3 Tips Agar Orang Nyaman dan Nyambung dengan Anda Kurang dari 1 MENIT !!!

0
18

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Selamat datang di channel Success Before 30, channel yang konsisten memberikan edukasi serta motivasi untuk dunia bisnis dan kehidupan. 

Apakah anda sering memiliki problem terkait dengan komunikasi? Banyak orang yang bertanya kepada saya :

“Pak Chandra, tolong berikan tips cara berkomunikasi yang baik agar ketika saya ini bertemu dengan orang yang tidak dikenal, tetapi saya tetap bisa ngobrol dengan nyaman. Supaya ketika bertemu sama teman lama ngobrolnya juga nyambung..”.

Jadi, saya akan menjawabnya pada kesempatan kali ini. Topik yang akan saya bahas kali ini adalah tentang : “3 Tips Agar Orang Nyaman dan Nyambung dengan Anda Kurang dari 1 MENIT !!!”.

Jadi, tips yang pertama adalah pastikan anda memiliki integritas tinggi.

Mengapa? Ketika anda membuat appointment atau janji dengan orang lain, maka pastikan jangan sampai anda itu datangnya telat. Anda harus datang lebih awal dan pastikan jangan sampai orang tersebut yang datang lebih dulu dan menunggu anda datang.

Kalau bisa, anda harus datang lebih awal agar tamu anda merasa sungkan pada anda. Apalagi jika anda sebelumnya tidak pernah bertemu dengan orang tersebut. Pastikan anda mampu membuat orang tersebut merasa bahwa anda adalah orang yang berwibawa.

Jika anda datang telat, terlebih lagi dengan alasan macet, maka first impression orang tersebut pada anda menjadi tidak baik. jika anda bisa datang tepat waktu, tamu anda pasti akan berpikir, “Wah, orang ini punya integritas ya!”.

Jadi, buatlah orang lain merasa sungkan karena ia datang terlambat. Orang itu pasti akan merasa nyaman dan nyambung karena anda memiliki integritas yang hebat. Dan ia akan memiliki kesan pertama yang baik terhadap anda.

Tepati janji yang telah anda ucapkan.

Misalkan anda berkata, “Saya akan transfer nanti tanggal 1”. Maka pastikan tanggal 1 anda benar-benar sudah transfer ke dia. Jangan sampai anda baru transfer tanggal 2 atau tanggal 3. Hal itu menunjukkan bahwa anda tidak punya integritas yang baik.

Jadi, anda harus menepati janji anda. Jangan sampai terlambat. Kata-kata yang anda pegang adalah integritas anda. Jika anda tidak punya integritas, saya pastikan orang lain tidak akan pernah merasa nyaman dan nyambung ketika berbicara dengan anda.

Karena apa? Karena anda tidak bisa menjaga kepercayaan orang terhadap anda. Intinya, kepercayaan itu sangat penting. Jika anda bilang on time, lalu anda datang on time, maka itu merupakan hal yang luar biasa di mata orang lain.

Lalu, tips yang kedua adalah berpakaianlah yang sama dengan mereka.

Anda jangan menjadi orang yang norak. Ketika orang lain berpakaian rapi dan hanya memakai kaos plus celana jeans ala kadarnya, maka anda harus berpakaian yang sama dengan mereka.

Misalkan anda janjian dengan teman, “Nanti kita ketemuan yaa.. Ntar pakai baju apa? Casual aja ya!”. Ya sudah, kenakan baju yang casual. Anda jangan norak. Pakai jas, lalu pakai dasi pita atau dasi kupu-kupu. Padahal, kalian cuma nongkrong di Pujasera. Norak banget ‘kan?

Kenakan saja baju yang casual, yang penting rapi. Apalagi jika anda ketemuan dengan orang yang baru kenal. Sebelum bertemu, dia pasti melihat profil anda di social media. ketika melihat anda di social media tampak rapi. Lalu pada saat bertemu, ternyata anda menggunakan baju yang santai banget. Orang tersebut pasti akan langsung merasa nyaman dengan anda.

Lalu, mengapa anda harus berpakaian yang sama dengan klien anda? Karena di dalam bahasa NLP, ada pembahasan yang namanya mirroring. Mirroring itu artinya apabila lawan bicara anda seperti ini, maka pastikan diri anda juga bicara seperti dia. Ketika lawan bicara anda melakukan gesture tertentu saat bicara, secara tidak sadar anda juga mengikuti gesture yang dilakukan oleh lawan bicara anda.

Jadi, anda harus mempelajari dulu apa kesukaan dia. Misalkan di social media’nya terlihat bahwa dia suka minum kopi, maka ketika akan bertemu, bawakan saja dia satu cup kopi. atau mungkin anda bisa memberikan dia bingkisan biji kopi dari daerah anda. Tentunya dia akan langsung memiliki kesan yang baik terhadap anda.

Inilah yang dimaksud dengan mirroring. Cara membangun ini disebut dengan pashing and leading dalam bahasa NLP. Yaitu bagaimana membuat orang lain menyamaratakan persepsinya, sehingga orang itu merasa bahwa anda itu bukan ‘orang lain’. Membuat ia merasa bahwa anda itu seperti temannya sendiri, atau bahkan mirip seperti dirinya sendiri.

Lalu, tips yang ketiga adalah bicaralah langsung to the point.

Untuk ice breaking, anda cukup lakukan selama 30 detik sampai 1 menit saja.

“Wah, tadi di jalan macet ya? Tadi kesini naik apa? Berapa lama?”

Setelah ice breaking oke, anda langsung to the point saja.

“Jadi maksud saya mengajak anda bertemu hari ini adalah blablabla..”

Jadi apabila tujuan anda bertemu itu hanya 20 menit, maka lakukan sesuai durasi tersebut. Nantinya, orang tersebut yang dengan sendirinya akan ketagihan untuk  bertemu anda karena penasaran.

Demikian sahabat entrepreneur sharing saya kali ini. Silahkan anda terapkan ketiga tips ini agar orang lain bisa merasa nyaman dengan anda. Saya harap edukasi ini bermanfaat untuk anda. Semoga apa yang saya jelaskan dapat anda pahami, dan sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here