3 Hal Sepele yang Tidak Kamu Sadari Membuat Orang Marah

0
88

 

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Sadarkah kamu bahwa ada beberapa kebiasaan kecil anda yang sebenarnya bisa membuat orang lain merasa kesal dan marah tanpa anda sadari.

Jadi, apa saja 3 hal sepele tersebut?

Sebelum saya membahas hal ini lebih lanjut, saya ingin berterima kasih kepada anda yang sudah menonton video ini. Channel kami sudah berdiri selama 8 tahun Kami konsisten membuat  video tentang pengembangan diri, tips-tips praktis, tips-tips bisnis, serta berkolaborasi dengan banyak tokoh publik dan influencer yang selalu memberikan edukasi serta konten yang positif kepada masyarakat Indonesia.

Dan tentunya video ini tidak serta merta menjadi video pertama yang kami unggah. Namun, kami sudah memiliki ratusan video lainnya yang membahas tentang how to improve your self personal skill.

Jadi, hal sepele yang pertama adalah dengarkan ketika orang lain sedang berbicara.

Seringkali anda membuat orang kesal karena ketika seseorang sedang fokus pada anda, anda justru melihat yang lain. Apalagi jika anda justru sibuk melihat handphone. Jadi, anda itu seperti mengacuhkan dan tidak memberikan perhatian kepada orang tersebut ketika sedang berbicara.

Saya rasa, hal ini adalah sebuah sikap yang tidak anda sadari, namun sangat menyebalkan bagi orang lain. Tidak usah jauh-jauh. Ketika anda sedang meeting zoom, kemudian orang lain sedang duduk dan fokus melihat layar. Sedangkan, anda justru tidak fokus dan melihat ke arah lain. Kemudian, tangan dan posisi duduk anda juga terlihat tidak sopan.

Padahal, mengikuti meeting zoom itu selayaknya anda sedang duduk dan mengobrol dengan orang tersebut secara formal. Tentunya, perilaku anda yang tidak tepat seperti itu dapat membuat orang lain merasa kesal dan marah, baik itu secara online maupun offline.

Begitu pula jika kita bertemu atau bertatap muka dengan orang lain secara langsung. Kebiasaan-kebiasaan kecil kita ini secara tidak langsung dan tanpa kita sadari dapat membuat orang lain kesal.

Kemudian hal sepele yang kedua adalah tidak terlalu banyak bicara dan ingin tahu.

Jadi, anda itu orang yang ‘kepo’. Beerikanlah jeda waktu untuk oranglain berbicara. Anda tidak perlu mendominasi pembicaraan. Ketika orang lain berbicara, kita harus menghormatinya. Kemudian, kita juga harus mendengarkan cara dia berbicara itu seperti apa dan poinnya itu seperti apa.

Dengan kita mendengarkan, maka secara tidak langsung kita meningkatkan kapasitas dan skill kita di mata orang tersebut.

Jadi apabila anda ingin dihormati orang lain, maka hormatilah orang lain. Dan jika anda ingin didengarkan orang lain, maka dengarkanlah orang lain.

Intinya jika anda ingin diperlakukan baik oleh orang lain, maka anda sendiri harus mulai memperlakukan orang lain dengan baik. niscaya, anda akan menjadi orang yang disegani. Orang lain pasti akan respect kepada anda.

Selain itu, anda juga jangan kepo terus menerus. Karena terkadang orang yang sering ingin tahu itu juga bisa terlihat berlebihan. Jadi apabila pertanyaan anda berlebihan, tidak salah jika orang itu tersinggung. Karena anda sudah memasuki ranah pribadinya. Padahal kenal baik saja belum, tetapi anda sudah mencoba menembus barrier pribadinya. Hal itu sangat tidak baik.

Kemudian hal sepele yang ketiga adalah bercanda tanpa melihat situasi.

Maksudnya bagaimana? Anda boleh saja bercanda. Namun jika suasananya sedang berduka cita, misalkan teman anda baru saja kehilangan kucing. Kemudian anda bercanda, itu bisa membuat dia menjadi sensi. Karena waktunya yang tidak tepat.

Namun apabila anda bercanda di waktu yang tepat, saya rasa candaan anda justru bisa membuat ia merasa happy. Jika anda bisa seperti itu, maka sudah pasti anda akan menjadi orang yang paling dicari. Karena kehadiran anda bisa membuat suasana menjadi lebih baik.

Tetapi yang membuat orang lain bisa merasa jengkel adalah bercanda tetapi gak lucu. Jadi apabila anda tidak tahu apa-apa, lebih baik diam. Karena diam itu justru bisa membaut anda lebih safe.

Jadi, lebih baik dibilang pendiam daripada salah bicara. Apalagi jika anda tidak memiliki teknik ice breaking alias mencairkan suasana. Yakni bagaimana membuat suasana itu menjadi lebih nyaman.  Bagaimana membuat suasana itu menjadi lebih happy.

Jangan sampai begitu kita datang, orang-orang justru pergi meninggalkan kita karena sikap kita yang buruk. Sadarkah anda kalau sudah begini, itu artinya kehadiran anda justru membuat orang lain merasa kesal?

Sahabat entrepreneur, semoga standar people skill ini bisa meningkatkan pengetahuan anda. Demikian sharing saya kali ini. Semoga anda segera berada di level yang ketiga sehingga hidup anda akan lebih maju. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca di buku saya ‘Success Before 30’.

Semoga video kali bermanfaat. Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here