Home Bisnis 3 TIPS Agar Anda Tetap Bisa BERTAHAN HIDUP Meskipun TIDAK BEKERJA Selama...

3 TIPS Agar Anda Tetap Bisa BERTAHAN HIDUP Meskipun TIDAK BEKERJA Selama 6 Bulan

0
2

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Selamat datang di channel Success Before 30, channel yang konsisten memberikan edukasi serta motivasi untuk dunia bisnis dan kehidupan. 

Kali ini saya akan memberikan tips finansial lagi. Jadi, topik yang akan saya bahas kali ini adalah tentang : “3 TIPS Agar Anda Tetap Bisa BERTAHAN HIDUP Meskipun TIDAK BEKERJA Selama 6 Bulan”.  

Baru-baru ini saya memposting sebuah video di Instagram saya berjudul “Jeritan Hati Seorang Supir Ojol” dengan durasi 3 menit 17 detik. Dalam satu hari, video tersebut sudah ditonton oleh 40 ribu views. Untuk lebih jelasnya, anda bisa lihat videonya di akun Instagram saya @chandraputranegara atau langsung klik video saya di atas.

Setelah menonton videonya, apa yang bisa anda tangkap dari kata-kata bapak tersebut? Beliau mengungkapkan tentang sebuah kisah hidupnya. Yaitu tentang bagaimana beliau menanggapi kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah DKI Jakarta untuk memberhentikan semua kantor dan perusahaan agar pandemi Covid-19 ini bisa segera berlalu.

Akan tetapi ketika wabah ini datang ke sebuah negara, tentu saja kebijakan seperti ini tidak menguntungkan semua pihak. Namun yang ingin saya tanggapi disini adalah dengan membagikan “3 TIPS Agar Anda Tetap Bisa BERTAHAN HIDUP Meskipun TIDAK BEKERJA Selama 6 Bulan”.  

Hari ini saya akan menceritakan sedikit tentang sebuah pernyataan seseorang di kolom comment IG saya dari saudara Bagus Andri berikut ini.

Sahabat SB30 yang saya cintai, di caption yang saya tulis di postingan saya, saya mengajak follower saya untuk berbagi dengan memberikan makanan gratis kepada driver ojol. Yaitu dengan cara memesan Gofood/Grab food, kemudian makanannya langsung disumbangkan kepada driver ojol tersebut agar bisa dimakan bersama keluarganya di rumah. Saya mengajarkan cara berbagi seperti itu dan banyak yang merespon positif.

Tetapi ada juga beberapa subscriber SB30 yang justru menentang kata-kata dari bapak ojol pada video di atas. Bisa jadi para driver ojol ini tidak mendengarkan channel SB30, khususnya masalah tips finansial. Sedangkan saudara Bagus Andri ini juga merupakan seorang driver ojol. Itu artinya, beliau ini pasti mendengarkan tips dari saya.

Jadi, apa sajakah 3 tips tersebut?

Tips yang pertama adalah pay me first.

Bayar saya dahulu. Anda harus MENYISIHKAN sebelum MENYISAKAN. Kebanyakan orang itu hanya mampu menyisakan uang. Bapak driver ojol ini mengatakan bahwa dalam satu hari dia hanya mendapatkan 60 ribu. Silahkan anda nilai sendiri itu cukup atau tidak, karena semua itu tergantung pada gaya hidup masing-masing.

Namun dari kata-kata beliau itu mencerminkan bahwa pendapatan tersebut tidak cukup. Artinya apa? Pasti beliau memiliki banyak tanggungan. Sedangkan orang yang bisa menyisihkan itu pasti habit’nya luar biasa. Padahal, si driver ojol ini sudah 4 tahun narik ojek. Lalu, selama 4 tahun ini uangnya dikemanakan?

Meskipun dia pekerja harian, tetapi jika dia sudah 4 tahun narik ojek online, harusnya beliau ini memiliki tabungan. Orang baru bekerja 11 bulan saja pasti punya tabungan. Anda jangan berkata :

“Anak saya ada tiga, pak!”

“Mungkin dia juga menanggung kehidupan saudara-saudaranya yang lain”

Anda tidak bisa berkata seperti itu. Semua orang punya masalah masing-masing. Tetapi, ini adalah masalah disiplin. Apakah anda benar-benar mampu disiplin? Ada berapa banyak tips yang sudah saya bagikan di channel SB30? Tidak peduli seberapa susahnya keluarga kalian, kalian harus tetap memiliki dana darurat.

