3 Cara Agar Anda Tidak Bokek Saat Akhir Bulan

0
386

 

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Selamat datang di channel Success Before 30. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips tentang “3 Cara Agar Anda Tidak Bokek Saat  Akhir Bulan”.

Jadi, apa saja sih 3 cara agar anda tidak bokek saat akhir bulan?

Sahabat SB30, 3 cara ini tentunya sangat cocok untuk para karyawan, para eksekutif, mahasiswa dan juga pelajar. Tentunya, cara ini cocok untuk semua orang. seperti kita tahu, akhir bulan itu identik dengan uang yang semakin menipis.

 

1. Tahan pengeluaran

Cara yang pertama adalah tahan pengeluaran. Let’s say, misalkan gaji anda 3 juta. Maka uang tersebut anda bagi menjadi dua, yakni 1,5 juta untuk pengeluaran dan 1,5 juta lagi ‘uang jajan’.

Jika budget uang jajan anda itu 1,5 juta, maka uang 1,5 juta tersebut harus anda breakdown untuk 30 hari. Itu artinya, usahakan per hari tidak boleh lebih dari 50 ribu.

Jangan sampai ketika anda baru menerima gaji 3 juta, anda langsung foya-foya di awal bulan. Tidak terasa uang keluar 100 ribu, 200 ribu, 300 ribu. Traktir sana traktir sini, gak taunya baru pertengahan bulan uang anda sudah habis.

Hal seperti ini seringkali terjadi karena anda tidak punya kemampuan mengelola keuangan.

 

2. Mencari penghasilan tambahan

Kemudian cara yang kedua adalah mencari penghasilan tambahan. Misalkan saat ini gaji anda 3 juta. Maka untuk mendapatkan penghasilan tambahan, anda bisa menjadi reseller di kota anda.

Salah satunya adalah melalui komunitas YES, yang mana bisa dilakukan di luar kegiatan anda sehari-hari. Misalkan anda masih seorang mahasiswa atau karyawan, anda masih bisa menjalankan  bisnis reseller. Dengan begitu, maka anda bisa mendapatkan income tambahan tanpa memotong penghasilan utama anda.

 

3. Mencatat keuangan secara detail

Lalu cara yang ketiga adalah mencatat keuangan, yakni mencatat pemasukan dan pengeluaran secara detail. Misalkan pengeluaran hari ini mulai dari bayar parkir berapa, uang jajan berapa, pesan Grab berapa, dan pesan makan habis berapa.

Jadi, anda tahu uang 50 ribu itu larinya ke mana. Masalahnya, kebanyakan orang tidak pernah mencatat pengeluarannya sedetail itu. Seharian itu uang anda larinya ke mana saja?

Terkadang anda kebingungan karena uang anda di dompet 300 ribu, tapi anda bahkan tidak tahu larinya ke mana saja.

 

Sahabat entrepreneur, demikian pembahasan saya kali ini, dan nantikan konten saya berikutnya. Tips yang saya bagikan disini memang sederhana, namun saya percaya jika anda melakukan ketiga tips ini, dijamin anda tidak akan bokek di akhir bulan. Semoga topik kali ini bisa menginspirasi anda dan bermanfaat untuk anda.

Silahkan anda share pada teman-teman anda. Mungkin mereka tidak mendapatkan pelajaran ini dari orang tuanya, namun mereka justru mendapatkannya dari channel ini. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca di buku saya ‘Success Before 30’.

Semoga video kali bermanfaat. Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

 

 

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here