3 Cara MENGATASI Rasa Malu

0
77

Sahabat entrepreneur salam hebat luar biasa, tulisan kali ini saya akan bahas tentang cara mengatasi rasa malu. Banyak sekali yang bertanya kepada saya “Bagaimana cara mengatasi rasa malu? Malu dalam berbisnis, memperkenalkan diri pokoknya malu banget saya ini orangnya”. Kurang lebih seperti itu, sekarang saya akan bagikan kepada anda 3 tips mengatasi rasa malu supaya anda jadi komunikator yang baik.

Anda Harus Mencari Cermin

Tujuan mencari cermin adalah untuk melihat diri anda karena yang ada pada cerimin adalah diri anda sendiri. Sehingga tips pertama yaitu anda harus membangkitkan percaya diri anda dengan cara berbicara dengan orang dalam cermin. Kok aneh pak? ya memang seperti itu dan anda harus bisa afirmasi 3 kata yang saya selalu ajarkan yaitu saya cinta diri saya, saya sangat bahagia dan saya pasti bisa. Ketika anda bicara terus seperti itu dan melihat anda dalam cermin, anda akan diyakinkan diri anda sendiri. Bicara dengan diri sendiri itu sama aja melatih mata anda bertatap dengan orang yang ada dalam cermin. Kalau anda tidak bisa melakukan hal ini berarti anda tidak bisa mengatasi rasa malu yg ada pada diri anda. Karena jika anda dapat menatap mata anda sendiri dan berbicara dengan lancar niscaya tips pertama bisa anda lewati.

Mencari Benda Mati 

Benda mati seperti buku, botol, bantal atau apapun itu dan ajak bicara. Memang terdengar konyol tapi ini dapat melatu anda untuk mengatasi rasa malu. Ajak bicara seperti anda mengajak bicara manusia sehingga anda akan menjadi lebih faseh dalam berbicara karena seseorang tidak akan faseh berbicara ketika dia tidak pernah melatihnya. Jika anda sering mempraktekannya otomatis akan keluar dengan sendiriny. Tips ini memang terdegar konyol tetapi menurut saya ini sangat efektif untuk mengatasi rasa malu dan anda akan terbiasa karena ini masalah mindset. Mindset yang menjadikan malu yaitu ketika berbicara keluar seseorang dan kita minder tetapi objeknya ini kita ganti orang lain niscaya kita bisa bicara dengan lancar.

Praktek, Praktek dan Praktek

Tips terakhir yang wajib anda lakukan setiap hari pagi, siang, sore dan malem niscaya rasa malu itu akan hilang. Bicara yang kaku, minder dan tidak relevan itu semua akan sinar kalau anda sering praktekan. Tips ini manjur karena saya sudah mempraktekannya bertahun-tahun niscaya ketika anda bertemu dengan siapapun orang itu akan merasa nyaman, nyambung dan akan merasa terbiasa dengan anda. 

Saya sangat bahagia karena ketika saya pergi kemanapun saya bisa ngobrol dengan siapapun termasuk orang asing yang penting saya tau bahasanya. Praktek adalah kata yang paling utama, selamat berparaktek jangan lupa like dan share ke teman anda.

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here