Misalkan saudara anda tidak bekerja. Orang tua anda tidak bekerja. Mertua anda tidak bekerja. Anak anda tidak bekerja. Pasangan anda tidak bekerja. Itu artinya anda harus menghidupi sekitar 5-7 orang anggota keluarga. Jadi, tidak mungkin punya dana darurat. SALAH. Kalau saya, saya selalu ada dana darurat dengan sebuah tips yang suda sering saya ajarkan.

Jika gaji anda 3 juta, maka jangan anggap gaji anda itu 3 juta. Mungkin anda bisa berkata pada keluarga anda kalau gaji anda itu hanya 2,2 juta. Uang yang 800 ribu sisanya itu harus anda sisihkan sebagai dana darurat. Sehingga keluarga anda yang tidak bekerja juga tahu bahwa sang pekerja harian ini ‘tidak punya banyak uang’. Dan mereka harus mengerti bagaimana caranya untuk hidup secukupnya dengan uang 2,2 juta.

Saya ingin menghimbau kepada anda semua, driver ojol yang menghidupi 5-7 orang di rumah anda. Di Singapore atau China, banyak kaum manula usia 70’an yang masih bekerja. Beberapa dari mereka ada yang bekerja sebagai tukang sapu harian. Mereka masih produktif. Ada yang bekerja di bandara, bekerja sebagai tukang membersihkan WC, atau bahkan bekerja sebagai low skill labour.

Akan tetapi, mereka masih semangat bekerja.

Sedangkan anda hanya mengharapkan dari seorang menantu atau anak yang harus menghidupi anda dengan gaji hariannya yang pas-pasan. Lalu, anda ngapain saja?

Jika anda hari ini merasa tidak bisa hidup di kota, lebih baik anda pulang ke desa. Anda masih bisa menjadi petani atau nelayan. Jangan membebani saudara anda yang hidup di kota. Jadi, kata-kata yang saya kutip disini memang sangat cocok. Pay me first. Jika tidak begitu, cepat atau lambat menantu anda yang akan jatuh. Anak anda yang akan kewalahan, karena anda sendiri tidak mau bekerja. Dan yang lebih lucu lagi, anda itu tidak cacat. Bahkan anda masih dalam usia produktif.

Di Singapore, saya melihat ada banyak sekali opa dan oma yang berusia sekitar 75 tahun yang masih produktif. They still working. Sedangkan anda yang masih berusia 59 tahun sudah berkata ‘ini waktunya saya pensiun’. Hei, kalau dikatakan pensiun sebagai pegawai negeri mungkin memang benar. Tetapi, bukan berarti anda harus menggantungkan hidup anda pada menantu anda atau anak anda. Itu artinya anda menjadi beban keluarga anda.

Seringkali ada banyak orang tua yang tidak tahu malu dengan masalah ini. Kali ini dengan keras saya mengatakan bahwa dengan menerapkan tips pertama saya itu tadi, bukan berarti anak anda itu tidak berbakti kepada anda. Tetapi, kenyataannya andalah yang menjadi beban bagi keluarga anda.

Jika saya yang menjadi orang tua, saya tidak akan membebani anak saya. Saya malu kalau harus menjadi beban bagi anak saya. Terus terang, ada banyak orang tua yang tidak tahu malu ketika menjadi beban bagi anaknya. Saya tidak mau menjadi beban bagi anak saya karena saya tahu anak saya nantinya juga memiliki kehidupannya masing-masing. Kita sebagai orang tua juga harus mampu berjuang untuk kehidupan kita sendiri.

Itulah sebabnya di video kali ini saya menegur anda habis-habisan, orang tua yang menggantungkan hidupnya pada anak atau menantu.

Lalu tips yang kedua adalah menabung.

Ada berapa banyak konten saya yang mengajarkan tentang menabung? Menabung itu mengajak anda untuk benar-benar hidup secara disiplin. Saya paling geli ketika mendengar seorang supir ojol mengatakan, “Pak, saya hari ini tidak punya uang”. Akan tetapi, di sakunya ada rokok. Yang seperti ini sering saya kritik, karena dia masih bisa ngopi dan merokok.

