2 dini hari dan bangun tidur jam 9 siang, maka otomatis ketika anda memaksakan diri untuk bangun jam 6, badan anda pasti terasa kurang segar. Itu artinya, anda harus tidur lebih lama lagi.

Itulah sebabnya siklus tidur anda harus berubah. Mungkin anda pernah mencoba tidur jam 11 malam, namun anda tetap tidak bisa tidur. Mengapa? Kembali lagi ke poin pertama, yaitu karena anda tidak punya tujuan mengapa anda harus bangun pagi.

Jadi apabila poin pertama tadi sudah selesai, otomatis poin yang ketiga ini akan terlaksana. Secara otomatis, siklus tidur anda akan berubah. Dan ingat, 21 hari pertama adalah masa penentuan. Jika 21 hari ini bisa anda lewati, niscaya anda pasti mampu membangun habit yang baru.

Intinya, mindset di dalam otak kita ini dibangun dalam 21 hari. Di dalam 21 hari ini meliputi pola makan dan pola tidur, karena anda sedang membangun habit yang baru. Itu semua harus anda bangun selama 2 hari. Jika 21 hari ini bisa anda lewati, niscaya siklus tidur anda akan lebih terprogram.

Demikian sahabat entrepreneur sharing saya kali ini. Saya harap edukasi ini bermanfaat untuk anda. Semoga apa yang saya jelaskan dapat anda pahami, dan sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here