4 Cara Menabung Di Era 4.0, Bitcoin Salah Satu Digital Aset Terbaik

0
1

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Anda pasti sudah pernah menonton video saya tentang “3 Cara Menabung” yang mana sudah ditonton oleh lebih dari 4 juta views. Video tersebut dapat membuka wawasan para generasi millenial, sehingga mereka bisa menyisihkan uangnya untuk ditabung. Saya bersyukur sekali karena banyak orang yang terbantu karena edukasi finansial sederhana tentang menabung yang saya berikan. Karena itulah kehidupan mereka bisa menjadi jauh lebih baik, sehingga pekerjaan yang anda lakukan seumur hidup tidak terbuang percuma.

Jadi, kali ini saya akan mengedukasi anda tentang “4 Cara Menabung Di Era 4.0, Bitcoin Salah Satu Digital Aset Terbaik”. Apa saja caranya?  

Sahabat entrepreneur,

Jadi, cara yang pertama adalah menabung saham.

Nanti saya akan membuat kontennya yang langsung bekerjasama dengan IDX atau Indonesian Exchange. Yaitu tentang bagaimana cara agar anda bisa menabung saham dengan edukasi yang baik.

Kemudian cara yang kedua adalah dengan menabung emas.

Disini saya merekomendasikan anda untuk menggunakan aplikasi Tamasia.

Kemudian cara yang ketiga adalah dengan menabung properti.

Nanti saya akan  merekomendasikan properti apa yang baik untuk anda menabung aset.

Kemudian cara yang keempat adalah dengan menabung digital asset.

Bicara soal menabung digital asset, anda harus melakukannya sejak dini. Namun memang penggunanya masih sangat sedikit. Di Indonesia saja penggunanya baru sekitar 3 juta orang, beda dengan saham yang jumlahnya sudah jauh lebih banyak. Apalagi kalau produk perbankan atau emas.

Saya kira sudah banyak penduduk Indonesia yang memiliki emas walaupun gramnya kecil. Sedangkan digital asset ini adalah suatu instrumen investasi yang masih sangat baru. Dan otomatis, penggunanya juga masih sedikit. Tentunya nilai atau currency’nya juga masih tidak stabil atau fluktuatif.

Saya pakai perumpamaan sebuah rumah kost. Apabila di dalam sebuah rumah kost terdapat 3 kamar dan penghuninya berkurang dua, maka omzetnya akan langsung turun 66,6%. Namun akan beda hasilnya jika anda memiliki 100 kamar untuk disewakan. Jika anda memiliki 100 kamar dan penghuninya berkurang 30 orang, maka anda masih memiliki omzet dari 70 orang lainnya. Jadi, omzet anda hanya turun sebanyak 30%. Artinya apa? Nilai fluktiatifnya tidak turun drastis.

Jadi, mengapa beberapa tahun belakangan ini Bitcoin dan Ethereum sedang hype?

Namun pada akhirnya banyak orang yang kecewa dan stress gara-gara ikutan bisnis ini. Itu karena nilai atau currency’nya masih tidak stabil atau fluktuatif. Sedangkan apabila anda investasi emas, tentunya nilainya akan lebih stabil. Itu karena penggunanya sudah ratusan juta di Indonesia, bahkan miliaran orang di dunia juga berinvestasi emas.

Apabila ada orang yang menjual emas, pasti harganya relatif stabil. Namun tidak semua saham nilainya fluktuatif. Pada saham tertentu ada yang nilainya sangat tinggi, namun ada juga yang nilainya sangat rendah. Jadi digital asset ini hampir sama seperti Bitcoin karena penggunanya masih sangat sedikit. Namun, bukan berarti Bitcoin itu bermasalah.

Yang biasanya suka marah-marah itu adalah investor baru yang baru saja mencoba menabung Bitcoin, namun dia berharap naik untung dengan cepat. Dan ternyata, ada 2 pengguna yang checkout. Ketika ada pengguna yang checkout, maka saat itu harga Bitcoinnya akan hancur. Apabila sebelumnya harganya hampir mencapai 20.000 USD, mungkin sekarang jatuh menjadi 5000 USD. Besoknya bisa naik lagi menjadi 10.000 USD. Intinya, harganya tidak terlalu stabil.

Ketika investor baru tersebut membeli Bitcoin seharga 20.000 USD, kemudian esoknya harganya jatuh menjadi 10.000 USD, biasanya dia akan marah-marah. Ia akan mengatakan Bitcoin adalah penipuan lah, omong kosong lah.. Padahal mereka belum tahu cara kerja dari mata uang digital tersebut.

