3 Masalah Keuangan Manusia di Umur 20 Sampai 25 Tahun

0
277

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Selamat datang di channel Success Before 30. Kali ini saya akan membahas tentang masalah keuangan lagi. Dan di sini saya akan membahas tentang “3 Masalah Keuangan Manusia di Umur 20 Sampai 25 Tahun”.

Jadi, apa saja sih 3 masalah keuangan manusia di umur 20 sampai 25 tahun?

1. Gaya hidup elit, keuangan sulit

Masalah yang pertama adalah gaya hidup elit, keuangan sulit. Kacau kan? Di zaman sekarang ini, kalau tidak kelihatan keren pasti dinyinyirin, pasti dighibahin.

Akhirnya, banyak anak-anak muda yang berpikir : Lebih baik duit saya habis, yang penting punya teman banyak!

Padahal ia tidak menyadari bahwa suatu hari nanti teman-teman tersebut akan pergi dengan sendirinya karena DUIT LU SUDAH HABIS!

Jadi solusinya, sesekali nongkrong tidak masalah. Akan tetapi, bergayalah sesuai dompet anda. Jika penghasilan anda 3 juta, ya jangan nongkrong di cafe yang sekali makan bisa menghabiskan 100-200 ribu.

Anda masih bisa pergi ke cafe yang lebih murah sesekali. Seminggu sekali juga tak masalah, yang penting jangan setiap hari. Catat masalah yang satu ini : Gaya hidup elit, keuangan sulit.

 

2. Impulsif dan konsumtif

Kemudian masalah yang kedua adalah impulsif dan konsumtif. Di zaman sekarang ini, banyak orang yang tergiur dengan discount. Dan tanpa disadari, orang-orang tersebut menjadi impulsif dan konsumtif sehingga sering berbelanja barang yang tidak perlu, terutama para cewek.

Cewek itu setiap hari lihat marketplace, mencari harga diskon yang murah. Apalagi jika setiap hari anda ditarget engagementnya, dikasih promosi barang-barang yang anda cari. Akhirnya, anda bukan membeli barang yang anda butuhkan, melainkan membeli barang yang diskonnya tinggi.

Padahal sebenarnya, diskon tinggi itu terkadang hanya trik marketing supaya barangnya terlihat menarik dan murah. Oleh sebab itu, berhati-hatilah karena itu merupakan salah satu jebakan keuangan orang-orang di usia 20-25 tahun.

 

3. Tidak pernah menabung

Kemudian masalah yang ketiga adalah tidak pernah menabung. Itulah sebabnya banyak orang di usia 20-25 tahun ketika punya uang yang dihasilkan dari pekerjaan anda, seharusnya anda bersyukur karena anda sudah bisa pegang uang sendiri.

Namun masalahnya selain tidak menabung, anda juga tidak pernah mengembangkan dana dan aset. Akhirnya, ‘penghasilan kecil’ menjadi tameng alasan anak muda zaman sekarang untuk tidak menabung.

“Pak, penghasilan saya kan kurang”.

Anda diberi gaji 4 juta pun kurang, 5 juta juga akan tetap kurang, bahkan 10 juta pun juga akan tetap kurang. Mengapa? Karena sejak awal anda sudah punya alasan utuk tidak menabung.

Lalu, mengapa anda tidak mau menabung? Anda bisa cek video-video saya sebelumnya seperti : Cara Mengelola Uang, 3 Cara Menabung dan masih banyak lagi video saya yang membahas masalah ini. Dan itu semua sebenarnya hanya masalah mindset.

Penyebab utamanya adalah karena mindset anda itu menyisakan, bukan menyisihkan.

Seharusnya begitu ada gaji masuk langsung anda sisihkan, misalkan untuk ditabung berupa saham, properti, emas ataupun yang lainnya. Akan tetapi, anda justru tidak melakukannya. Anda justru belanja ini itu, nongkrong sana nongkrong sini, nonton di bioskop blablabla. Akhirnya, berapapun gaji anda, uang anda bakal cepat habis.

Padahal misalkan gaji anda 3 juta, anda masih bisa menyisihkan 30%, sekitar 1 juta per bulan untuk ditabung. Niscaya nanti ketika anda berusia 30-35 tahun, hidup anda akan jauh lebih nyaman karena anda sudah punya dana darurat. Anda memiliki saving yang luar biasa.

Dan solusinya adalah : Coba untuk mengurangi biaya pengeluaran yang tidak penting, dan cobalah untuk menabung sedikit demi sedikit. Anda bisa tonton video saya 3 Cara Menabung yang sudah ditonton oleh puluhan ribu views dan terus naik sampai sekarang.

Karena apa? Saat ini banyak orang yang baru sadar ketika dirinya tak bisa menabung dan tak bisa mengembangkan dananya.

Sahabat entrepreneur, demikian pembahasan saya kali ini, dan nantikan konten saya berikutnya. Pesan saya, jangan remehkan penghasilan anda. Bersyukurlah karena saat ini anda punya pekerjaan atau bisnis yang sustain.

Akan tetapi, berhati-hatilah jika suatu hari mendadak anda memiliki masalah keuangan. Setidaknya anda harus memiliki dana darurat untuk melanjutkan hidup kita ke depannya.

Semoga topik kali ini bisa menginspirasi anda, bermanfaat untuk anda dan bisa meng’skill up bisnis anda sehingga bisnis anda bisa semakin maju dan berkembang.

Silahkan anda share pada teman-teman anda. Tentunya, ada banyak orang yang dapat terbantu melalui edukasi sedehana seperti ini. Mungkin mereka tidak mendapatkan pelajaran ini dari orang tuanya, namun mereka justru mendapatkannya dari channel ini. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca di buku saya ‘Success Before 30’.

Semoga video kali bermanfaat. Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here