“Loh pak, hiburan di dalam hidup saya ini hanya tinggal kopi dan rokok saja..!”

Wahai para supir yang saya cintai, saya juga memiliki seorang supir. Saya sangat paham kalau dopping anda itu adalah kopi. tetapi jika anda tidak merokok sehari, kira-kira apakah anda akan mati? Saya rasa itu hanya alasan.

Saya juga percaya bahwa masih ada banyak supir yang tidak merokok. Merokok itu sebenarnya masalah lingkungan. Merokok itu masalah kemauan. Ingat, satu batang rokok itu harganya berapa? Jika dalam sehari anda bisa menghabiskan 1 pak rokok, coba anda hitung sendiri. Anda membakar uang anda. Jika anda tabung uang tersebut, maka dalam satu bulan anda bisa mendapatkan satu gelang emas. Itulah yang saya maksud dengan dana darurat.

Saya berikan anda linknya disini, anda bisa menabung emas lewat Tamasia. Karena 10 batang rokok itu sama dengan tabungan emas. Jangan lupa gunakan kode referral CPNSB30.

Jika anda mengatakan bahwa “saya tidak bisa menabung”, itu bullshit. Itu artiny anda tidak bisa disiplin dalam mengatur keuangan. bahkan ketika anda merasa stress, anda justru merokok lebih banyak. Akhirnya, uang anda semakin habis karena beli rokok terus. Jadi jatah uang makan anda untuk besok itu sudah anda habiskan hari ini. Jika sikap anda seperti ini terus, maka sampai kapanpun anda tidak akan pernah bisa menabung.

Lalu tips yang ketiga adalah lagi-lagi menabung.

Sekali lagi, saya tidak memiliki ilmu yang sakti untuk dibagikan disini. Ilmu yang saya miliki hanyalah DISIPLIN. Disiplinlah dalam menabung, kunci penghasilan anda. Tunda kenikmatan anda. Jika dulunya dalam sehari anda menghabiskan 20 batang rokok, sekarang coba dikurangi menjadi 5 batang rokok saja dalam sehari. 15 batang rokok itu anda alihkan ke tabungan anda.

Jika satu batang rokok itu 2 ribu Rupiah, maka apabila anda menghemat 15 batang rokok, itu artinya anda sudah menyisihkan 30 ribu per hari. Jika anda mampu menyisihkan 30 ribu per hari, maka dalam satu bulan anda sudah menyisihkan sebesar 900 ribu Rupiah. Apakah anda masih merasa bahwa merokok itu bukan bakar uang? Uang sebesar 900 ribu Rupiah itu cukup untuk beli lauk untuk anda sekeluarga di rumah. Jadi, nonsense jika anda mengatakan bahwa anda tidak bisa menyisihkan uang. Padahal, anda mampu menyisihkan uang sebesar 900 ribu Rupiah dengan menghemat 15 batang rokok per hari.

Ini hanya masalah pilihan. Itulah sebabnya saya katakan anda pasti bisa hidup meskipun tidak bekerja selama 6 bulan. Jadi, kuncinya adalah anda harus benar-benar disiplin. Dan anda harus punya tabungan terpisah. Jadi ketika anda terkena musibah, anda masih punya dana cadangan dan masih bisa tetap hidup. Anda masih bisa survive. Seperti itulah cara berpikir orang sukses. Saya tahu pasti akan ada banyak pro dan kontra.

Demikian sahabat entrepreneur sharing saya kali ini. Semoga setelah menonton video saya, kondisi finansial anda bisa lebih baik dan lebih sehat. Saya harap edukasi ini bermanfaat untuk anda.

Semoga apa yang saya jelaskan dapat anda pahami, dan sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

3 TIPS Agar Anda Tetap Bisa BERTAHAN HIDUP Meskipun TIDAK BEKERJA Selama 6 Bulan

3 TIPS Agar Anda Tetap Bisa BERTAHAN HIDUP Meskipun TIDAK BEKERJA Selama 6 Bulan

Ketika wabah COVID-19 datang ke sebuah negara, tentu saja kebijakan seperti ini tidak menguntungkan semua pihak. Namun yang ingin saya tanggapi disini adalah dengan membagikan “3 TIPS Agar Anda Tetap Bisa BERTAHAN HIDUP Meskipun TIDAK BEKERJA Selama 6 Bulan”.  

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here