Sebenarnya saya sudah pernah membahas tentang hal ini 4 tahun yang lalu ketika channel ini berdiri. Sudah ada banyak tawaran yang masuk, te tapi saya tidak menerimanya karena saya ingin benar-benar mempelajari tentang digital asset ini terlebih dahulu.

Setelah saya pelajari, ternyata banyak investor yang masuk ketika proposal yang ditawarkan atau kamar tersebut penuh. Namun ketika dananya sudah masuk, dua penghuni lainnya justru check out. Akhirnya, anda merasa kecewa dan menganggap bahwa Bitocin itu penipuan, padahal sebenarnya tidak. Namun apabila anda bertahan dan terus menyimpan uang digital tersebut, lama-kelamaan 2 kamar yang kosong itu akan terisi lagi dan nilainya akan naik lagi. Kurang lebih perumpamaannya seperti itu.

Jadi apabila anda paham tentang mata uang digital, maka seharusnya anda terus menyimpannya sebagai aset anda di masa yang akan datang. Jika anda ingin mengetahui lebih tentang edukasi sepeerti ini, anda bisa download aplikasi ‘LUNO’. Disini anda dapat banyak belajar tentang apa itu digital asset. Salah satunya, disini LUNO mengajarkan tentang “Menggunakan dollar cost averaging strategy”.

Jadi, apa yang dimaksud dengan dollar cost averaging strategy? Ini merupakan salah satu strategi yang disingkat juga dengan DCA. Jadi, LUNO akan memberikan anda edukasi bagaimana agar nilai investasi anda itu tetap baik. anda harus bertahan dalam jangka panjang. Jangan tergesa-gesa untuk trading. Sekarang anda beli, kemdian langsung anda jual. Besoknya anda beli lagi untuk mendapatkan untung. Tidak perlu seperti itu.

Namun dengan uang 15 ribu saja, anda sudah bisa mendownload aplikasi LUNO, dan anda sudah bisa menabung digital asset.

Trust me sahabat entrepreneur, ini adalah aset yang baik untuk masa yang akan datang. Sekali lagi saya katakan, investasi itu cocok untuk uang yang sedang ‘nganggur’ dan ;tidak terpakai’.

“Saya mau investasi uang ini agar saya bisa cepat kaya raya, cepat beli rumah dan cepat melunasi hutang!”

Ini bahaya. Anda justru menambah hutang jika anda berinvestasi Bitcoin tanpa perhitungan yang matang. Banyak orang yang berkecimpung di bisnis ini tanpa tahu caranya karena orang-orang tidak bertanggung jawab mengedukasi anda untuk ‘cepat kaya’ melalui jalur ini.

Jadi, LUNO ini adalah suatu aplikasi yang edukatif yang bisa mengajarkan anda untuk membuka rekening digital asset, bisa menabung Bitcoin dan sebagainya.

Ingat, bicara investasi itu bukan berarti anda bisa langsung sukses dalam waktu singkat. Itu bullshit. Karena sukses dalam investasi yang sebenarnya itu harus melalui beberapa tahun, layaknya orang yang menabung emas.

Demikian sahabat entrepreneur, semoga tips yang saya berikan disini dapat anda terapkan dengan baik.  Semoga topik kali ini bermanfaat, dan sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

 

4 Cara Menabung Di Era 4.0, Bitcoin Salah Satu Digital Aset Terbaik

4 Cara Menabung Di Era 4.0, Bitcoin Salah Satu Digital Aset Terbaik

Anda pasti sudah pernah menonton video saya tentang “3 Cara Menabung” yang mana sudah ditonton oleh lebih dari 4 juta views. Video tersebut dapat membuka wawasan para generasi millenial, sehingga mereka bisa menyisihkan uangnya untuk ditabung. Saya bersyukur sekali karena banyak orang yang terbantu karena edukasi finansial sederhana tentang menabung yang saya berikan. Karena itulah kehidupan mereka bisa menjadi jauh lebih baik, sehingga pekerjaan yang anda lakukan seumur hidup tidak terbuang percuma.

Jadi, kali ini saya akan mengedukasi anda tentang “4 Cara Menabung Di Era 4.0, Bitcoin Salah Satu Digital Aset Terbaik”. Apa saja caranya?  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here