3 LEVEL SKILL KEUANGAN, Kamu Level yang Mana?

0
88

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Pada kesempatan kali ini, saya akan sharing ilmu kepada kalian tentang 3 level skill keuangan. Jadi, tolong anda amati video ini dari awal hingga selesai sehingga anda paham asat ini anda berada di level yang mana.

Jadi, apa saja 3 level skill keuangan tersebut?

Bicara tentang level skill keuangan, saya yakin para penonton SB30 yang baru bergabung sangat tertarik dengan judul ini. Saya percaya bahwa para penonton channel SB30 ini memang merupakan para pemburu ilmu, mau meningkatkan kualitas diri, bukan hanya sekedar mencari hiburan.

Akan tetapi, mereka adalah orang-orang yang mau making proof, alias mau meningkatkan kapasitas dirinya.

Kami konsisten memberikan video edukasi selama 8 tahun belakangan. Dan sudah hampir 1000 video yang kami buat. Dan kami juga konsisten membuat video tentang pengembangan diri, investasi, tips-tips bisnis, finansial, cara pengelolaan keuangan, kolaborasi dengan tokoh-tokoh, kolaborasi dengan expert atau yang ahli di bidangnya dan motivasi sehingga video kami memberikan informasi yang bermanfaat di kehidupan anda.

Jadi level skill keuangan yang pertama adalah mencari uang.

Level ini adalah tahap awal dimana kamu baru bekerja atau berbisnis untuk menghasilkan uang pertama anda. Saya rasa untuk beginner atau pemula, entah anda itu bekerja sebagai karyawan, freelancer, bekerja sebagai tenaga kontrak ataupun honorer, skill pertama yang anda miliki pasti mencari uang.

Apabila anda bekerja sebagai buruh, belum karyawan tetap, sebagai karyawan lepas atau part timer, intinya anda itu baru berada di level pertama. Yakni anda baru belajar mencari uang. It’s okay, karena semua orang pastinya harus melalui level pertama ini dulu.

Kemudian level skill keuangan yang kedua adalah mengelola keuangan.

Ini adalah dasar yang perlu anda lakukan setelah mengumpulkan uang dari hasil kerja anda. Jadi, bisakah anda menahan keinginan dengan cara delaying gratification atau menunda kenikmatan? Tentunya, hal ini sangat berperan. Skill budgeting ini juga sangat diperlukan.

Apabila dulu anda tidak punya uang, itu karena anda memang benar-benar tidak punya uang. Sedangkan di skill kedua ini, anda sudah mulai mengelola uang. Jadi, anda tahu mana saja yang harus diletakkan dari hasil uang yang anda peroleh. Dengan demikian, uang yang anda dapatkan itu akan diletakkan di tempat yang sesuai. Skill pengelolaan uang ini tentunya sangat berperan terhadap uang yang anda hasilkan dari bekerja.

Biasanya di level seperti ini, adalah level ketika anda sedang pintar-pintarnya menerima informasi agar uang anda tidak diletakkan di tempat yang salah. Misalkan anda belum memiliki motor, maka anda bisa mencicil motor terlebih dahulu. Jika anda belum memiliki rumah, maka anda bisa mencicil rumah sederhana terlebih dahulu.  

Yang terpenting, anda sudah tahu bagaimana cara mengelola uang tersebut. Jika anda tidak memahami cara mengelola uang, maka berapapun uang yang anda hasilkan akan hangus begitu saja. Apalagi, jika uang tersebut justru anda gunakan untuk membayar tanggungan kredit. Hal ini menunjukkan betapa lemahnya skill finansial anda.

Kemudian level skill keuangan yang ketiga adalah menggandakan uang.

Jadi, bagaimana cara anda menggandakan uang? Ini merupakan skill yang luar biasa. ini adalah fase dimana anda mulai berinvestasi sesuai profil resiko anda. Anda juga bisa mulai berinvestasi dengan mengembangkan bisnis anda.

Jika anda adalah seorang karyawan, anda pasti tahu bagaimana cara meletakkan dana anda ke tempat yang save, ke tempat yang lebih aman, contohnya menabung logam mulia. Anda bisa simak video saya “3 Cara Menabung”. Salah satunya adalah menabung saham dan menabung properti.

Tujuan keuangan anda di masa depan adalah anda harus terus belajar agar uang yang akan bekerja untuk dirimu. Sehingga, modal anda bisa kembali dan menghasilkan uang secara lebih konsisten. Jika itdak, maka uang yang anda hasilkan tidak akan bisa ‘berkembang biak’. Dan jika anda justru tertarik dengan iming-iming marketing atau broker yang menjanjikan anda keuntungan yang besar dalam waktu yang singkat, bisa-bisa uang yang selama ini anda hasilkan dari bekerja keras justru habis begitu saja karena iming-iming properti dengan harga yang murahnya tidak masuk akal.

Selain itu, anda mungkin tergoda iming-iming Forex atau apapun yang anda tidak tahu fundamental dari perusahaannya. Apalagi jika anda tidak memahami manajemen resikonya, bahaya sekali. Saya tidak akan membahas tentang hal ini karena saya sudah pernah membahasnya di video saya yang lain.

Lalu, bagaimana cara yang benar untuk melipatgandakan uang anda? Tentunya skill terkait hal ini sangatlah penting. How did u making double or triple your income? Jika anda tahu cara melipatgandakan uang atau aset anda, maka niscaya uang yang anda hasilkan selama ini tidak akan hangus begitu saja.

Sahabat entrepreneur, demikian sharing saya kali ini. Semoga anda sudah memahami saat ini anda berada di level yang mana. Saya doakan semoga anda segera berada di level yang ketiga sehingga hidup anda akan lebih maju. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca di buku saya ‘Success Before 30’.

Semoga video kali bermanfaat. Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

 

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here