3 Cara Menjadi Pribadi yang Tegas

0
129

 

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Banyak pertanyaan di kolom comment dari para sahabat SB30 yang bertanya : “Pak, saya ini susah menjadi orang yang tegas. Gimana sih caranya menjadi pribadi yang tegas?”

Prosesnya ini memang tidak mudah. Akan tetapi saya akan bongkar semuanya disini. Sebelum saya membahas topik ini lebih lanjut, saya sarankan anda membaca buku saya ‘Success Before 30’ di bab 1 tentang masalah mindset.

Topik mindset ini sendiri memiliki beberap sub bab. Salah satu sub bab saya yang membahas tentang mindset ini tepatnya di halaman 57. Yaitu :

‘Lihat potensi diri dan segera putuskan’. Hal ini sangat berhubungan dengan menjadi pribadi yang tegas. Saya tahu bahwa menjadi tegas itu memang tidak mudah. Jadi, anda bisa baca dulu penjelasan saya di bab ini. Buku ini memiliki hard cover yang tidak mudah robek dan terkoyak, jadi buku ini bisa bertahan lebih dari 10 tahun. Meskipun sering dibuka, covernya tidak akan rusak. Itlah kelebihan dari buku yang memiliki hard cover.

Pada video kali ini saya ingin membahas topik tentang 3 Cara Menjadi Pribadi yang Tegas.

 

1. Anda harus bisa membedakan perbedaan antara agresif, tegas dan pasif

Jadi cara yang pertama adalah anda harus bisa membedakan perbedaan antara agresif, tegas dan pasif. Apa yang dimaksud dengan agresif, tegas dan pasif?

Yang dimaksud dengan tegas adalah bijaksana dan berpendirian. Apabila anda mengambil sebuah keputusan, yang pasti anda itu harus bijaksana dan punya pendirian. Anda tidak boleh goyah.

Kemudian yang kedua adalah agresif.

Agresif itu tidak baik, karena bersifat menyerang. Misalkan anda itu bawaannya suka marah-marah terus tanpa alasan yang jelas, itu artinya anda menyerang. Attacking people.

Apalagi jika anda merasa diserang, sehingga anda merasa pembelaan anda hanyalah dengan cara menyerang balik orang lain. Namun, anda menyerang tanpa dasar atau dalil yang jelas. Itu adalah tipe orang yang agresif.

Dan yang ketiga adalah pasif.

Pasif itu artinya hanya menerima segala sesuatu. Walau dijelekkin seperti apapun tetap diiyakan saja. Intinya, anda hanya ingin menghindari konflik. Namun apabila anda ingin menjadi seorang pemimpin, maka anda seharusnya dare to say no. Anda harus berani menjadi pribadi yang tegas.

Jika anda menjadi pribadi yang tegas, pasti akan ada orang yang tidak suka. Nyatanya, kita memang tidak mungkin disukai oleh semua orang. Dan dampaknya bagi kemajuan tim, perusahaan, atau apapun itu adalah membuat diri kita semakin maju. Jadi menurut saya, anda harus berani menjadi orang yang benar atau tegas.

 

2. Mengetahui cara berkomunikasi dengan tegas

Lalu cara yang kedua adalah mengetahui cara berkomunikasi dengan tegas. Berkomunikasi dengan tegas itu tidak perlu teriak-teriak dengan intonasi tinggi. Menjadi tegas itu intonasinya biasa saja, namun berbobot dan memiliki prinsip atau pendirian.

Yang terpenting, anda harus mendengarkan lawan bicara anda terlebih dahulu. Kita tangkap maksudnya, kita balas perkataannya dengan intonasi yang lembut tetapi to the point. Itulah yang dimaksud dengan tegas.

Kita boleh mendengarkan pendapat orang lain. Namun, kita tetap harus konsisten dengan pendirian kita. Jika anda sudah yakin bahwa pendirian anda itu benar, itu artinya anda adalah pribadi yang tegas.

 

3. Menggunakan bahasa tubuh dengan percaya diri

Kemudian cara yang ketiga adalah menggunakan bahasa tubuh dengan percaya diri. Salah satu bahasa tubuh yang menunjukkan ketegasan adalah badan anda tidak boleh bungkuk. Jadi, badan anda harus tegap.

Kemudian yang kedua adalah sorot mata anda harus tajam. Kemudian, bahasa tubuh anda juga tidak boleh seakan melecehkan. Selain itu, gunakanlah bahasa yang santun dan bahasa tubuh yang tidak terlalu banyak bergerak. Cukup ucapkan 1-2 kalimat, namun dengan gerakan bahasa tubuh yang terlihat tegas.

Saya yakin jika anda menggunakan bahasa tubuh dengan benar, anda akan terlihat sebagai orang yang percaya diri. Selain itu, saya juga pernah mengatakan bahwa anda harus memutuskan potensi anda itu dimana. Karena di buku saya ini, ada 11 tanda yang menunjukkan bahwa anda ditakdirkan menjadi seorang entrepreneur muda, bukan karyawan sampai tua.

Contohnya di poin kedua.

Jika anda memiliki kecenderungan berpikir ‘out of the box’, maka ide kreatif tidak akan sulit untuk muncul anda.

Kemudian ada juga poin ketujuh. Anda sulit menemukan orang di bidang anda untuk menjadi guru atau oang yang lebih mumpuni daripada anda. Poin lebih detailnya ada di buku ini.

Oleh sebab itu, saya putuskan bahwa menjadi pribadi yang tegas itu salah satunya adalah dengan bahasa tubuh. Pembahasan tentang ini saya tulis di bukusaya Success Before 30 sampai di halaman 63.

Sahabat entrepreneur, demikian sharing saya kali ini. Saya percaya jika anda lakukan keenam poin ini secara konsisten, anda akan sukses. Jadi, mengapa orang kaya tidak menginginkan anda juga kaya raya dan ingin anda miskin terus? Karena ada enam hal ini yang dirahasiakan oleh mereka.

Jadi, jangan hanya tahu ‘ilmu untuk mencari gaji’. Anda juga harus memiliki kecerdasan finansial. Niscaya walaupun anda saat ini masih terus bekerja sebagai karyawan, anda tetap bisa menerapkan ilmu ini.

Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca di buku saya ‘Success Before 30’. Semoga video kali bermanfaat. Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here